Sukses

Cara Mudah Dapat Token Listrik Gratis Program PLN Dampak Corona Covid-19

Berikut langkah mudah dapat token listrik gratis dari PLN

Liputan6.com, Jakarta Wabah virus Corona COVID-19 saat ini sedang menjadi perhatian utama pemerintah. Beberapa kebijakan di Indonesia mengalami perubahan akibat semakin meluasnya wabah ini. Salah satunya membebaskan pembayaran listrik bagi pelanggan. Hal itu bertujuan untuk mengurangi beban masyarakat kurang mampu.  

Kebijakan dampak corona ini dikeluarkan mengingat saat ini sebagian besar aktivitas bekerja dan belajar berasal dari rumah. PT PLN (Persero) pun membebaskan tagihan listrik untuk golongan 450 VA selama tiga bulan ke depan. Selain itu, PLN juga memberikan diskon 50 persen untuk tagihan listrik pada golongan 900 VA subsidi.

Adapun jumlah diskon listrik yang didapatkan pelanggan dihitung dari pemakaian tertinggi selama 3 bulan sebelumnya. Untuk 450 VA akan mendapat listrik sebesar pemakaian tertinggi, sementara golongan 900 VA mendapatkan sebagiannya selama tiga bulan ke depan.

Kebijakan PLN memberikan pembebasan dan diskon biaya tarif listrik menuai antusiasme masyarakat. Dilansir dari berbagai sumber, berikut Liputan6.com ulas cara mudah dapat token listrik gratis program PLN dampak corona COVID-19, Minggu (5/4/2020)

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Melalui aplikasi WhatsApp

Pengguna listrik token golongan 450 VA dan 900 VA bisa mendapatkan kode voucher salah satunya melalui aplikasi WhatsApp. Wakil Direktur PLN Darmawan Prasodjo menyampaikan, Darmawan menjelaskan, pihak konsumen cukup mengkontak 08122123123 untuk bisa memperoleh diskon atau voucher gratis tersebut.

"Di situ ketik apa saja, langsung akan mendapatkan balasan dari PLN kemudian dimasukan ID pelanggan. Dari id pelanggan akan ada kode token listrik gratis yang bisa dimasukan ke kWh meter untuk dapatkan gratis atau diskon," terangnya dalam sesi teleconference, Jumat (3/4/2020).

 Berikut langkah-langkah token listrik gratis melalui WhatsApp: 

1. Buka Aplikasi WhatsApp.

2. Kirim pesan WhatsApp ke 08122-123-123. Tunggu balasan dari PLN dan ikuti petunjuk.

3. Salah satunya masukkan ID Pelanggan. Tulis ID pelanggan ke pesan tersebut. Dari id pelanggan akan ada kode token listrik gratis yang bisa dimasukan ke kWh meter 

3. Tunggu sebentar, token gratis akan muncul. 

4. Pelanggan memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

3 dari 6 halaman

2. Situs PLN

Selain via WhatsApp, pelanggan juga bisa mengakses situs resmi pln.co.id. Berikut langkah-langkah mudah dapatkan token listrik gratis melalui situs resmi PLN. 

1. Buka situs resmi pln.co.id

2. Masuk ke menu pelanggan dan langsung menuju ke pilihan stimulus Covid-19.

2. Masukkan ID Pelanggan/ Nomor Meter. Kemudian Token Gratis akan ditampilkan di layar.

3. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

 

4 dari 6 halaman

Dihitung dari Pemakaian Tertinggi

Adapun diskon listrik yang didapatkan akan dihitung dari pemakaian tertinggi selama tiga bulan sebelumnya. Untuk daya 450 VA, akan mendapatkan listrik sebesar pemakaian tertinggi. Sedangkan, daya 900 VA akan mendapatkan sebagiannya selama tiga bulan mendatang. 

"Pengguna listrik token golongan 450 VA dan 900 VA bisa mendapatkan kode voucher salah satunya melalui aplikasi WhatsApp," papar Wakil Direktur PLN Darmawan Prasodjo.

5 dari 6 halaman

Pelanggan Rumah Tangga Pascabayar

Untuk pelanggan rumah tangga 450 VA pascabayar akan langsung dibebaskan tagihan listriknya pada bulan April, Mei dan Juni.

Untuk diskon tarif listrik pelanggan subsidi 900 VA bagi pelanggan pascabayar, rekening yang harus dibayarkan pada tiap bulannya akan dikurangi 50 persen.

 

6 dari 6 halaman

Tidak Semua Pelanggan Dapat Diskon

Kendati demikian, tak semua pelanggan listrik 900 VA bisa mendapatkan diskon 50%.  Hanya untuk yang bersubsidi yang mendapat diskon ini. 

"Sekali lagi saya tekankan, bahwa 900 VA ini untuk yang R1 khusus yang bersubsidi," ungkap Dermawan di Graha BNPB, Jakarta Timur, Jumat (2/4/2020).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.