Sukses

7 Manfaat Jamu Brotowali untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya

Liputan6.com, Jakarta Manfaat jamu Brotowali bagi tubuh sangatlah banyak. Tanaman Brotowali atau akar ali-ali merupakan tanaman obat tradisional dari Indonesia. Tanaman ini biasanya ditanam di area sekitar pekarangan atau banyak juga tanaman Brotowali yang tumbuh liar di hutan.

Manfaat jamu Brotowali yang didapat dari rebusan batangnya antara lain sebagai obat rematik, menurunkan panas, mengurangi risiko kencing manis, dan mengurangi kadar gula pada darah. Namun jika Anda ingin mendapatkan manfaat jamu Brotowali ini, Anda harus menahan rasa pahit yang dihasilkan jamu Brotowali ini.

Sekilas mengenai tanaman Brotowali, tanaman ini tumbuh di tempat dengan suhu yang panas. Tinggi batang tumbuhan Brotowali dapat mencapai ketinggian 2,5 meter. Sedangkan ukuran dari batang brotowali hanya sebesar jari kelingking orang dewasa dan memiliki corak berbintil yang lumayan rapat.

Sedangkan untuk mendapat manfaat jamu Brotowali, memang hanya pada bagian batangnya saja. Saat bagian batang tanaman Brotowali ini direbus, manfaat jamu Brotowali berupa air rebusan tersebut dapat dipakai untuk mencuci luka. Karena Brotowali memiliki kandugnan alkaloid berberina yang dapat digunakan untuk membunuh bakteri pada luka.

Agar dapat semakin menjelaskan apa saja sebenarnya manfaat jamu Brotowali yang bisa Anda dapatkan, Liputan6.com, Sabtu (4/4/2020), dibawah ini telah merangkum dari berbagai sumber ragam manfaat jamu Brotowali bagi kesehatan tubuh.

2 dari 8 halaman

1. Manfaat jamu Brotowali bagi kesehatan jantung

Manfaat jamu brotowali yang pertama yaitu untuk menjaga kesehatan jantung. Salah satu penyebab gangguan jantung yaitu tekanan darah tinggi dan karena adanya penyempitan pembuluh darah akibat kadar kolesterol LDL yang sangat tinggi.

Tanaman Brotowali mengandung senyawa antioksidan yang dapat menurunkan kadar kolesterol LDL dan trigliserida di dalam darah, sehingga manfaat jamu Brotowali ini dapat mencegah penyumbatan yang mengganggu aliran darah, agar aliran darah lancar dan terhindar dari stroke serta serangan jantung.

3 dari 8 halaman

2. Manfaat jamu Brotowali untuk menurunkan tekanan darah

Seperti yang sempat disinggung pada poin pertama mengenai manfaat jamu Brotowali bagi kesehatan jantung. Jamu ini memang memiliki manfaat dalam memperlancar aliran darah, dan dapat menurunkan tekanan darah yang disebabkan oleh kolesterol, lemak, dan zat lainnya yang terdapat pada pembuluh arteri.

4 dari 8 halaman

3. Manfaat jamu Brotowali untuk obat dan mencegah diabetes

Ini merupakan manfaat jamu Brotowali yang paling terkenal di kalangan masyarakat luas. Jamu Brotowali digunakan sebagai obat serta dapat mencegah penyakit diabetes. Jamu Brotowali ini dapat meningkatkan produksi insulin pada tubuh dan secara efektif mampu mempercepat penyerapan kandungan glukosa ke dalam otot.

5 dari 8 halaman

4. Manfaat jamu Brotowali untuk mengatasi demam

Manfaat jamu brotowali yang juga cukup dikenal masyarakat yaitu manfaat jamu Brotowali dalam membantu penurunan demam pada tubuh. Demam sendiri merupakan sebuah kondisi di mana tubuh manusia sedang berusaha melawan infeksi dari mikroorganisme patogen, dimana hal tersebut dapat memicu kenaikan pada suhu tubuh.

Tanaman Brotowali sering dijadikan sebagai obat penurun demam karena manfaat jamu Brotowali salah satunya memiliki efek antipiretik serta analgesik atau dapat meredakan nyeri. Untuk mengatasi kondisi demam, dibutuhkan sebuah obat berjenis antipiretik yang berfungsi agar dapat membantu menurunkan suhu tubuh kembali menjadi normal.

6 dari 8 halaman

5. Manfaat jamu Brotowali untuk menurunkan gejala rematik

Manfaat jamu brotowali lainnya yang cukup banyak dikenal masyarakat adalah dapat mengatasi gejala rematik. Rematik atau yang memiliki Bahasa ilmiah artritis rheumatoid, merupakan peradangan kronis pada area sendi yang biasanya menyerang pada bagian tangan dan kaki. Gejala dari rematik sendiri seperti timbulnya rasa nyeri, kesemutan, hingga ada yang mengalami pembengkakan. Sebenarnya tidak ada obat untuk mengobati penyakit rematik, dan jamu dari tanaman Brotowali ini hanya digunakan dengan tujuan untuk menurunkan gejala rematik tersebut.

7 dari 8 halaman

6. Manfaat jamu Brotowali untuk mengatasi rhinitis

Rhinitis merupakan kondisi dimana selaput lendir pada hidung mengalami pembengkakan sehingga dapat menyebabkan hidung menjadi terasa sangat gatal, menjadi tersumbat, berair disertai bersin, mata menjadi gatal dan berair, dan batuk-batuk.

Penyebab penyakit rhinitis sangat bermacam-macam, tetapi penyebab yang paling umum karena adanya akibat dari reaksi alergi atau akibat pilek. Manfaat jamu Brotowali ini dipercaya dapat meringankan gejala-gejala tersebut.

8 dari 8 halaman

7. Manfaat jamu Brotowali dapat menambah nafsu makan

Tanaman Brotowali dipercaya mampu meningkatkan nafsu makan walaupun rasa jamu tersebut memang sangat pahit. Nafsu makan yang rendah dan cenderung menurun bisa mengakibatkan kekurangan nutrisi dan memicu munculnya berbagai penyakit yang merugikan tubuh. Dengan mengonsumsi air rebusan dari daun dan batang tanaman Brotowali, banyak yang percaya dapat meningkatkan kembali nafsu makan Anda. Sehingga hal tersebut sangat baik bagi Anda, terutama agar kebutuhan nutrisi Anda tetap terjaga dan terhindar dari berbagai risiko penyakit yang dapat menyerang.