Sukses

Jenis Ukuran Bra dan Artinya, Ketahui Cara Mengukurnya

Tiap wanita memiliki ukuran payudara yang berbeda.

Liputan6.com, Jakarta Jenis ukuran bra penting diketahui wanita. Bra merupakan pakaian penunjang yang tak bisa lepas dari wanita. Fungsi pakaian dalam satu ini adalah untuk menyangga payudara agar tetap kencang.

Tiap wanita memiliki ukuran payudara yang berbeda. Menentukan jenis ukuran bra akan membuat bra efektif menyangga payudara. Jenis ukuran bra yang baik adalah saat digunakan bra tidak sesak dan juga tidak longgar.

Menggunakan jenis ukuran bra yang salah akan menimbulkan rasa sakit pada payudara dan punggun. Jenis ukuran bra juga bisa merusak pakaian, lho.

Biasanya saat memilih bra, kamu akan dihadapkan dengan berbagai jenis ukuran bra. Jenis ukuran bra ini dituliskan dalam bentuk angka dan huruf seperti 32A, 36B, atau 38C. Sebenarnya apa arti jenis ukuran bra ini?

Bagi kamu yang masih bingung membaca jenis ukuran bra, simak arti jenis ukuran bra yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagia sumber, Selasa (7/4/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Ukuran pita bra

Ukuran pita bra atau band size menunjukkan ukuran lingkar bawah payudara atau underbust. Jenis ukuran bra ini dituliskan dalam bentuk angka genap mulai dari 32, 34, 36, 38, 40, dan seterusnya.

Angka ini sesuai dengan ukuran di bawah payudara, sekitar tulang rusuk, dalam bentuk inci. Ukuran ini sebenarnya tidak selalu merupakan refleksi yang tepat dari pengukuran underbust yang sebenarnya.

Dilansir dari Liveabout, dulu ukuran bra didasarkan pada pola yang menggunakan apa yang disebut sebagai metode "plus empat". Kini metode tersebut disebut "ukuran bra klasik". Dalam metode ini, kamu menambahkan tiga, empat, atau lima inci ke ukuran sebenarnya dari ukuran lingkar bawah payudara untuk mendapatkan ukuran pita bra.

Misalnya, jika lingkar payudaramu 29 inci, kamu bisa akan mengenakan jenis bra dengan berukuran 32 atau 34.

3 dari 6 halaman

Ukuran cup

Ukuran cup adalah bagian huruf dari ukuran bra seperti A, B, C, D, E, dan seterusnya. Pengukuran standar cup bra adalah dengan mengurangi top burst dengan underbust. Top burst merupakan ukuran lingkar payudara. Cara mengukur top burst adalah dengan mengukur payudara dari titik samping hingga puncak payudara.

Hasil dari pengurangan ini dicocokan dengan persamaan berikut ini.

0 = AA

1 = A

2 = B

3 = C

4 = D

5 = DD

6 = DDD, F

7 = G

Misal ukuran underbustmu 37 dan ukuran top burstmu 34, maka ukuran cup yang pas adalah C.

4 dari 6 halaman

Memilih jenis ukuran bra

Jika sudah memahami arti jenis ukuran bra, kamu bisa memilihnya dengan tepat. Ukuran pita bra relatif dengan ukuran cup. Ini berarti ukuran cup tidak memiliki ukuran atau volume yang sama di setiap ukuran pita. Saat ukuran pita bertambah besar, volume cup juga bertambah.

Untuk memilih jenis ukuran bra kamu bisa mulai mengukur payudara dengan pita meteran. Dengan begitu kamu bisa menentukan kombinasi ukuran yang tepat.

5 dari 6 halaman

Jenis-jenis bra

Selain ukuran, menentukan jenis bra juga penting diketahui. Tiap bra tidak diciptakan sama. Bra terdiri dari beragam jenis untuk berbagai kegunaan. Berikut beberapa jenis bra populer yang bisa kamu pilih:

Sports Bra

Sports Bra cocok untuk olarhaga seperti yoga, hiking, aerobik, dan lari. Bra ini memiliki daya topang kuat pada payudara dan menutup payudara secara penuh sehingga memberi kenyamanan saat berolahraga.

Push Up Bra

Push Up Bra digunanakn untuk menambah daya angkat dan volume pada payudara sehingga bentuknya simetris, lebih dekat, dan lebih penuh.

Full Support Bra

Bra ini didesain untuk memberikan daya topang yang baik bagi payudara secara keseluruhan. Bentuknya biasa, praktis, dan dapat dipakai sehari hari.

Strapless Bra

Strapless Bra merupakan bra yang didesain tanpa tali di bahu. Bra ini menempel ketat di badan.

Trainer Bra

Trainer Bra didesain untuk gadis yang baru memiliki pertumbuhan payudara. Bentuknya sederhana dengan daya topang sangat kecil.

Bandeau Bra

Bra ini memberi daya topang kecil pada payudara dan tidak sepenuhnya mendukung bentuk payudara. Dukungan diambil sepenuhnya dari payudara dan bahu.

Balconette Bra

Balconette Bra biasanya cocok untuk payudara kecil dan menengah. Satu-satunya sistem pendukung untuk ini berasal dari tali tebal dan underwire. Bra ini bisa mengungkapkan bagian atas payudara.

6 dari 6 halaman

Jenis-jenis bra

Longline Bra

Sama seperti namanya, Longline Bra memanjang hingga sedikit di atas pusar atau di atasnya.

Sheer Bra

Sheer bra pada dasarnya memamerkan sedikit kulit dengan kain yang digunakan. Ini biasanya dibuat dengan bahan mewah seperti satin, tulle, renda atau renda chantilly dengan desain berbelit-belit yang mendukung namun modis.

Demi bra

Demi bra ideal untuk payudara yang lebih kecil dan lebih kencang. Bra ini memiliki potongan rendah dengan cakupan lebih rendah dan ukuran cangkir lebih kecil.

Underwire Bra

Underwire bra didesain untuk tujuan memberikan kekuatan dan dukungan pada payudara. Bra ini dilengkapi dengan kawat di bagian bawah cup. Kawat ini dimaksudkan untuk melengkapi bentuk payudara.

Nursing Bra

Bra ini didesain khusus untuk memudahkan proses menyusui, sehingga bayi tidak akan kesulitan meraih puting ibunya.

Padded Bra

Padded Bra dilengkapi dengan spons di dalam cup branya. Bra ini didesain untuk memberi kesan bentuk payudara terlihat lebih penuh pada payudara kecil.

Racerback Bra

Racerback Bra merupakan bra dengan bahu dengan pola V denga posisi tali dekat dengan leher.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.