Sukses

10 Manfaat Jus Bayam untuk Kesehatan, Kaya Nutrisi

Liputan6.com, Jakarta Bayam merupakan salah satu jenis sayuran berdaun gelap yang sarat akan nutrisi. Sayuran ini kerap diolah menjadi menu makanan sehat seperti sayur bening, lalapan, hingga salad. Tak cuma dimasak, bayam juga bisa dijadikan jus yang segar.

Jika kamu khawatir nutrisi penting bayam akan hilang ketika dimasak, kamu bisa mencoba membuat jus bayam. Jus bayam merupakan cara nikmat untuk mengonsumsi bayam mentah. Dengan mengonsumsi jus bayam, kamu akan mendapatkan senyawa tanaman lengkap dari bayam.

Bayam sangat kaya akan zat besi, kalium, magnesium, karoten, asam folat, dan sejumlah vitamin penting. Mengonsumsi jus bayam secara rutin dapat mendukung kesehatan secara keseluruhan.

Berikut manfaat jus bayam yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (3/4/2020).

2 dari 6 halaman

Manfaat jus bayam untuk kesehatan

Tinggi antioksidan

Minum jus bayam setiap hari bisa memberi asupan antioksidan yang dibutuhkan tubuh. Secara khusus, bayam adalah sumber antioksidan lutein, beta karoten, asam coumaric, violaxanthin, dan asam ferulat yang baik.

Antioksidan menetralkan radikal bebas sehingga melindungi tubuh dari stres oksidatif dan penyakit kronis. Sebuah penelitian selama 16 hari pada 8 orang yang minum 240 ml jus bayam, hasilnya dapat mencegah kerusakan oksidatif pada DNA.

Sehatkan mata

Jus bayam sarat dengan lutein dan zeaxanthin, dua antioksidan yang diperlukan untuk penglihatan. Senyawa ini membantu melindungi terhadap degenerasi makula terkait usia. Jus bayam juga menyediakan hampir 63% dari Nilai Harian untuk vitamin A. Kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan mata kering dan kebutaan malam.

3 dari 6 halaman

Manfaat jus bayam untuk kesehatan

Cegah kanker

Antioksidan kuat dalam jus bayam mampu mencegah pertumbuhan sel kanker. Meskipun diperlukan lebih banyak penelitian pada manusia, beberapa penelitian menunjukkan bahwa senyawa tertentu dalam bayam dapat membantu memerangi pertumbuhan sel kanker. Makan lebih banyak sayuran hijau menurunkan risiko kanker paru-paru, prostat, payudara, dan kanker usus.

Turunkan tekanan darah

Jus bayam kaya akan nitrat, senyawa yang membantu melebarkan pembuluh darah. Efek ini bisa menurunkan tekanan darah dan melancarkan aliran darah. Selain itu, satu cangkir (240 mL) jus bayam juga mengemas lebih dari 14% nilai harian untuk kalium. Mineral ini terlibat dalam mengatur tekanan darah dengan mengontrol jumlah natrium yang dikeluarkan melalui urin.

4 dari 6 halaman

Manfaat jus bayam untuk kesehatan

Sehatkan kulit

Vitamin dan antioksidan yang ada dalam bayam memainkan peran penting dalam mendukung kulit yang sehat dan bercahaya. Jus bayam merupakan sumber vitamin A dan C yang penting untuk kesehatan kulit.

Vitamin A membantu mengatur pembentukan sel kulit. Sementara vitamin C merupakan antioksidan yang melindungi kulit dari kerusakan radikal bebas. Vitamin C juga membantu mensintesis kolagen, protein jaringan ikat yang mempromosikan penyembuhan luka dan elastisitas kulit.

Kuatkan rambut

Vitamin C pada jus bayam juga mendukung penyerapan zat besi. Ini membantu mengatasi rambut rontok terkait dengan kekurangan zat besi. Bayam juga mengandung vitamin B kompleks yang membantu menstimulasi pertumbuhan rambut dan mempertahankan kilaunya.

5 dari 6 halaman

Manfaat jus bayam untuk kesehatan

Cegah anemia

adar zat besi dalam jus bayam cukup tinggi dan memastikan pembentukan sel darah merah dan hemoglobin. Tingkat kandungan nutrisi yang tinggi dalam bayam membantu dalam pembuatan sel darah merah. Kekurangan zat besi merupakan salah satu penyebab anemia. Selain itu, vitamin C dalam bayam juga membantu mendukung penyerapan zat besi yang efektif.

Baik untuk kehamilan

Jus bayam sangat bermanfaat bagi kehamilan karena memberi nutrisi yang dibutuhkan ibu dan janin. Bayam juga mudah dicerna serta kaya serat. Jus ini dapat mengatasi masalah pencernaan seperti sembelit selama kehamilan.

Kandungan zat besi dan vitamin C-nya juga mencegah anemia yang biasa terjadi selama kehamilan. Jus bayam juga melindungi kesehatan usus dan meningkatkan pertumbuhan probiotik dalam tubuh.

6 dari 6 halaman

Manfaat jus bayam untuk kesehatan

Atasi gusi berdarah

Gusi berdarah adalah gejala paling umum dari penyakit gusi. Jus bayam yang kaya akan vitamin C membantu menyembuhkan gusi yang berdarah.

Pendarahan gusi sesekali dapat disebabkan oleh menyikat gigi terlalu keras atau memakai gigi palsu yang tidak pas. Pendarahan gusi yang sering juga dapat menunjukkan kondisi yang lebih serius, termasuk leukemia, periodontitis, dan kekurangan vitamin.

Sehatkan tulang

Bayam juga kaya akan kalsium yang penting untuk kekuatan tulang. Mineral ini sangat penting untuk kesehatan tulang dan molekul pemberi sinyal penting untuk sistem saraf, jantung, dan otot.

Kadar vitamin K dalam jus bayam juga membantu dalam mencegah osteoporosis secara efektif. Konsumsi vitamin K yang cukup penting untuk kesehatan yang baik, karena bertindak sebagai pengubah protein matriks tulang, meningkatkan penyerapan kalsium, dan dapat mengurangi jumlah kalsium yang meninggalkan tubuh dalam urin.