Sukses

5 Manfaat Daun Bawang untuk Kecantikan dan Cara Penggunaannya

Liputan6.com, Jakarta Manfaat daun bawang untuk kecantikan bisa jadi alternatif buat kamu yang ingin memiliki kulit wajah cantik. Tidak perlu mengeluarkan banyak uang dan berhadapan dengan bahan kimia untuk bisa tampil menawan. Bahkan tidak perlu dijadikan ramuan untuk bisa merasakan manfaatnya. Kamu bisa mengolahnya menjadi makanan lezat untuk bisa mendapatkannya.

Kandungan yang ada dalam daun bawang bisa membuat kulit wajah menjadi lebih sehat. Ada vitamin A, vitamin C, vitamin K, vitamin E, dan anti-oksidan. Jadi wajar saja kalau manfaat daun bawang untuk kecantikan menjadi andalan banyak orang.

Sebenarnya manfaat daun bawang untuk kecantikan tidak hanya bisa dirasakan untuk kulit wajah saja, tetapi bisa untuk kesehatan rambut loh. Jadi semakin lengkap bukan? Tidak hanya kesehatan kulit yang akan didapatkan tetapi juga rambut.

Jika tidak ingin menjadikannya menjadi menu masakan untuk bisa merasakan manfaat daun bawang untuk kecantikan, kamu bisa mencobanya untuk dijadikan ramuan. Misalnya saja dijadikan masker wajah dan masker rambut. Agar upaya meremajakan kulit wajah dan kulit rambut bisa lebih maksimal. Hal ini disebabkan karena daun bawang bisa langsung menempel ke area yang ditujukan dan meresap sampai pori-pori kulit kita.

Nah berikut penjelasan mengenai manfaat daun bawang untuk kecantikan yang sudah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (3/4/2020).

2 dari 6 halaman

1. Manfaat Daun Bawang untuk Kecantikan: Menghilangkan Jerawat

Manfaat daun bawang untuk kecantikan ternyata bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat. Karena kandungan vitamin C dan anti-oksidan mampu masuk jauh ke dalam pori-pori untuk menghilangkan sumbatan pada keratin. Keratin adalah salah satu penyebab munculnya jerawat.

Jika masker daun bawang ini diterapkan ke wajah, dapat dipastikan akan terasa lebih perih. Namun ini merupakan reaksi yang dimiliki oleh daun bawang yang dapat membuat kuman dan bakteri yang ada pada wajah menjadi tidak betah. Selain itu juga ramuan ini bisa membuat bekas jerawat menjadi memudar.

3 dari 6 halaman

2. Manfaat Daun Bawang untuk Kecantikan: Mencerahkan dan Meremajakan Kulit

Manfaat daun bawang untuk kecantikan ternyata bisa digunakan untuk mencerahkan dan meremajakan kulit. Hal ini disebabkan karena kandungan vitamin C dalam daun bawang yang mampu mencegah terjadinya pigmentasi dan berupaya membantu mencerahkan kulit. Bahkan daun bawang ini mampu membantu sel-sel kulit mati seperti facial foam yang dijual di pasaran.

Namun jangan terlalu berlebihan menggunakan ramuan daun bawang ini, karena sifatnya sedikit keras dan pedas jika diaplikasikan di wajah. Jika terlalu sering, dikhawatirkan akan menimbulkan ruam di wajah.

4 dari 6 halaman

3. Manfaat Daun Bawang untuk Kecantikan: Mencegah Penuaan Dini

Manfaat daun bawang untuk kecantikan ternyata bisa digunakan untuk mencegah penuaan. Hal ini disebabkan karena kandungan vitamin A, vitamin E, dan vitamin K yang ada di dalam daun bawang. Sehingga mampu menangkal radikal bebas pada kulit wajah.

Radikal bebas seperti polusi sering dihadapi orang-orang yang sering melakukan kegiatan di luar rumah dan sering berkicumpung dengan asap kendarakan bermotor.

5 dari 6 halaman

4. Manfaat Daun Bawang untuk Kecantikan: Menurunkan Berat Badan

Manfaat daun bawang untuk kecantikan ternyata bisa digunakan untuk menurunkan berat badan, sehingga mampu mencegah terjadinya obesitas. Hal ini tentu saja menjadi idaman banyak orang bukan? Selain memiliki kulit wajah sehat, juga memiliki bentuk tubuh yang ideal.

Hal ini disebabkan karena kandungan kalori dalam daun bawang sangat rendah. Agar hasilnya bisa lebih maksimal, akan lebih baik jika konsumsi daun bawang ini dibarengi dengan minum air putih yang banyak, makan buah dan sayur yang kaya akan serat, vitamin, dan mineral sehingga pencernaan juga lebih sehat.

6 dari 6 halaman

5. Manfaat Daun Bawang untuk Kecantikan: Mengatasi Kerusakan Rambut

Manfaat daun bawang untuk kecantikan ternyata bisa digunakan untuk mengatasi kerusakan rambut seperti kering dan bercabang. Karena memiliki rambut yang sehat tentu membuat kita menjadi lebih percaya diri bukan? Jadi tidak ada salahnya untuk meluangkan waktu sebentar untuk membuat ramuan masker rambut dari daun bawang ini.

Caranya cukup dengan menyiapkan beberapa lembar daun bawang yang dibutuhkan. Kemudian potong daun bawang kecil-kecil. Setelah itu rebus dengan air selama kurang lebih 30 menit. Jika sudah, angkat daun bawang dan celupkan ke air es selama kurang lebih 2 menit. Kemudian blender daun bawang sampai benar-benar lembut.

Setelah itu tinggal aplikasikan ramuan masker rambut ini rata ke seluruh bagian kulit kepala. Sambil bersantai, tunggu masker rambut sampai kering. Waktunya lebih kurang 30 menit sambil dibungkus dengan handuk hangat. Jika sudah, bersihkan dan cuci kulit kepala dengan shampoo dan kondisioner.