Sukses

6 Makanan Pencegah Bau Badan, Perhatikan Cara Konsumsinya

Liputan6.com, Jakarta Makanan pencegah bau badan bisa Anda jadikan pilihan terutama jika Anda merasa memiliki masalah terutama pada bau badan tidak sedap. Tentu tidak hanya dirasa mengganggu bagi Anda, namun bisa saja cukup mengganggu bagi orang yang ada di sekitar Anda. Oleh sebab itu, penting bagi Anda mempertimbangkan jenis makanan terutama makanan pencegah bau badan tidak sedap yang perlu untuk Anda ketahui lebih lanjut.

Cara mencegah bau badan umumnya hanya dengan menggunakan deodorant atau parfum. Memang cara tersebut cukup membantu, tetapi dampak yang dihasilkan hanya bertahan sebentar. Mengonsumsi makanan pencegah bau badan yang benar adalah cara yang bisa dilakukan jika tujuannya untuk menghilangkan bau badan.

Berbagai jenis makanan pencegah bau badan bisa Anda dapatkan di toko atau berbagai lokasi penyedia bahan makanan di sekitar Anda. Tetapi dalam mengonsumsi makanan pencegah bau badan juga perlu diperhatikan jumlahnya. Karena beberapa jenis makanan pencegah bau badan juga masih berpotensi untuk menyebabkan masalah bau badan jika dikonsumsi secara tidak tepat. 

Sebagai tambahan informasi bagi Anda yang memiliki masalah pada bau badan dan ingin mengurangi masalah tersebut, maka di bawah ini Liputan6.com, Selasa (7/4/2020), telah merangkum apa saja jenis makanan pencegah bau badan yang bisa Anda konsumsi, mari kita simak bersama.

2 dari 3 halaman

Makanan pencegah bau badan, perhatikan jumlah konsumsinya

1.  Buah Citrus

Ada beberapa jenis buah-buahan yang termasuk dalam kategori buah citrus, seperti jeruk, lemon, dan jeruk nipis. Berbagai macam jenis buah citrus dikenal memiliki aroma yang sangat segar. Jika Anda mengonsumsi  makanan pencegah bau badan ini secara teratur, maka makanan ini dipercaya efektif menghilangkan bau badan tidak sedap. Karena kandungan asam yang dimiliki jenis buah-buahan dalam buah citrus, dapat menekan aktivitas bakteri yang menyebabkan bau badan tidak sedap.

2. Parsley & Peppermint

Campuran dari bahan parsley dan peppermint mampu menghasilkan aroma yang segar. Selain dapat membuat aroma tubuh menjadi lebih wangi, kedua jenis daun ini juga ampuh menghilangkan bau nafas yang tidak sedap. Cara mengonsumsi makanan pencegah bau badan ini cukup dengan mencampurkan parsley dan peppermint pada makanan yang akan Anda konsumsi, missal ditambahkan sebagai campuran dari salad.

3. Jenis kacang dan biji-bijian

Berbagai jenis dari kacang-kacangan dan biji-bijian memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Kandungan serat tersebut dapat mempercepat proses pengeluaran senyawa yang menjadi penyebab bau badan, terutama jika Anda gemar mengonsumsi jenis makanan yang dapat menyebabkan bau badan seperti bawang dan daging.

4. Sayuran Hijau

Beberapa jenis dari sayuran hijau seperti kangkung, bayam, dan selada memiliki kandungan klorofil yang sangat tinggi. Klorofil tersebut dapat berfungsi untuk menetralkan senyawa yang  menjadi penyebab bau badan tidak sedap  dari dalam tubuh. Semakin sering Anda mengonsumsi berbagai jenis sayuran hijau, makan akan semalin berkurang pula risiko Anda untuk mengalami masalah bau badan tidak sedap.

5. Cuka Apel

Walaupun rasanya asam, cuka apel menjadi salah satu jenis makanan yang dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan bau badan. Konsumsi cuka apel bisa menekan produksi keringat berlebih serta membunuh bakteri penyebab bau badan tak sedap, terutama di area ketiak dan kaki. Selain dikonsumsi, cuka apel juga bisa dijadikan masker alami untuk mengatasi bau badan dari luar.

6. Ikan

Agar Anda tetap memperoleh asupan protein, Anda tidak harus mendapatkannya dari jenis daging merah saja. Apabila Anda sedang mencari cara untuk mencegah bau badan tidak sedap, maka Anda dapat mengganti sumber protein tersebut dengan mengonsumsi jenis daging putih seperti ikan nila, halibut, atau ikan cod. Namun Anda perlu memperhatikan jumlah saat mengonsumsi jenis makanan pencegah bau badan ini.

Kandungan senyawa kolin pada ikan yang menyebabkan ikan memiliki bau amis, dan beberapa orang tidak dapat mencerna zat yang dihasilkan dari mengonsumsi ikan secara tuntas, sehingga tubuh mereka  menjadi berbau amis. Hal tersebut disebabkan oleh penyakit genetik keturunan yang bernama trymethylaminuria, di mana tubuh mengeluarkan senyawa yang bernama trimethylamine melalui keringat dan akan menyebabkan bau amis pada tubuh.

3 dari 3 halaman

Makanan penyebab bau badan tidak sedap

1. Sayuran jenis curciferous

Selain memiliki kandungan potasium dan antioksidan yang cukup berlimpah, sayuran seperti brokoli, lobak, dan kembang kol, juga mengandung belerang. Belerang sendiri merupakan senyawa yang secara alami dapat menyebabkan bau yang menyengat. Oleh karena itu, perlu diperhatikan dalam mengonsumsi sayuran yang menyehatkan tubuh ini. Karena sayuran sehat ini dapat menjadikan bau tubuh Anda menjadi tidak sedap pada saat berkeringat.

2.  Alkohol

Saat Anda mengonsumsi alkohol, kandungan senyawa pada minuman ini akan diserap oleh tubuh dan kemudian dicerna sehingga menjadi asam asetik. Asam asetik tersebut kemudian dilepaskan melalui pori-pori pada kulit. Oleh sebab itu mengapa setelah seseorang mengonsumsi jenis minuman beralkohol, bau alcohol masih tersisa walaupun orang tersebut sudah membersihakn diri.

3. Daging Merah

Jenis dari daging merah cukup sulit untuk dicerna tubuh, sehingga akan menyisakan residu. Residu tersebut yang akan dilepaskan bersama keringat. Ketika residu tersebut bercampur dengan bakteri yang ada pada kulit, maka dapat menyebabkan bau badan menjadi menyengat dan tidak sedap.

Nah, setelah menyimak artikel mengenai makanan pencegah bau badan, sebaiknya Anda mulai perhatikan jenis makanan yang Anda konsumsi, tentunya agar terhindar dari bau badan yang tidak sedap, semoga berhasil.