Sukses

12 Jenis Prosesor AMD, Ketahui Sebelum Membeli Laptop atau Komputer

Jenis prosesor AMD perlu kamu ketahui.

Liputan6.com, Jakarta Jenis prosesor AMD perlu sekali diketahui bagi kalian yang ingin membeli komputer atau juga laptop. Karena prosesor ini adalah bagian terpenting dari perangkat seperti komputer dan laptop. Prosesor inilah yang akan menjalankan perintah dan mengolah data dari penggunanya. Peran utama dari prosesor ini adalah sebagai otak dari komputer dan laptop kita. 

Letak dari prosesor ini ada pada socket di bagian motherboard. Prosesor ini bisa diganti dengan prosesor yang lain. Namun penggantian prosesor ini harus disesuaikan dengan socket yang ada pada motherboard. Semakin baik kualitas prosesor, maka kinerja dari perangkat yang dihasilkan juga akan semakin bagus. Ada banyak merek prosesor di pasaran, tetapi pengembang prosesor yang paling terkenal salah satunya adalah jenis prosesor AMD.

Memasuki era komputer generasi kelima, jenis prosesor AMD sudah sangat bersiap mendukung hardware baru pada komputer. Bahkan produsen prosesor yang berasal dari Sunnyvale California, Amerika Serikat yang sudah mulai berkonsentrasi mendukung ponsel android dengan prosesor mobile. Dan kini jenis prosesor AMD sudah mulai menemukan pasarnya sendiri.

Jenis prosesor AMD ini lebih tahan terhadap panas dan kinerjanya tidak semakin menurun walaupun sudah dipakai dalam durasi waktu yang sangat lama. Dan hal ini sangat cocok untuk para pencinta games atau sebut saja gamers dan pekerja kreatif untuk mendukung editing video, desain grafis, dan masih banyak lagi.

Nah untuk bisa lebih memahami jenis prosesor AMD, berikut penjelasan mengenai jenis prosesor AMD yang sudah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (7/4).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jenis Prosesor AMD

1. Jenis Prosesor AMD: AMD K5

Jenis prosesor ini adalah jenis yang pertama kali dikeluarkan oleh AMD. Memang jenis prosesor ini hampir mirip sekali dengan prosesor buatan Intel yang lebih dulu dibuat.

Namun sayangnya motherboard yang mendukung prosesor Intel, pada saat itu belum bisa mendukung prosesor AMD. Motherboard yang mendukung prosesor AMD baru bisa berjalan setelah BIOS lebih diperbaharui lagi.

2. Jenis Prosesor AMD: AMD-K6

Jenis prosesor ini merupakan jenis dari generasi yang keenam dari AMD. Sudah banyak belajar dari jenis prosesor keluaran pertamanya. Jenis prosesor ini akhirnya bisa digunakan pada semua motherboard yang mendukung prosesor Intel.

Bahkan jenis prosesor ini mampu menyaingi kinerja dari prosesor Intel. Ada 3 jenis prosesor generasi keenam ini dan masing-masing memiliki kecepatan kinerja yang berbeda-beda. Seperti, prosesor AMD K6, prosesor AMD K6-2, dan jenis prosesor AMD K6-III.

3. Jenis Prosesor ADM: AMD Duron

Jenis prosesor ini merupakan prosesor AMD generasi ketiga atau prosesor keluaran ketiga dari AMD. pada saat mengeluarkan jenis prosesor ini, AMD hendak membuktikan bahwa jenis prosesornya bisa diandalkan, unggul, dan lebih ekonomis karena harganya lebih murah dari jenis prosesor yang lain.

Kinerja yang dimiliki prosesor AMD Duron ini hampir sama dengan seri yang diunggulkan oleh prosesor AMD. AMD Althon namanya, perbedaan kecepatannya hanya terpaut 7-10 persen saja, namun prosesor AMD Althon jauh lebih unggul jika dibandingkan dengan AMD Duron.

4. Jenis Prosesor AMD: AMD Althon

Jenis prosesor ini merupakan jenis prosesor yang paling diunggulkan dibanding dengan seri prosesor AMD sebelumnya AMD K6. Saat mengeluarkan jenis prosesor AMD Althon ini, AMD ingin menunjukkan keunggulannya yang dapat menyaingi prosesor generasi keenam dari Intel (P6).

Bahkan prosesor AMD Althon ini bisa dijadikan sebagai multiprosesor seperti pada prosesor Intel (P6). Keunggulan seri Athlon didukung chipset AMD 750 MP (iron gate) dan AMD 760 MPX yang  dapat ditanam dalam satu komputer, prosesor ganda.

3 dari 4 halaman

Jenis Prosesor AMD

5. Jenis Prosesor AMD: AMD Althon 64

Jenis prosesor ini memang tergolong sangat sukses di pasaran. Ada jenis 3 seri AMD Althon 64 yang diluncurkan. Dengan socket 754, 939, dan 940. Masing-masing dari socket ini memiliki fungsi yang berbeda-beda, untuk mengendalikan kanal tunggal, kanal ganda, dan prosesor ini termasuk prosesor generasi pertama dari AMD yang mendukung 64 bits.

6. Jenis Prosesor AMD: AMD Althon 64 FX

Jenis prosesor AMD Althon 64 FX ini sudah mulai bisa digunakan pada OS 32 64 bit dengan kecepatan yang sama. Bahkan juga sudah mempunyai anti virus Ehanced Virus Protection ketika dijalankan di atas OS Windows XP Service Pack 2 (SP2) dan Windows XP 64 Bit. Ada tiga jenis dari AMD Althon 64 FX seperti, AMD Athlon FX 51, AMD Athlon FX 53, dan AMD Athlon FX 57.

7. Jenis Prosesor AMD: AMD Sempron

Jenis prosesor AMD ini sengaja dibuat untuk pengganti dari prosesor AMD Duron. Selain itu juga prosesor ini memang sengaja dibuat untuk menyaingi prosesor Intel Seri Celeron D dengan harga prosesor AMD yang lebih efektif. Prosesor AMD Sempron ini mempunyai dua jenis varian yaitu AMD Sempron soket A dan AMD Sempron Soket 754.

Meski demikian pada saat yang bersamaan AMD ini juga mengeluarkan prosesor AMD Althon 64 bagi para penikmat perangkat kecepatan tinggi. Dan beberapa seri prosesor AMD Sempron fitur 64 bit tidak diluncurkan, sehingga hanya dapat dijalankan di perangkat 32 bit saja.

8. Jenis Prosesor AMD: AMD 64 X2 Dual Core

Jenis prosesor ini sengaja dibuat untuk menjadi pesaing prosesor Intel Core Duo. Dengan basis teknologi 64 bit. Dan prosesor ini sengaja dibuat untuk memenuhi media digital yang membutuhkan intensitas tinggi.

4 dari 4 halaman

Jenis Prosesor AMD

9. Jenis Prosesor AMD: AMD Opteron

Jenis prosesor ini ditujukan untuk menandingi prosesor Intel Xeon. Jika dibandingkan dengan Intel Xeon, AMD Opteron lebih unggul atau menang telak jika dilihat dari kinerja yang ditujunjukkan tiap watt yang digunakan seperti performance/watt. Namun AMD Opteron belum mampu menandingi efisiensi prosesor Intel Itanium.

10. Jenis Prosesor AMD: AMD Phenom

Jenis prosesor ini diluncurkan untuk menjawab permintaan pasar. Peluncuran ini bersamaan dengan peluncuran perdana dua jenis prosesor AMD Phenom II X6 (1055T dan 1090T). selain itu prosesor AMD juga mengenalkan chipset baru yakni 890GX/FX untuk menemani Phenom II X6 ini.

11. Jenis Prosesor AMD: AMD Cadiz

Jenis prosesor ini diluncurkan sekitar tahun 2008, AMD Cadiz ini adalah 4-core, shared L2 cache, DDR2/3, dan HyperTransport3.

12. Jenis Prosesor AMD: AMD Turion

Jenis prosesor ini memiliki kemampuan 64 bit dengan hemat daya yang lebih baik. Prosesor AMD jenis ini bersandi K8L. Jenis lainnya seperti AMD Turion 64 X2 Ultra, AMD Turion Ultra II, Turion II, AMD Zamora, AMD Greyhound, AMD dengan seri Quad Core.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.