Sukses

5 Makanan Burung Pleci Terbaik, Hasilkan Kicauan Merdu

Makanan burung pleci harus sangat diperhatikan.

Liputan6.com, Jakarta Makanan burung pleci harus diperhatikan agar tetap sehat. Burung yang berasal dari genus Zosterops ini menjadi hewan peliharaan favorit para pecinta burung. Meski berukuran kecil, burung pleci memiliki suara lantang dan merdu.

Burung pleci banyak dipelihara karena kualitas suaranya ini. Tak jarang, burung ini kerap diikutsertakan dalam kontes kicau burung. Maka dari itu, perawatan burung pleci harus benar-benar diperhatikan. Salah satu perawatan penting adalah memilih makanan burung pleci.

Untuk mendukung kicauan yang merdu dan gacor, makanan burung pleci tak boleh diabaikan begitu saja. Makanan burung pleci yang baik bisa membuat burung lebih sehat dan menghasilkan suara merdu.

Makanan burung pleci di habitat aslinya bisa berupa buah, sayur, dan serangga. Anda bisa menyiapkan makanan burung pleci ini untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya. Berikut jenis makanan burung pleci yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu(8/4/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Buah-buahan

Buah-buahan segar bisa menjadi makanan burung pleci setiap harinya. Buah-buahan mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan burung pleci. Vitamin dan mineral ini dapat mendukung pertumbuhan dan menambah stamina burung. Buah-buahan yang cocok menjadi makanan burung pleci diantaranya adalah:

- Pisang

- Apel

- Pir

- Jeruk

- Kelengkeng

- Wolfberry (goji berry)

Pastikan untuk memberikan buah-buahan segar pada burung. Buah-buahan tersebut bisa di mix atau dikombinasikan setiap hari agar burung tidak bosan. Segera ganti buah-buahan setelah terlihat mengering, karena buah yang mengering akan kehilangan vitamin dan mineralnya.

Sebelum diberikan pada burung, cuci bersih buah agar kandungan kimia seperti pestisida bisa hilang. Potong buah dengan ukuran kecil agar mudah dimakan oleh burung.

3 dari 7 halaman

Sayur-sayuran

Sama seperti buah-buahan, sayuran juga kaya vitamin dan mineral. Sayur-sayuran juga sangat disukai oleh burung pleci. Sayur-sayuran ini juga dipercaya bisa mempercantik bulu dan menjaga burung tetap sehat. Sayur-sayuran yang baik untuk makanan burung pleci diantaranya adalah:

- Timun

- Gambas

- Tomat

- Wortel

Sayur-sayuran ini bisa diberikan rutin pada burung pleci. Pastikan untuk memberikan sayuran yang benar-benar segar untuk menjaga kandungan vitamin dan mineral di dalamnya.

4 dari 7 halaman

Kacang-kacangan dan biji-bijian

Selain buah dan sayur, Anda juga bisa memberi burung pleci kacang dan biji-bijian. Kacang dan biji-bijian merupakan sumber protein nabati yang baik untuk pertumbuhan burung. Kacang dan biji-bijian ini bisa menjadi makanan pendamping burung pleci.

Kacang-kacangan dan biji-bijian akan memberi energi untuk burung. Burung akan menjadi lebih lincah dan sehat. Makanan ini bisa disertakan bersama buah-buahan atau sayuran.

Untuk kacang-kacangan, Anda bisa menggunakan kacang tanah, kedelai atau kenari. Anda bisa merebus kacang dan biarkan hingga dingin lalu berikan pada burung.

5 dari 7 halaman

Kecambah

Selain kacang-kacangan dan biji-bijian, Anda bisa memberi pendamping makanan burung pleci berupa kecambah. Kecambah juga kaya protein dan mineral yang dibutuhkan burung pleci.

Pastikan utnuk mencuci bersih kecambah yang dibeli. Anda juga bisa menumbuhkan kecambah sendiri agar kualitasnya lebih terjaga.

6 dari 7 halaman

Serangga

Selain makanan nabati, burung pleci juga bisa memakan serangga. Makanan burung pleci ini merupakan makanan tambahan untuk memenuhi kebutuhan protein burung. Anda bisa memberikan serangga berupa ulat kandang, ulat hongkong, jangkrik atau kroto. Semua makanan burung pleci ini banyak tersedia di toko kebutuhan hewan peliharaan.

Ulat kandang memiliki kandungan protein tinggi. Ulat ini bisa membuat burung memiliki kicauan yang lantang dan lincah. Sementara ulat hongkong dipercaya bisa membuat paruh burung pleci membuka lebar saat berkicau. Pemberian ulat ini disarankan 1 atau 2 kali saja dalam satu hari.

Untuk jangkrik biasa digunakan sebagai pendamping makanan agar burung lebih berstamina. Jangkrik juga dinilai dapat membuat burung berkicau lebih lama. Sama seperti jangkrik, kroto juga akan membuat burung pleci lebih sering berkicau. Teksur kroto yang lembut membuat makanan ini mudah dimakan pleci.

7 dari 7 halaman

Jenis-jenis burung pleci populer

Pleci Dada Kuning Mata Coklat

Ciri-ciri fisik dari jenis burung pleci dada kuning mata coklat ini adalah warna dada kuning, punggung kekuningan, iris mata coklat dengan lingkaran putih di luar mata, dan paruh hitam serta terdapat bulu hitam di sekitar pangkal paruh.

Pleci Dada Kuning Mata Putih

Ciri-ciri fisik dari jenis burung pleci dada kuning mata putih ini adalah dada dan punggung berwarna kuning, iris mata berwarna putih agak menonjol, ujung ekor dan sayapnya berwarna gelap, dan lingkaran putih di luar mata menyeruai kaca mata.

Pleci Kacamata Enggano

Ciri-ciri fisik dari jenis burung pleci Kacamata Enggano ini adalah tubuh bagian atas yaitu sayap hingga ekor berwarna kuning gelap kehijauan, dada abu-abu gelap sedikit bercampur warna kuning, iris dan paruh berwarna hitam, kaki keabu-abuan, dan semburat hitam di kepala.

Pleci Dahi Hitam

Ciri-ciri fisik dari jenis burung pleci Dahi Hitam adalah Dahinya berwarna hitam, dada keabu-abuan, punggung kuning kehijauan, dan paruh hitam sedangkan kaki keabu-abuan.

Pleci Auriventer

Ciri-ciri fisik dari jenis burung pleci Auriventer diantaranya adalah iris mata berwarna coklat, tubuh bagian bawah abu-abu pucat, tubuh bagian atas berwarna kekuning-kuningan, paruh itam sedangkan kaki berwarna keabu-abuan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.