Sukses

3 Cara Menghitung Berat Badan Ideal Wanita, Ketahui Rumusnya

Liputan6.com, Jakarta Cara menghitung berat badan ideal wanita sangat penting diketahui. Berat badan merupakan angka yang sering diperhatikan wanita. Berat badan yang ideal bisa menunjukkan tingkat metabolisme yang sehat pula.

Memiliki berat badan berlebih dapat memengaruhi risiko sejumlah kondisi kesehatan, termasuk obesitas, diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi, dan masalah kardiovaskular. Kamu mungkin belum tahu bagaimana cara menghitung berat badan ideal wanita. Ada sejumlah cara menghitung berat badan ideal wanita yang bisa dilakukan.

Berat badan yang ideal tergantung pada sejumlah faktor seperti tinggi badan, jenis kelamin, komposisi lemak dan otot. Mengetahui cara menghitung berat badan ideal wanita bisa membuatmu mengontrol berat badan dengan mudah.

Cara menghitung berat badan ideal wanita memerlukan rumus tertentu. Cara menghitung berat badan ideal wanita ini sangatlah mudah. Kamu cukup meyiapkan kalkulator untuk menghitungnya.

Berikut cara menghitung berat badan ideal wanita yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (3/4/2020).

2 dari 7 halaman

Body mass index

Body mass index (BMI) atau indeks massa tubuh adalah perkiraan lemak tubuh berdasarkan tinggi dan berat badan. Cara menghitung berat badan ideal wanita ini tidak mengukur lemak tubuh secara langsung, tetapi sebaliknya menggunakan persamaan untuk membuat perkiraan.

BMI dapat membantu menentukan apakah seseorang memiliki berat badan yang tidak sehat atau sehat. BMI yang tinggi bisa menjadi pertanda terlalu banyak lemak di tubuh, sementara BMI yang rendah bisa menjadi pertanda terlalu sedikit lemak di tubuh.

Dilansir dari Healthline, semakin tinggi BMI seseorang, semakin besar potensi mengembangkan kondisi serius tertentu, seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan diabetes. BMI yang sangat rendah juga dapat menyebabkan masalah kesehatan, termasuk keropos tulang, penurunan fungsi kekebalan tubuh, dan anemia.

3 dari 7 halaman

Cara menghitung berat badan ideal wanita dengan rumus BMI

Contoh cara menghitung berat badan ideal wanita dengan rumus BMI:

Berat badan: 45 kg

Tinggi badan: 1.55 m

Kalikan tinggi badan dalam kuadrat terlebih dahulu. 1.55 kuadrat = 2.4.

Lalu masukkan dalam rumus, 45 : 2.4 = 18.7, maka nilai BMI kamu adalah 18.7.

Dalam perhitungan BMI terdapat beberapa keterangan seperti berikut:

1. Angka BMI normal adalah antara 18.5 sampai 25

2. Di bawah angka 17, maka kamu masuk kategori kekurangan berat badan

3. Di atas 25 kamu kelebihan berat badan ringan

4. Jika di atas 40, maka kamu termasuk kelebihan berat badan.

Jika dari contoh di atas yang menghasilkan angka 18.7 maka berat badan idealmu termasuk normal.

4 dari 7 halaman

Formula Broca

Formula Broca dikembangkan pada tahun 1871 oleh Pierre Paul Broca, seorang dokter, ahli bedah, dan antropolog Perancis (1824-1880). Formula ini dibuat untuk membantu membentuk berat badan ideal.

Rumus brosca terbagi menjadi dua, untuk perempuan dan laki-laki. Awalnya, rumus Broca digunakan untuk menghitung berat badan normal tetapi kemudian diperluas menjadi Berat Badan Ideal. Rumus awal Broca untuk menghitung berat badan normal adalah:

Tinggi badan (cm) - 100

Hasil pengurangan ini adalah berat badan normal, namun itu bukanlah yang ideal. Rumus kemudian dikembangkan untuk mendapatkan berat badan ideal pria dan wanita.

5 dari 7 halaman

Cara menghitung berat badan ideal wanita dengan Formula Broca

Berikut rumus untuk menghitung berat badan ideal menurut Broca:

Perempuan : Berat badan ideal (kg) = {tinggi badan (cm) - 100} - {[tinggi badan (cm) - 100] x 15%}

Laki-laki : Berat badan ideal (kg) = {tinggi badan (cm) - 100} - {[tinggi badan (cm) - 100] x 10%}

Contoh menghitung berat badan ideal wanita dengan Formula Broca:

Seorang wanita memiliki tinggi badan 165, maka cara menghitung berat badan ideal wanita itu dengan cara:

(165-100) – {(165-100) x 15%} = 65 – 9.75 = 55,25

Maka berat badan ideal wanita tersebut adalah 55,25 kg.

6 dari 7 halaman

Berat badan ideal wanita hamil

Saat hamil, ternyata cara menghitung berat badan ideal berbeda dari biasanya. Ini karena wanita hamil memiliki berat tambahan dari bayi dan perubahan-perubahan fisik yang terjadi.

Kelebihan berat badan saat kehamilan bisa meningkatkan risiko berbagai komplikasi kehamilan, termasuk diabetes gestasional, gangguan tekanan darah tinggi dan seperti preeklampsia. Maka dari itu penting untuk memantau perubahan berat badan selama kehamilan.

Perhitungan berat badan wanita hamil ini memasukkan berat badan ideal dengan rumus Broca dan jumlah usia kehamilan. Kamu bisa memantau penambahan berat badan ini tiap bulannya.

7 dari 7 halaman

Cara menghitung berat badan ideal wanita hamil

Berikut rumus menghitung berat badan ideal wanita hamil:

Berat badan ideal ibu hamil = berat badan ideal + (usia kehamilan (dalam minggu) x 0,35)

Contoh menghitung berat badan ideal wanita hamil:

Ani memasuki kehamilan minggu ke 24. Berat badan ideal jika dihitung dengan rumus Broca adalah 65. Maka berat badan ideal Ani di minggu kehamilan 24 adalah:

Berat badan ideal ibu hamil = 65 + (24 x 0,35) = 73,4 kg.