Sukses

7 Manfaat Kuning Telur Ayam Kampung, Lebih Rendah Kolesterol

Liputan6.com, Jakarta Untuk mendapatkan manfaat kuning telur ayam kampung biasanya orang-orang akan menyantapnya secara langsung. Ayam kampung dikenal sebagai jenis ayam yang paling banyak dikonsumsi selain ayam boiler. Ayam ini biasa dipelihara di rumah atau dibudidayakan.

Manfaat kuning telur ayam kampung dianggap lebih berkualitas dibanding ayam biasa. Kandungan nutrisi dari manfaat kuning telur ayam kampung jauh lebih tinggi dan seimbang. Banyak juga yang menggunakan manfaat kuning telur ayam kampung dalam minuman herbal untuk meningkatkan stamina.

Menurut sebuah penelitian, ada sedikit perbedaan dalam kandungan mineral telur tergantung pada lingkungan pemeliharaan. Peneliti menemukan bahwa telur ayam yang dilepas bebas memiliki kandungan magnesium yang lebih tinggi. Ini sebabnya manfaat kuning telur ayam kampung cukup mendapat perhatian.

Berikut manfaat kuning telur ayam kampung yang berhasil Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (7/4/2020).

2 dari 9 halaman

Perbedaan ayam kampung dengan ayam broiler

Ayam kampung mengacu pada ayam yang diternak atau dipelihara dengan dibiarkan berkeliaran bebas. Ayam ini juga dikenal sebagai ayam buras (bukan ras). Ada beberapa varietas ayam kampung seperti ayam kedu, ayam pelung, ayam sumatra, dan banyak lagi.

Ayam kampung memiliki bentuk tubuh yang cenderung lebih gagah, lebih kenyal dan tidak terlalu gemuk. Pada bagian dada ayam kampung, akan terlihat beberapa tulang yang muncul ke permukaan.

Sementara ayam broiler merupakan jenis ayam ras pedaging. Ayam ini dibesarkan secara konvensional disimpan di dalam ruangan, seringkali di dalam kandang tanpa akses ke luar. Biasanya ayam ini diberi makan makanan biji-bijian yang diperkaya dengan vitamin dan mineral.

Studi menemukan bahwa daging ayam kampung secara signifikan lebih rendah lemak dan lebih tinggi protein, zat besi, dan seng, dibandingkan dengan daging ayam konvensional.

3 dari 9 halaman

Lebih rendah kolesterol

Telur dikenal dengan kandungan kolesterolnya yang tinggi, terutama pada kuningnya. Ini yang membuat orang was-was untuk mengonsumsi kuning telur. Berbeda dengan telur ayam biasa, manfaat kuning telur ayam kampung dinilai lebih rendah kolesterol.

Telur ayam kampung mengandung hingga sepertiga lebih sedikit kolesterol daripada telur ayam biasa. Telur standar mengandung rata-rata 423 miligram kolesterol, sedangkan telur ayam kampung mengandung rata-rata 277 miligram.

4 dari 9 halaman

Nutrisi lebih seimbang

Nutrisi dalam telur ayam kampung jauh lebih seimbang dibanding ayam biasa. Ini karena ayam broiler biasanya dibudidayakan dengan cepat menggunakan obat-obatan. Obat perkembangan inilah yang bisa menurunkan nutrisi pada ayam broiler.

Sementara ayam kampung jauh memiliki tingkat nutrisi yang tinggi. Nutrisi ini seperti protein, asam lemak omega-3, dan beta karoten. Ayam kampung juga punya dosis sehat Vitamin A, D, dan E serta memiliki banyak kolin untuk mendukung fungsi memori dan saraf.

5 dari 9 halaman

Tinggi vitamin D

Telur adalah beberapa dari sedikit makanan yang secara alami kaya akan Vitamin D. Sebuah studi tahun 2009 menemukan bahwa telur dari ayam yang dipelihara bebas mengandung Vitamin D tiga hingga enam kali lebih banyak daripada telur biasa.

Vitamin D membantu tubuh mempertahankan tulang dan gigi yang kuat, mendukung fungsi kekebalan, mengatur kadar insulin, dan banyak lagi.

6 dari 9 halaman

Kaya antioksidan

Antioksidan dalam 2 butir telur ayam kampung, lebih banyak dua kali lipat dibandingkan sebuah apel. Tripofan dan tirosin dalam telur ayam kampung mentah ini digunakan untuk mencegah kanker, terutama yang berada di kuning telurnya.

Kuning telur mengandung lebih banyak vitamin dibanding putih telur. Setiap kuning telur mengandung tujuh vitamin: B6, folat, vitamin B, B-12, A, D, E dan K. Vitamin-vitamin ini memiliki fungsi serupa antioksidan tang menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Kuning telur juga dikenal akan kandungan kolinnya. Dalam kuning telur ayam kampung, kandungan kolin ini jauh lebih besar. Kolin diperlukan untuk mendukung pertumbuhan organ seperti otak dan jantung.

7 dari 9 halaman

Tinggi asam lemak omega-3

Kuning telur mengandung asam lemak rantai panjang esensial seperti omega 3. Asam lemak ini dipelukan untuk fungsi otak dan retina. Konsumsi kuning telur juga bermanfaat untuk rambut yang sehat, meningkatkan sistem reproduksi tubuh dan respons tubuh terhadap cedera.

8 dari 9 halaman

Jaga daya tahan tubuh

Manfaat kuning telur ayam kampung dipercaya dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Ini sebabnya kuning telur ayam kampung kerap digunakan sebagai penambah stamina pada minuman atau makanan.

Senyawa tertentu yang disebut glikopeptida tersulfasi hadir dalam membran kuning telur. Senyawa ini dapat merangsang produksi makrofag yang merupakan sel-sel dalam sistem kekebalan yang melindungi tubuh terhadap penyakit dan infeksi.

Kuning telur juga bisa mengurangi peradangan berkat kandungan protein phosvitinnya. Senyawa ini dapat mengurangi jumlah senyawa dalam tubuh yang menyebabkan peradangan.

9 dari 9 halaman

Manfaat Kuning Telur Ayam Kampung untuk Penglihatan

Karotenoid dalam kuning telur terutama karotenoid lutein dan zeaxanthin bermanfaat dalam mendukung kesehatan mata. Karotenoid ini yang memberi warna kuning pada telur. Kuning telur membantu meningkatkan kemampuannya untuk memfokuskan cahaya dengan benar pada mata.

Karotenoid pada telur ayam kampung membantu menurunkan risiko degenerasi makula dan katarak yang berkaitan dengan usia. Telur ayam kampung bertindak sebagai antioksidan di mata, melindunginya dari radikal bebas yang dapat merusak berbagai bagian retina.