Sukses

10 Manfaat Push Up dan Sit Up Setiap Hari untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat push up dan sit up tidak hanya membentuk tubuh, namun juga baik untuk kesehatan

Liputan6.com, Jakarta Manfaat push up dan sit up setiap hari ternyata sangat baik untuk tubuh. Tentunya dengan gerakan yang benar dan juga porsi yang tepat, maka kamu akan mendapatkan otot perut semakin kuat dan kalori terbakar sempurna.

Apalagi push up dan sit up bisa dilakukan di mana saja, tentunya membuat kamu bisa melaksanakannya secara rutin tanpa hambatan. Bertumpu pada sebuah gerakan sederhana yang dilakukan dengan tujuan untuk membentuk otot, push up dan sit up rutin juga merupakan cara diet yang cukup efektif. 

Manfaat push up dan sit up tidak hanya membentuk tubuh, namun juga baik untuk kesehatan. Dengan gerakan yang sederhana, tidak membutuhkan ruang yang luas, dan juga tidak membutuhkan waktu yang begitu lama, kamu sudah bisa mendapatkan berbagai manfaat push up dan sit up setiap harinya.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (6/4/2020) tentang manfaat push up dan sit up

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Membakar Kalori dan Membentuk Otot Tubuh Bagian Atas dan Perut

Membakar Kalori

Manfaat push up dan sit up yang pertama adalah dapat membakar kalori. Melakukan push up dapat membakar hingga 2 kalori dalam tubuh. Hal ini dapat dilakukan sebagai salah satu aktivitas fisik atau olahraga yang efektif dalam menjaga kesehatan.

Selain itu, gerakannya yang sederhana bisa dilakukan siapa saja dan dimana saja. Dengan manfaatnya membakar kalori, tentunya bagi kamu yang sedang dalam program diet hal ini juga berguna.

Membentuk Otot Tubuh Bagian Atas dan Perut

Gerakan push-up lebih banyak menggunakan otot bagian atas tubuh, yaitu triceps (otot bagian luar lengan atas) dan dada. Meski hanya fokus pada tubuh bagian atas, push-up juga dapat memperkuat bagian tubuh lainnya.

Karena pada saat kamu melakukan gerakan push-up yang baik, maka otot-otot lain, termasuk otot perut, punggung, dan tungkai akan ikut aktif. Hal ini menjadi salah satu manfaat push up dan sit up yang bisa kamu dapatkan. Selain itu, sit up sebagai latihan otot-otot inti dapat memperkuat dan mengencangkan otot perut, sehingga perut tampak lebih rata.

3 dari 6 halaman

Mengurangi Risiko Osteoporosis dan Memperbaiki Postur Tubuh

Mengurangi Risiko Osteoporosis

Manfaat push up dan sit up berikutnya adalah dapat mengurangi risiko osteoporosis. Kegiatan yang padat setiap harinya dan usia yang semakin bertambah tentunya dapat mempengaruhi kekuatan tulang kamu. Oleh karena itu, setiap orang dianjurkan untuk berolahraga untuk menjaga kekuatan tulang.

Olahraga ringan yang dapat mempertahankan kekuatan tulang salah satunya adalah push up. Dengan bantuan asupan kalsium setiap harinya, tulang tidak akan mudah keropos atau mengalami osteoporosis.

Jadi, dengan melakukan push up dan sit up, serta menjaga pola makan yang sehat setiap harinya, maka kamu akan terbebas dari risiko osteoporosis.

Memperbaiki Postur Tubuh

Tubuh ideal merupakan dambaan semua orang. Hal itu bisa membuat kepercayaan diri seseorang semakin meningkat ketika bertemu dan berinteraksi dengan orang lain. Oleh karena itulah, bila ingin memiliki tubuh ideal haruslah berusaha lebih keras agar keinginan itu dapat terwujud.

Untuk mendapatkan postur tubuh yang ideal ini juga merupakan manfaat push up dan sit up. Melakukan olahraga ini dengan teratur dapat membuat tubuh kamu menjadi lebih sehat, sehingga juga berpengaruh pada perkembangan postur tubuh yang juga semakin baik.

4 dari 6 halaman

Menjaga Kesehatan Jantung dan Mencegah Cedera

Menjaga Kesehatan Jantung

Menjaga kesehatan jantung juga merupakan salah satu manfaat push up dan sit up. Melakukan gerakan push up dan sit up sebelum tidur dapat meningkatkan proses pemompaan darah oleh jantung. Sehingga hal ini dapat menghilangkan plak yang menempelpada pembuluh darah dan tentunya membantu untuk kesehtan jantung.

Mencegah Cedera Bahu dan Punggung Bawah

Manfaat push up dan sit up selanjutnya adalah dapat mencegah cedera bahu dan punggung bawah. Push up dan sit up yang dilakukan secara rutin bisa membuat kamu terhindar dari kasus cedera secara efektif. Gerakan push up dan sit up akan membuat otot-otot tubuh menjadi stabil.

Selain itu, push up juga akan mendukung kekuatan otot primer dan sekunder yang ada pada bahu dan punggung bawah. Otot-otot primer dan sekunder akan mencegah terjadinya cedera atau mengurangi efek cedera pada bahu dan punggung bawah.

5 dari 6 halaman

Meningkatkan Proses Metabolisme dan Meningkatkan Mood Keesokan Hari

Meningkatkan Proses Metabolisme

Saat melakukan push up secara rutin, sistem kerja otot pun ikut terlatih. Aliran tubuh pun akan menjadi semakin lancar karenanya. Hal ini akan berpengaruh pada suplai oksigen serta aliran darah menjadi lebih baik. Hal inilah yang menjadi manfaat push up dan sit up, yaitu meningkatkan proses metabolisme dalam tubuh.

Lancarnya metabolisme tubuh membuat lemak dan racun di dalam tubuh bisa dibuang dengan cepat. Metabolisme yang lancar juga dapat menghindari diri kamu dari kegemukan karena bahan makanan yang masuk lambat diolah.

Meningkatkan Mood Keesokan Hari

Banyak penelitian membuktikan bahwa ketika kamu terbiasa push up dan sit up sebelum tidur, maka pada saat bangun tidur keesokan harinya, suasana hati akan terasa lebih bahagia. Inilah salah satu manfaat push up sebelum tidur yang bisa kamu dapatkan.

Kamu akan semakin semnagat dalam menjalankan aktivitas keesokan harinya. Oleh karena itu, tentunya melakukan push up dan sit up sebelum tidur sangat baik untukmu, karena bisa bekerja lebih efektif dan lebih semangat pada keesokan harinya.

6 dari 6 halaman

Memperbaiki Keseimbangan Tubuh dan

Memperbaiki Keseimbangan Tubuh

Manfaat sit up yang selanjutnya adalah untuk memperbaiki keseimbangan tubuh. Sit up sebagai salah satu olahraga yang melatih otot di bagian panggul, pinggang, dan perut, akan mendukung keseimbangan tubuh saat beraktivitas. Pinggul sendiri merupakan salah satu bagian penyeimbang gerakan manusia.

Meningkatkan Kepercayaan Diri

Manfaat push up dan sit up juga membantu meningkatkan penampilan dan kepercayaan diri. Sit up membutuhkan berbagai gerakan yang dirancang untuk mengencangkan perut sambil membakar lebih banyak kalori.

Push up dan Sit up ini akan membuat tubuh kamu ramping, yang pada akhirnya akan menambah rasa percaya diri. Sama seperti bentuk olahraga lainnya, sit up juga membuat tubuh lebih kuat secara mental dan fisik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.