Sukses

Lahir di Tengah Pandemi Corona Covid-19, 6 Bayi Ini Diberi Nama Unik

Selama pandemi Corona Covid-19 tidak sedikit wanita yang mengandung dan melahirkan sang buah hati.

Liputan6.com, Jakarta Virus Corona Covid-19 yang berasal dari Wuhan, China sejak akhir tahun 2019 sudah menimbulkan kekhawatiran hampir di seluruh dunia. Tim medis, pemerintah dan seluruh lapisan masyarakat berupaya untuk memutus rantai penyebaran virus tersebut.

Semakin menyebarnya virus Corona Covid-19 ini membuat pemerintah harus menetapkan kebijakan untuk melindunig masyarakat dari penyebaran virus tersebut. Istilah-istilah baru pun mulai bermunculan. Seperti lockdown, social distancing, physical distancing, droplet atau percikan air liur, hingga obat chloroquine.

Selain itu, selama pandemi Corona tersebut tidak sedikit wanita yang mengandung sang buah hati. Stamina dan kesehatan harus ekstra dijaga oleh sang ibu agar anak yang dikandungnya selalu dalam keadaan sehat.

Virus Corona Covid-19 yang sudah merenggut banyak korban ini tentunya berakibat terhadap kondisi rumah sakit. Keterbatasan alat kesehatan pun menghambat proses pengobatan pasien. Selain itu, karena keterbatan ruang di rumah sakit, membuat para ibu hamil harus meninjau rumah sakit yang tersedia. Hal tersebut tentunya dilakukan sebelum masa kelahiran sang buah hati tiba.

Selama pandemi Corona, tidak sedikit ibu hamil yang melahirkan anaknya. Lahir di tengah pandemi Corona Covid-19 membuat para orang tua memberikan nama yang unik dan kreatif untuk sang buah hati. Nama yang diberikan tentunya berkaitan dengan istilah-istilah selama pandemi Corona Covid-19. Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang 5 nama bayi yang unik, Rabu (8/5/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Siva Korona

Selain dihebohkan dan dikhawatirkan karena penyebaran virus Corona, masyarakat juga dihebohkan dengan nama-nama bayi yang menggunakan istilah virus Corona. Salah satunya adalah ‘Siva Korona’.

Dilansir dari Twitter @oinkbundell, Siva Korona merupakan putri ketiga dari anak bapak Ciptoro (Tahu Aci). Bayi tersebut lahir pada tanggal 17 Maret 2020. Melihat hal ini, reaksi warganet pun bermunculan. Tidak sedikit warganet yang me-retweet postingan @oinkbundell ini.

3 dari 6 halaman

2. Vairus Abdul Covid

Nama unik bayi selanjutnya yang lahir di tengah pandemi Corona adalah Vairus Abdul Covid. Potret nama bayi tersebut diunggah di Twitter @fauzanalfi. Menurut unggahannya, bayi tersebut merupakan anak dari Bapak Yana dan Ibu Siti yang lahir pada tanggal 28 Maret 2020.

Pemilik akun tersebut dalam unggahannya mengungkapkan bahwa foto tersebut didapatkan dari linimasa Facebook. Selain itu, dia menerangkan bahwa sumber asli dari foto tersebut masih belum diketahui, sehingga tidak dapat dipastikan kebenarannya. Namun, pria tersebut menambahkan jika foto tersebut benar, semoga sang anak menjadi anak yang sholeh, berbakti kepada kedua orang tua, bangsa dan negara.

4 dari 6 halaman

3. Covid Bryant

Selain dari Indonesia, penamaan bayi dengan nama unik juga terjadi di Fillipina. Bayi tersebut diberi nama Covid Bryant. Pada tanggal 17 Maret 2020, pemilik akun Twitter @ninacayosa memosting tweet terkait nama seorang bayi yang berhubungan dengan istilah covid.

Dari keterangan yang dituliskannya, Covid Bryant merupakan anak perempuan yang dilahirkan pada tanggal 15 Maret 2020, bertepatan dengan pemerintah setempat mulai mengisolasi Kota Manila.

“Membaca pesan, di mana anak seorang pelayan melahirkan pada 15 Maret (tepat saat lockdown dimulai) dan kalian tidak pernah menduga mereka memberi nama anak lahir di Covid Bryant," tulis pemilik akun @ninacayosa pada laman Twitternya.

5 dari 6 halaman

4. Bayi Kembar Bernama Corona dan Covid

Nama bayi selanjutnya yang lahir di tengah pandemi Corona Covid-19 adalah Corona dan Covid. Seorang wanita bernama Preeti Verma melahirkan bayi kembarnya di tengah lockdown India. Preeti dengan selamat dan sehat melahirkan bayi kembar mereka berjenis kelamin laki-laki dan perempuan meski melalui operasi caesar. 

Bayi kembar tersebut dilahirkan di Dr BR Ambedkar Memorial Hospital pada tanggal 27 Maret 2020 dikutip dari NDTV. Preeti Verma adalah seorang wanita yang tinggal di Puranti Basi pun membagikan momen ketika dirinya melahirkan si kembar.

“Persalinan terjadi setelah menghadapi beberapa kesulitan dan oleh karena itu suami saya dan saya ingin menjadikan hari itu berkesan," ucapnya dikutip dari Sky News. Oleh sebab itu, bayi kembar Preeti Verma diberi nama Corona dan Covid.

Alasan Preeti Verma bersama sang suami memberikan nama Corona dan Covid karena persalinan yang dialami wanita India ini memang di tengah situasi sulit. India harus menghadapi virus Corona Covid-19 dan juga di tengah keputusan lockdown negara.

"Memang virus itu berbahaya dan mengancam jiwa tetapi wabahnya membuat orang fokus pada sanitasi, kebersihan, dan menanamkan kebiasaan baik lainnya. Jadi, kami memikirkan nama-nama ini," lanjut Preeti Verma.

6 dari 6 halaman

5. Lockdown

Nama bayi unik selanjutnya yang lahir di tengah pandemi Corona adalah Lockdown. Sepasang suami istri yang berasal dari Sheopur, Madhya Pradesh menamakan anak mereka yang baru lahir dengan nama Lockdown.

Dilansir Liputan6.com dari Siakapkeli.my pada Rabu (8/4/2020) bayi tersebut lahir di Pafa tanggal 6 April 2020. Menurut pasangan suami istri tersebut, mereka memberi nama Lockdown kepada bayi mereka untuk memperingati kejadian virus Corona Covid-19.

“Istri saya melahirkan  pada hari senin lalu. Apabila ingin membuat akta kelahiran, saya dan istri membuat keputusan untuk memberikan nama bayi ini, Lockdown,” jelas ayah bayi tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.