Sukses

Cara Menanam Seledri dalam Pot Agar Tumbuh Subur, Mudah Dipraktikkan

Liputan6.com, Jakarta Cara menanam seledri dalam pot agar tumbuh subur tidak begitu sulit. Tentunya kamu yang hobi memasak sangat membutuhkan tanaman hijau satu ini. Tanaman sayuran ini biasa digunakan sebagai bumbu dan bahan tambahan pada masakan karena dapat meningkatkan cita rasa. 

Walaupun mudah, saat hendak menanam seledri tetap diperlukan pengetahuan dan pemahaman mengenai cara menanamnya, sehingga seledri dapat tumbuh dengan subur. Seledri merupakan tanaman sayuran yang dapat dibudidayakan baik di dataran tinggi maupun dataran rendah

Cara menanam seledri dalam pot bisa kamu ikuti dengan saksama. Dengan memiliki tanaman seledri di rumah, kamu tidak perlu repot-repot lagi membelinya di pasar. Apalagi, cara menanam seledri di rumah ini juga cukup mudah dipraktikkan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (6/4/2020) tentang cara menanam seledri dalam pot

2 dari 6 halaman

Menyiapkan Media Tanam

Cara menanam seledri yang pertama adalah dengan menyiapkan media tanamnya. Seledri membutuhkan media yang subur dan gembur. Kamu tinggal mengikuti beberapa langkah berikut ini.

Gunakan media tanah, kompos dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1:1. Setelah itu, ayak semua media, dan ambil bagian halusnya saja dan campur media hingga rata. Setelah itu, masukkan media kedalam pot tanam.

Kamu bisa menggunakan pot plastik dengan diameter 25-35 cm. Lubangi bagian dasar pot, agar air siraman tidak menggenang di media. Lalu, masukkan media tanam kedalam pot, isi hingga permukaan pot penuh dan padat. Setelah itu, diamkan media tanam selama satu minggu baru kemudian seledri dapat di tanam.

3 dari 6 halaman

Menyiapkan Bibit

Cara menanam seledri dalam pot agar tumbuh subur selanjutnya adalah dengan menyiapkan bibitnya. Untuk mendapatkan bibitnya, kamu tidak perlu bingung, cukup kunjungi pasar tradisional terdekat lalu kemudian beli satu ikat seledri, cabut yang masih terdapat akarnya dan yang masih segar.

Setelah itu, kamu bisa memisahkan anakan seledri agar dapat memperoleh tanaman indukan yang berjumlah banyak. Bersihkan bagian bonggol tanaman yang kotor. Kemudian potong batang tanaman yang tua.

Sisakan hanya tunas muda dan usahakan untuk tidak merusak akar. Lalu, Tusuk bagian bonggol dengan tusuk gigi pada empat penjuru bagian. Setelah itu isikan air kedalam gelas yang telah kamu siapkan. Kemudian masukkan bibit tersebut ke dalam gelas air mineral, maka akar dan sebagian bonggol akan terendam, sedangkan tunasnya akan berada di permukaan gelas.

Tambahkan larutan nutrisi atau pupuk daun kedalam media air didalam gelas. Setelah tunas muda baru tumbuh 2-3 buah, maka kamu dapat memindahkannya ke media tanam didalam pot.

4 dari 6 halaman

Cara Menanam Seledri

Setelah media tanam dan bibit telah siap, cara menanam seledri selanjutnya adalah melakukan penanaman. Kamu sebaiknya melakukan penanaman seledei ini pada pagi hari.

Caranya adalah dnegan membuat lubang tanam pada media di pot, sesuaikan kedalaman lubang tanam dengan tinggi tanaman dan panjang akar. Kemudian lakukan penanaman dengan memasukkan bibit kedalam lubang tanam.

Tanaman harus tegak dan kokoh agar tidak gampang roboh, apalagi saat masa awal pindah tanam. Selain itu, usahakan permukaan bonggol tidak tertutup media semua. Setelah itu, lakukan penyiraman hingga jenuh dan air keluar dari lubang bagian bawah pot tanaman. Letakkan pot di tempat yang teduh pada awal masa tanam, setelahnya kamu dapat mengeluarkannya ke tempat yang terkena cahaya matahari penuh.

5 dari 6 halaman

Cara Merawat Tanaman Seledri

Cara menanam seledri dalam pot selanjutnya adalah merawatnya dengan baik. Sebenarnya perawatan tanaman seledri ini tidak begitu sulit, penyiraman hanya dilakukan sesuai dengan kebutuhan tanaman. Jika media masih basah dan lembab maka kamu tidak perlu menyiramnya.

Untuk pemeliharaan dengan pupuk, cukup tambahkam pupuk kandang pada media atau pupuk organik lain yang memiliki kandungan nitrogen tinggi. Tanaman seledri juga di kenal tahan terhadap serangan hama dan penyakit tanaman.

Hindari penyemprotan menggunakan pestisida kimia, karena residunya akan sangat berbahaya jika tertelan saat di konsumsi.

6 dari 6 halaman

Panen Tanaman Seledri

Setelah merawatnya dengan baik mulai dari cara menanam seledri ini, terakhir barulah kamu bisa memanen hasilnya. Biasanya tanaman seledri ini dapat dipanen pada umur 60-70 hari setelah tanam. Panen dapat dilakukan jika tinggi tanaman telah mencapai 20-30 cm.

Sebaiknya panen dilakukan pagi pagi hari pukul 7-9 pagi atau sore hari pada pukul 4-6 sore. Jika hanya untuk di konsumsi sendiri maka sebaiknya panen dilakukan dengan memotong bagian batangnya saja dan sisakam bagian bonggolnya, agar dapat merangsang pembentukan tunas baru sehingga anda tidak perlu lagi melakukam penanaman ulang.

Sedangkan jika untuk di jual ke pasaran maka panen dilakukan dengan cara mencabut tanaman dari pot. Kemudian bersihkan bagian akarnya dan buang daun yang rusak. Itulah cara menanam seledri dalam pot yang mudah diikuti.