Sukses

8 Manfaat Daun Kelor untuk Kecantikan, Ketahui Cara Penggunaannya

Liputan6.com, Jakarta Manfaat daun kelor kini sedang menjadi perbincangan banyak orang. Pasalnya WHO mengatakan bahwa daun kelor ini mampu menangkis virus Corona COVID-19. Hal ini disebabkan karena daun kelor mampu membuat sistem kekebalan tubuh manusia meningkat.

Terlepas dari manfaat tersebut, manfaat daun kelor sebenarnya ada banyak sekali, termasuk untuk kecantikan. Hal ini disebabkan karena anti-oksidan, anti-biotik, dan vitamin yang begitu berlimpah di dalam daun kelor ini. Meskipun memiliki kandungan yang sangat banyak terutama untuk kecantikan wajah, tetapi belum banyak masyarakat Indonesia yang berupaya memaksimalkan penggunaannya. 

Daun kelor ini dikenal sebagai tanaman yang kaya akan gizi. Bahkan kandungan gizi daun kelor tidak bisa dibandingkan dengan kandungan sayur bayam, wortel, pisang, susu, dan masih banyak lagi. Zat besi, protein, kalsium, vitamin A, dan vitamin C yang dimiliki oleh daun kelor berlipat-lipat lebih banyak. Maka jika berbicara mengenai manfaat daun kelor, tidak perlu diragukan lagi ya.

Begitu juga tidak perlu khawatir tentang bagaimana cara mengonsumsi daun kelor. Daun kelor ini sudah biasa dijadikan bahan makanan sehari-hari oleh masyarakat Indonesia. Dibuat menjadi tumis, sayur bening, pudding, nugget, bahkan rolade juga bisa. Jadi tidak perlu khawatir untuk minum ramuan jamu dari daun kelor untuk bisa merasakan manfaat daun kelor ya. Cara menanamnya pun mudah, daun kelor ini bisa hidup di ladang, kebun, bahkan halaman rumah.

Nah, berikut penjelasan mengenai manfaat daun kelor untuk kecantikan wajah alami yang sudah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (6/4/2020).

2 dari 5 halaman

Manfaat Daun Kelor untuk Kecantikan Wajah Alami

1. Penangkal Radikal Bebas

Manfaat daun kelor ternyata bisa digunakan untuk menangkal radikal bebas. Sehingga tidak perlu khawatir jika harus berhadapan dengan sinar uv, asap kendaraan bermotor, debu, dan asap rokok. Karena hal ini dapat diatasi oleh anti-oksidan dalam daun kelor. Anti-oksidan yang akan bekerja menetralkan radikal bebas sebelum memulai proses oksidasi

2. Menghilangkan Jerawat

Manfaat daun kelor ternyata bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat. Hal ini disebabkan karena anti-oksidan yang dapat ditemui dalam vitamin A. Karena vitamin A merupakan anti-oksidan paling kuat untuk perawatan kulit wajah.

Anti-oksidan ini dikenal dengan istilah retinoid atau retin A.  vitamin A ini yang akan menghilangkan sumbatan keratin sehingga jerawat menjadi lebih mudah teratasi.

3 dari 5 halaman

Manfaat Daun Kelor untuk Kecantikan Wajah Alami

3. Menyamarkan Flek Hitam

Manfaat daun kelor ternyata bisa digunakan untuk semakin menyamarkan flek hitam pada wajah. Hal ini disebabkan karena kandungan vitamin C yang cukup tinggi dalam daun kelor. Vitamin C ini yang kemudian akan membantu mencerahkan kulit wajah sehingga flek hitam akan semakin tersamarkan.

Flek hitam ini memang muncul karena paparan sinar matahari, sehingga produksi melanin akan lebih cepat terjadi. Dan vitamin C inilah yang akan mencerahkan kulit wajah karena dapat membantu mengurangi pigmentasi melanin pada kulit.

4. Mengurangi Kadar Minyak

Manfaat daun kelor ternyata bisa digunakan untuk mengurangi kadar minyak wajah. Hal ini disebabkan karena kandungan vitamin A dalam daun kelor yang cukup tinggi. Vitamin A ini yang akan membantu mengurangi kadar minyak pada wajah terutama pada pori-pori.

4 dari 5 halaman

Manfaat Daun Kelor untuk Kecantikan Wajah Alami

5. Mencegah Penuaan

Manfaat daun kelor ternyata bisa membantu mencegah penuaan. Seperti garis halus dan kerutan yang datang lebih awal. Hal semacam ini biasanya banyak dialami oleh para wanita yang sering melakukan pekerjaan di luar ruangan, dan terus terpapar oleh sinar matahari.

Penurunan produksi kolagen elastis semakin menurun dan semakin diperparah dengan paparan sinar matahari. Namun hal ini bisa teratasi dengan mengonsumsi daun kelor. Karena anti-oksidan dalam daun kelor dapat membantu memperlambat kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

6. Menyamarkan Mata Panda

Manfaat daun kelor ternyata dapat membantu menyamarkan mata panda atau kantung hitam di bawah mata. Hal ini akan semakin maksimal jika penggunaan daun kelor yang mengandung vitamin A juga dipadukan dengan vitamin K.

Menurut sebuah penelitian, menempelkan bantalan yang sudah diolesi retinol (vitamin A), vitamin K, dan kafein di bawah mata dapat menyamarkan kerutan dan lingkaran hitam di bawah mata.

5 dari 5 halaman

Manfaat Daun Kelor untuk Kecantikan Wajah Alami

7. Meremajakan Kulit

Manfaat daun kelor ternyata mampu membantu meremajakan kulit. Hal ini disebabkan karena anti-oksidan yang turut membantu produksi kolagen. Dan kolagen inilah yang akan membantu memelihara elastisitas kulit sehingga kulit akan tampak lebih sehat dan lebih kencang.

8. Mengecilkan Pori-Pori

Manfaat daun kelor ternyata bisa digunakan untuk mengecilkan pori-pori pada wajah. Hal ini disebabkan karena kandungan vitamin A dan vitamin C dalam daun kelor yang cukup banyak. Kedua vitamin ini yang kemudian akan membantu mengangkat kotoran dari pori-pori dan membantu mengurangi sumbatan. Sehingga pori-pori kulit akan semakin mengecil.