Sukses

10 Manfaat Teh Daun Jati Cina bagi Kesehatan, Perhatikan Cara Konsumsinya

Teh daun jati Cina memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat teh daun jati Cina yang terbuat dari daun sannah, senna, atau, sena, semakin banyak dikenal di kalangan masyarakat secara luas, alasannya karena memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Salah manfaat teh daun jati Cina yang terkenal sebagai teh untuk menurunkan berat badan. Manfaat teh daun jati cina untuk menurunkan berat badan mungkin salah satu manfaat yang sudah pasti sering Anda dengar.

Teh daun jati Cina atau daun senna mengandung senyawa pencahar yaitu glikosida antrakinon yang dapat melancarkan buang air besar dan mengatasi sembelit akibat kurang dalam mengonsumsi makanan  berserat. Tidak hanya itu, manfaat teh daun jati Cina juga dipercaya dapat meningkatkan daya tahan tubuh, merawat kulit, mengobati wasir, menghilangkan bau mulut, serta dapat mengobati infeksi kulit.

Namun selain manfaat teh daun jati Cina yang bisa didapatkan, dalam mengonsumsi teh daun jati Cina perlu diperhatikan juga beberapa hal lainnya. Teh daun jati Cina tidak dianjurkan jika dikonsumsi oleh ibu hamil serta menyusui, atau wanita yang sedang menstruasi.

Nah, berikut ini Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber, beberapa manfaat teh daun jati Cina yang bisa didapatkan jika dikonsumsi dengan teratur dan sesuai anjuran, Jumat (3/4/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Manfaat teh daun jati Cina untuk pencernaan

1. Teh Jati Cina untuk Diet

Saat Anda mengalami kelebihan berat badan serta obesitas yang merupakan sumber dari berbagai masalah kesehatan, termasuk tekanan darah tinggi dan penyakit jantung.

Teh sena dapat membantu mengatasi konstipasi yang biasanya terjadi saat melakukan diet rendah serat, misalnya diet keto, yang merupakan metode dalam menurunkan berat badan.

Manfaat teh daun jati Cina yang rendah kalori dapat menambah asupan cairan, yang akhirnya membantu kamu mengurangi makan.

Teh daun jati Cina membantu mengeliminasi toksin dan sisa makanan di usus besar. Hal ini dapat meningkatkan penyerapan nutrisi dan menjaga metabolisme yang optimal, dan pada akhirnya dapat menurunkan berat badan.

2. Untuk Membersihkan Usus Besar

Kebersihan usus besar sangat diperlukan bagi kebaikan kesehatan kita, karena sisa makanan yang menumpuk dapat menyebabkan sembeli. Yang berbahaya yaitu toksin dapat terkumpul, dan pada akhirnya meningkatkan risiko kanker usus.

Manfaat teh daun jati Cina telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional Cina untuk membantu mendorong sisa makanan yang terakumulasi di dalam saluran pencernaan.

3. Mengobati Gangguan Pencernaan

Manfaat teh daun jati cina Jati china dapat mengatasi gangguan pencernaan dengan memperlancar pengeluaran kotoran dan membersihkan saluran pencernaan. Manfaat teh daun jati Cina juga dapat membantu mengatasi mual akibat kembung.

4. Mengobati Wasir

Teh daun jati Cina terbukti mampu untuk mengobati wasir dan luka pada bagian anus, karena teh daun jati Cina dapat mengurangi pembengkakan dan mempercepat penyembuhan. Selain itu, teh daun jati Cina juga mampu melembutkan tekstur kotoran, sehingga mempermudah saat buang air besar.

3 dari 4 halaman

Manfaat teh daun jati Cina bagi kulit

5. Merawat Kondisi Kulit

Kandungan minyak esensial, resin dan tanin menjadi manfaat teh daun jati Cina sehingga dapat menghilangkan peradangan pada kulit, seperti kadas atau kurap, serta luka terbuka dan luka bakar.

6. Mengobati Infeksi Kulit

Teh daun jati Cina memiliki kandungan aseton dan etanol yang bersifat antibakteri yang dapat membasmi mikroorganisme penyebab infeksi pada kulit, seperti eksim dan jerawat.

Jerawat biasanya disebabkan karena pori-pori kulit tertutup oleh sebum. Manfaat teh daun jati Cina dapat menghilangkan jerawat dengan mengurangi produksi sebum serta meningkatkan regenerasi sel kulit dan produksi kolagen.

4 dari 4 halaman

Manfaat teh daun jati Cina untuk perlindungan dari penyakit

7. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh kita berfungsi untuk menghalang berbagai jenis penyakit. Namun, sejalan dengan bertambahnya usia, maka kemampuan pada sistem kekebalan tubuh dapat menurun, sehingga perlu bantuan dalam menjaga fungsinya.

Manfaat teh daun jati Cina yaitu dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh kita dengan meningkatkan sel darah putih yang dapat memerangi patogen penyebab timbulnya penyakit.

8. Menjaga Kesehatan Saluran Pernapasan

Teh daun ati Cina dapat membantu menjaga fungsi paru-paru dan juga bisa digunakan untuk mengobati asma dan penyakit pernapasan lainnya.

Manfaat teh daun jati Cina dapat mengurangi peradangan pada paru-paru sehingga memperlancar pernapasan. Senna juga efektif untuk membatasi aktivitas virus yang mengakibatkan infeksi pada saluran pernapasan dan mencegah pembentukan lendir pada alveolus di dalam paru-paru.

9. Mencegah Perkembangan Bakteri

Infeksi bakteri dapat menjadi berbahaya saat bakteri berkembang biak, dan mengalahkan sistem kekebalan tubuh.

Teh daun jati Cina memiliki sifat antibakteri yang memperlambat berkembangbiaknya bakteri. Jika di dibantu oleh sistem kekebalan tubuh yang efisien, sebagian besar infeksi dapat segera ditangani dengan efektif.

10. Mencegah Bau Mulut

Bau mulut biasanya diakibatkan oleh kebersihan gigi yang buruk dan kebiasaan yang tidak sehat lain. Seduhan teh daun jati Cina dapat digunakan sebagai obat untuk kumur sehingga dapat menghilangkan bau mulut secara alami.

Nah, itu tadi manfaat teh daun jati Cina yang berguna buat kesehatan tubuh. Tetap perhatikan cara konsumsinya dan konsultasikan dengan ahli medis.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini