Sukses

Cara Efektif Usir Penat dan Stres di Tengah Pandemi Corona

Banyaknya informasi mengenai wabah corona mau tak mau punya andil mempengaruhi kesehatan psikis sebagian orang.

Liputan6.com, Jakarta Banyaknya informasi mengenai wabah corona mau tak mau punya andil mempengaruhi kesehatan psikis sebagian orang. Informasi beredar cepat di media sosial dan televisi. Satu sisi, aliran informasi itu penting untuk membangun kewaspadaan, tapi disisi lain tak jarang membuat orang jadi panik dan stress.

Apalagi sekarang berlaku pembatasan sosial berskala besar. Setelah kegiatan sekolah diliburkan, bekerja dari rumah, dan psychical distancing, kini kegiatan peribadatan harus dilakukan di rumah, pembatasan transportasi dan mobilisasi hingga beredarnya anjuran untuk tidak mudik lebaran, banyak rutinitas berubah drastis akibat dampak pandemi corona membuat orang jadi gampang penat dan stress.

Namun perasaan itu harus dilawan, jangan biarkan menguasai pikiran kita yang malah merugikan diri sendiri. Berikut ini cara efektif mengusir rasa penat dan stres.

1. Akses informasi secara sehat

Semakin banyak berita negatif yang dikonsumsi akan membuat pikiran kita cenderung negatif, jadinya mudah panik dan stress. Sebaiknya perbanyak informasi yang positif, valid dan tidak hoax. Jangan hanya membaca dan share tapi verifikasi dari sudut pandang atau sumber berita lain. Kabar baiknya, kini akses informasi seputar Covid-19 dan tips-tips menjaga kesehatan juga dapat diakses dari aplikasi DANA

Setelah merasa cukup mendapatkan informasi baru, cobalah satu jam sebelum tidur sebaiknya tidak bermain medsos dan menonton televisi agar istirahat lebih nyenyak. Anda bisa memilih untuk membaca, mengobrol atau menelpon teman.

2. Lebih aktif dan produktif

Stres adalah tekanan dari dalam pikiran. Saat tubuh dan fisik Anda aktif melakukan aktivitas, secara tidak langsung hal ini akan memperbaiki sistem otak Anda. Selain aktif menyelesaikan pekerjaan kantor dari rumah, Anda juga tetap bisa berolahraga, beres-beres rumah, dekorasi rumah, lakukan hobi Anda, belajar hal baru yang sebelumnya tidak pernah terpikirkan dan sebagainya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Interaksi sosial secara online

Biasanya pergi ke kantor, bertemu rekan-rekan kerja atau ke mall main sama teman-teman, sekarang harus di rumah saja. Jangan jadikan social distancing sebagai tembok yang menghalangimu untuk tetap berinteraksi dengan orang sekitar. Buat jadwal rutin teleconference, jangan hanya komunikasi via chat saja. Melihat satu sama lain saling mengobrol juga dapat mengusir rasa penat dan stres. Terpenting juga, jangan putus komunikasi dengan keluarga dan orang terdekat. Mempertahankan koneksi yang kuat akan membantu Anda merasa didukung dan dikelilingi oleh energi baik dan positif.

4. Pola hidup sehat

Pola hidup sehat menjadi kunci penting untuk dapat menjaga pikiran tetap sehat, terhindar dari penat dan stres. Pola bangun pagi, mandi pagi, sarapan sehat, olahraga, bersantai dan tidur cukup tetap harus Anda pertahankan. Lakukan peregangan jika badan mulai terasa kaku dan pegal-pegal. Saat break, bersantailah sambil mendengarkan musik dan menonton film.

3 dari 3 halaman

5. Konsumsi Makanan penghilang stres

Makanan penghilang stres mungkin terdengar terlalu manis untuk jadi kenyataan. Namun jangan salah, dalam dunia kesehatan, ternyata makanan penghilang stres benar-benar nyata adanya. Bagi Anda yang akhir-akhir ini sedang dilanda stres, mari coba beberapa makanan mulai dari roti gandum, pasta, sereal hingga oatmeal di pagi hari. Makan sayur bayam, brokoli dan buah-buahan seperti jeruk, alpukat, dan blueberry. Minum teh dan minum susu segar.

Ingin mendapatkan makanan di atas dengan mudah tanpa harus keluar rumah? Kamu belanja online kebutuhan pangan melalui website aplikasi HappyFresh. Bagi pengguna dompet digital DANA, belanja di HappyFresh memberikan banyak keuntungan. Melalui HappyFresh, pengguna DANA dapat memesan barang-barang kebutuhannya, antara lain di Ranch Market, Farmers Market, Grand Lucky, Lotte Mart, HERO Supermarket, Giant, Transmart Carrefour, AEON, The FoodHall, Superindo, TIP TOP, Hokky Surabaya, Rezeki Fresh Market, Frestive, Papaya Fresh Gallery, Capital Fruit, dan Market City.

Setelah memilih produk-produk yang ingin dibeli, pengguna DANA dan pelanggan HappyFresh dapat melakukan pembayaran digital nontunai menggunakan dompet digital DANA. Sebagai proses lanjutan, HappyFresh akan mengirimkan produk-produk pesanan yang freshly handpicked melalui layanan antar yang cepat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.