Sukses

12 Tempat Wisata di Kota Surabaya, Bangunan Bersejarah hingga Alam

Tempat wisata di kota Surabaya menawarkan cukup banyak wisata pilihan yang dapat Anda dikunjungi. Tempat wisata di kota Surabaya ini juga memiliki berbagai pesona dan panaroma alam yang menakjubkan.

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata di kota Surabaya cukup banyak. Surabaya sebagai salah satu kota yang merupakan kota besar yang berada di Indonesia ini terletak di provinsi Jawa Timur. Selain dikenal sebagai Kota Pahlawan, dikenal pula dengan berbagai macam destinasi tempat wisata di kota Surabaya yang dapat Anda masukan ke dalam daftar tujuan saat berlibur.

Berbagai lokasi tempat wisata di kota Surabaya ini juga memiliki berbagai pesona dan panaroma alam yang menakjubkan, serta masih banyak juga tempat wisata di kota Surabaya yang tersembunyi. Tak heran masih banyak orang yang belum mengetahui tentang keindahan dan tempat yang menarik untuk dikunjungi yang ada di kota Surabaya.

Apabila Anda memiliki rencana untuk berlibur ke Surabaya, tempat wisata di kota Surabaya menawarkan cukup banyak wisata pilihan yang dapat Anda dikunjungi. Surabaya memang cukup jarang terdengar jika memiliki tempat wisata yang keren sebagai tujuan berlibur, namun ternyata Surabaya memiliki banyak sekali baik wisata alam seperti di kota besar lainnya.

Biar tidak penasaran apa saja tempat wisata di kota Surabaya yang dapat Anda kunjungi, berikut Liputan6.com telah merangkum berbagai tempat wisata di kota Surabaya yang dapat dijadikan tujuan wisata, Selasa (7/4/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tempat wisata di kota Surabaya yang bersejarah

1. Masjid Muhammad Cheng Ho

Bila Anda berkunjung ke tempat wisata di kota Surabaya ini, jangan lupa kunjungi Masjid Muhammad Cheng Ho. Anda akan mendapatkan lebih dari sekadar wisata rohani saja, melainkan Anda juga akan mendapatkan berbagai suguhan sejarah. Selain suguhan sejarah, Anda juga akan di beri suguhan arsitektur unik masjid yang tentunya sangat berbeda dengan masjid di Indonesia pada umumnya, karena masjid ini memiliki arsitektur khas Tiongkok.

Laksamana Cheng Ho merupakan jendral besar dari Cina. Petilasanya sangat banyak sekali dapat ditemukan di Indonesia. Selain di kota Surabaya, Anda dapat menemukan kuil Sam Po Kong di kota Semarang yang juga merupakan peninggalan Cheng Ho. Lokasi dari Masjid Muhammad Cheng Ho ini ada di Jalan Gading No.2, Genteng, Kota Surabaya.

2. Wayang Potehi di Klenteng Hong Tiek Hian

Selain Masjid Muhammad Cheng Ho, Anda juga dapat menikmati penampilan wayang potehi pada sore hari di Komplek Kelenteng Hong Tiek Hian. Klenteng Hoek Tiek Hian ini berwarna merah dengan arsitektur Tiongkok dengan lukisan naga hijau giok pada tiang gapuranya.

Wayang potehi sendiri merupakan wayang yang terbuat dari kain khas Ciina Selatan. Biasanya wayang potehi menceritakan tentang kisah kisah sejarah masyarakat Tionghoa. Jika Anda tertarik untuk ke lokasi wisata ini maka Anda bisa menuju ke Jalan Dukuh, Pabean Cantian, Kota Surabaya.

3. Museum Kapal Selam KRI Pasoepati 410

Museum ini merupakan museum kapal selam KRI Pasoepati 410. Kapal selam republik Indonesia tersebut merupakan kapal selam yang berjasa dalam operasi pembebasan Irian Barat. Setelah berhenti beroperasional, kapal selam ini akhirnya dijadikan wahana wisata sejarah di kota surabaya. KRI Pasoepati 410 tersebut adalah kapal selam yang dibuat oleh Uni Soviet pada tahun 1952.

Lokasi museum ini berada di Jalan Pemuda no.39, Genteng, Kota Surabaya. Monumen kapal selam dengan jenis ini hanya ada dua di seluruh dunia. Selain itu terdapat hal yang menarik dari kapal selam ini.

Periskop asli dari kapal selam ini seperti yang digunakan pada masa-masa tugas kapal, masih dapat dioperasikan. Selain itu ada juga pemutaran film di museum ini. Musem KRI Pasoepati 410 ini buka setiap hari pada pukul 08.00-22.00 WIB, dan dikenakan tiket berbayar untuk sekali masuk.

4. Balai Kota Surabaya

Salah satu tempat wisata di kota Surabaya yang terletak di Jalan Walikota Mustajab Surabaya, Genteng ini merupakan bangunan yang sangat bersejarah. Arsitektur dari Balai Kota Surabaya ini memang dibuat sejak jaman kolonial Belanda, dan keaslian bangunannya masih terjaga hingga saat ini.

Lokasi ini wajib untuk Anda kunjungi jika berkunjung ke kota Surabaya, karena tempat wisata di kota Surabaya ini merupakan bangunan ikonik dan sangat kental dengan Kota Pahlawan ini. Disini Anda juga bisa berfoto dan mengabadikan momen bersama keluarga saat di kota Surabaya. Oh, di Balai Kota Surabaya ini juga biasanya terdapat pameran.   

3 dari 3 halaman

Tempat wisata air dan alam di kota Surabaya

1. Atlantis Land Kenjeran Surabaya

Tempat wisata di kota Surabaya ini adalah salah satu wahana wisata air yang mantap untuk dikunjungi. Tempat wisata di kota Surabaya ini diresmikan pada tahun 2017.

Pembuatan wahana ini karena terinspirasi dari Universal Studio di Singapura. Lokasi tempat wisata ini berada di Jalan Sukolilo Larangan No.100, Kenjeran Park, Kota Surabaya.

Saat berada di salah satu tempat wisata di kota Surabaya ini, kita dapat menikmati beberapa wahana. Di antaranya berbagai kolam renang dan seluncuran air, museum Atlantis Land, dan masih banyak lagi fasilitas yang ditawarkan lainnya.

2. Pantai Kenjeran

Setelah puas bermain di Atlantis Land Kenjeran Surabaya, selanjutnya Anda bisa mencoba Pantai Kenjeran. Pantai Kenjeran yang terletak di daerah Timur Surabaya ini merupakan salah satu destinasi wisata yang cukup sering dikunjungi.

Pantai Kenjeran terbagi atas dua bagian, yaitu Pantai Kenjeran Baru dan Pantai Kenjeran Lama. Di Pantai Kenjeran Baru Anda akan menemukan beberapa wahana permainan seperti gokart, dan pacuan kuda. Sedangkan di Pantai Kenjeran Lama, kita dapat menikmati keindahan pantai secara alami seperti berenang, naik kapal, memancing, dan berbelanja ikan sepuasnya.

3. Hutan Mangrove Wonorejo

Hutan mangrove yang terletak di Jalan Monorejo Timur No 1, Surabaya ini merupakan salah satu wahana alam di kota Surabaya yang menjadi tempat terbaik untuk melepas penat selama beraktivitas dari keramaian kota. Selain itu, keindahan alam yang ditawarkan lokasi ini juga sangat menarik dan indah.

Di hutan ini juga terdapat beberapa jalan kecil terbuat dari kayu yang dapat dilewati jika ingin menyusuri hutan bakau ini. Selain hawanya yang segar, dengan keindahan alam yang dapat menghilangkan stres, wisata ini juga cocok jika dikunjungi bersama keluarga, terutama sebagai sarana untuk edukasi anak.

4. Hutan Bambu Keputih

Tempat wisaata di kota Surabaya yang selanjutnya yaitu Hutan Bambu Keputih. Hutan ini dikatakan memiliki keindahan yang hampir menyerupai Arashiyama Bamboo Forest di Jepang.

Hutan Bambu Keputih terletak di Jalan Raya Marina Asri, Sukolilo, Kota Surabaya. Di hutan ini kamu bisa berfoto di hutan bambu yang dulunya sempat dijadikan tempat pembuangan sampah.

5. Surabaya North Quay

Tempat wisata ini terletak di dekat Pelabuhan Tanjung Perak. Surabaya North Quay merupakan tempat wisata surabaya yang cocok untuk merenung memandangi keindahan lautan dan pelabuhan secara gratis, Tempat ini bisa Anda kunjungi pada siang hari di hari biasa dan pukul 9 pagi pada hari Minggu.

6. Air Mancur Menari

Air Mancur Menari berada di sepanjang pesisir Pantai Kenjeran. Pemandangan air mancur ini bisa Anda nikmati dari atas jembatan. Air mancur menari ini akan terlihat lebih indah jika dilihat pada malam hari. Slah satu yang membuat kagum yaitu lampu dan alunan musik yang seakan sedang mengiringi air mancur menari.

7. Kebun Bibit Surabaya

Jika Anda menacari lokasi wisata dengan udara yang sejuk, maka Anda bisa dating ke salah satu tempat wisata di kota Surabaya ini. Kebun Bibit ini berada di daerah Gubeng dan bisa Anda jadikan pilihan alternatif sebagai tujuan berlibur pada saat ke kota Surabaya.

Di sini Anda bisa menemukan pepohonan rimbun. Jika membawa anak kecil, maka lokasi ini sangat cocok, karena terdapat beberapa wahan permainan bagi anak kecil yang dapat dinikmati. Lokasi Kebun Bibit Surabaya ini terletak di Jalan Raya Manyar No.80A, Gubeng, Kota Surabaya.

8. Taman Bungkul

Taman Bungkul merupakan salah satu taman yang paling sering dikunjungi wisatawan. Taman yang ada di tengah-tengah kota Surabaya ini memang sudah cukup terkenal di kalangan masyarakat luas. Banyak spot cantik yang bisa Anda jadikan latar belakang untuk foto bersama keluarga maupun teman-teman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.