Sukses

9 Makanan Parkit agar Cepat Bertelur yang Mudah Didapatkan

Liputan6.com, Jakarta Makanan parkit agar cepat bertelur mungkin cukup banyak menjadi topik yang dicari bagi para pecinta jenis fauna ini. Memang menentukan makanan parkit agar cepat bertelur cukup sulit, terutama jika Anda baru saja memulai untuk memelihara jenis burung ini. Padahal berbagai macam makanan parkit agar cepat bertelur dapat dengan mudah Anda dapatkan di sekitar tempat tinggal Anda.

Jenis burung parkit merupakan jenis burung kicau yang memiliki warna bulu indah. Tidak heran jika jenis burung ini banyak digemari oleh pecinta burung di Indonesia. Selain karena suaranya yang indah serta bulunya uang menarik perhatian, burung parkit merupakan jenis burung yang cerdas, bahkan beberapa jenis burung parkit dapat menirukan bahasa manusia. Oleh sebab itu burung parkit perlu perhatian khusus, baik dari jenis makanan parkit agar cepat bertelur maupun kondisi kandang burung parkit tersebut.

Sebelum membahas lebih jauh tentang makanan parkit agar cepat bertelur, ada baiknya jika kita mengenal sedikit tentang jenis dari burung parkit tersebut. Burung parkit memiliki beberapa jenis, seperti, burung parkit Australia, lalu ada burung parkit lokal, dan jenis burung parkit Hollang atau Belanda, sesuai dengan nama daerah asal jenis burung parkit ini.

Untuk membudidayakan burung parkit dengan kualitas baik bukanlah hal yang sulit. Karena jenis burung ini cukup mudah untuk dipelihara. Namun karena keinginan untuk budidaya dari burung ini, maka banyak orang yang mencari apa jenis makanan parkit agar cepat bertelur.

Agar mempermudah Anda yang baru saja dalam memelihara burung parkit, maka berikut Liputan6.com telah merangkum apa saja makanan parkit agar cepat bertelur, Rabu (8/4/2020).

2 dari 4 halaman

Makanan Parkit agar Cepat Bertelur

1. Taoge

Taoge merupakan salah jenis makanan parkit agar cepat bertelur yang sangat mudah dalam menemukannya. Selain itu, taoge juga penting bagi parkit yang Anda pelihara. Dengan memberikan makanan ini, maka dipercaya dapat meningkatkan kesuburan dan fertilitas telur burung parkit, terutama kepada burung parkit yang sedang dalam masa kawin.

Taoge ini diharapkan mampu menghasilkan keturunan burung parkit yang sehat dan memiliki jumlah yang banyak. Kandungan toge berupa vitamin E juga membantu dalam mempertahankan alat reproduksi burung parkit, selain itu juga menjaga kesehatan kulit dan keindahan bulu pada burung parkit. Namun taoge sendiri disarankan hanya dijadikan makanan tembahan bagi burung parkit.

2. Daun Kemangi

Daun kemangi disarankan hanya dijadikan sebagai makanan tambahan. Dan dalam pemberiannya disarankan tidak setiap hari, cukup dalam waktu seminggu sekali saja. Manfaat daun ini bagi burung parkit yaitu agar burung tidak mengalami penyakit diare, yang dikhawatirkan dapat menyebabkan burung kekurangan cairan secara drastis.

3. Jagung

Umumnya hampir semua jenis burung parkit menyukai berbagai macam jenis biji-bijian, seperti jagung muda dan kuaci. Jenis dari jagung tersebut dapat yang berwarna kuning maupun yang warnanya sedikit kemerahan, karena kandungan pada jagung yaitu vitamin A baik untuk burung parkit. Selain mudah untuk mendapatkan makanan ini, harganya pun terbiang cukup murah.

3 dari 4 halaman

Makanan Parkit agar Cepat Bertelur

4. Kangkung

Jenis makanan parkit agar cepat bertelur ini sangatlah mudah untuk Anda dapat. Selain itu, harga dari makanan ini sangat murah, dan biasanya juga dijadikan makanan tambahan saja bagi burung parkit. Makanan ini merupakan salah satu makanan kesukaan burung parkit, oleh karena ini banyak peternak yang selalu menyediakan kangkung sebagai bahan makanan bagi burung parkit.

5. Buah-buahan

Selain jenis sayuran, burung parkit juga menyukai berbagai macam buah-buahan, seperti pir, apel, melon, kiwi, anggur, dan jeruk. Buah ini diberikan pada burung parkit karena kandungan nutrisinya seperti, vitamin C, A dan K serta berbagai kandungan mineral, seperti kalium dan mangan. Dalam memberi makan buah-buahan ke burung parkit, Anda jangan membiarkan buah-buahan tersebut lebih dari 2 jam, karena ditakutkan apabila buah tersebut terpapar bakteri dan tidak segar, sehingga berbahaya bagi burung parkit.

6. Jewawut

Yang satu ini merupakan jenis makanan yang paling disukai oleh burung parkit, yaitu biji jewawut. Di Indonesia, banyak sebutan bagi makanan ini, seperti otek atau lewawut. Jewawut biasanya disajikan beserta malai atau hanya bagian biji jewawutnya saja. Biji jewawut sangat mudah untuk didapatkan di pasar burung atau toko penjual pakan burung.

4 dari 4 halaman

Makanan Parkit agar Cepat Bertelur

7. Milet

Dari segi bentuk, sekilas milet hampir memiliki bentuk seperti jewawut. Tumbuhan ini juga disukai burung parkit, terutama yang berjenis parkit Australia. Milet memiliki butiran yang lebih besar, licin dan mengkilap dibandingkan jewawut. Milet sendiri memiliki dua warna, yaitu merah dan putih. Pembeda dari kedua jenis milet tersebut yaitu dari segi harga. Harga dari milet putih biasanya lebih murah dibandingkan dengan milet merah.

8. Pelet

Makanan parkit agar cepat bertelur yang terakhir yaitu pelet. Pelet yang diberikan haruslah memiliki kualitas yang bagus, dan sebisa mungkin menjadi makanan pokok burung parkit Anda. Tujuannya agar dapat menjaga kesehatan burung parkit kesayangan Anda. Butuh beberapa waktu agar burung parkit mau untuk mengonsumsi pelet ini, karena memang burung parkit menyukai jenis biji-bijian.

9. Vitamin dan Mineral

Selain pakan dari biji-bijian dan sayuran, burung parkit juga sangat perlu untuk diberi asupan vitamin tambahan. Pemberian vitamin tambahan ini dapat dicampurkan ke air minum dari burung parkit. Vitamin dapat dijumpai di pasar burung atau toko makanan burung. Selain itu jenis vitamin ini cukup banyak dan biasanya berbentuk serbuk. Vitamin ini berguna untuk meningkatkan fertilitas betina dan pejantan, sehingga dapat meningkatkan kualitas telur.

Setelah membaca artikel di atas cukup mudah bukan untuk memilih jenis makanan parkit agar cepat bertelur? Setelah Anda memahaminya ada baiknya untuk selalu memberikan takaran makanan yang secukupnya ya untuk burung parkit, karena banyak makan belum tentu banyak telurnya. Semoga berhasil.