Sukses

7 Manfaat Daun Selada Air untuk Kesehatan, Jaga Kesehatan Tulang

Manfaat daun selada air dipengaruhi oleh kandungan nutrisinya yang dapat menambah kecukupan zat gizi dalam tubuh.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat daun selada air dipengaruhi oleh kandungan nutrisinya yang dapat menambah kecukupan zat gizi dalam tubuh. Daun selada air memiliki diameter daun yang lebih kecil dengan warna hijau tua, berbeda dengan daun selada biasanya.

Menurut Data Komposisi Pangan Indonesia milik Kementerian Kesehatan RI, dalam 100 gram (gr) daun selada dapat menyumbang sebanyak 17 kalori energi, 2,2, gr karbohidrat, 3,1 gr protein, dan 0,7 gr serat. 

Manfaat daun selada air untuk kesehatan juga bisa didapatkan dari kandungan beragam vitamin dan mineral. Vitamin B, vitamin C, serta vitamin K, hingga mineral seperti kalsium, fosfor, zat besi, natrium, kalium, tembaga, dan seng membuatnya semakin kaya nutrisi.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (9/4/2020) tentang manfaat daun selada air untuk kesehatan dan kandungannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mencegah Kanker dan Menjaga Kesehatan Jantung

Mencegah Kanker

Manfaat daun selada air untuk kesehatan yang pertama adalah dapat mencegah kanker. Hal ini berkaitan dengan kandungan senyawa phytochemical dan isothicyanate, yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit kanker dengan cara menjaga sel-sel tubuh.

Selain itu, kedua senyawa tersebut juga dapat menghalangi senyawa karsinogenik penyebab penyakit, serta mencegah pertumbuhan dan penyebaran tumor.

Bahkan beberapa penelitian membuktikan bahwa senyawa isothiocyanates dalam daun selada air mampu mencegah terjadinya kanker usus, prostat, paru, dan kulit, seperti dilansir dari Healthline.

Penelitian lain dalam Toxicology and Applied Pharmacology, menyebutkan bahwa senyawa isothiocyanates dan sulforaphane dalam daun selada air bisa menekan kemunculan sel kanker payudara.

Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat selada air selanjutnya adalah dapat menjaga kesehatan jantung. Beta karoten, zeaxanthin, dan lutein yang terkandung dalam selada air kerap kali dihubungkan dengan pencegahan penyakit jantung dan tekanan darah tinggi.

Selain itu, menurut Mediators of Inflammation Journal, jumlah senyawa karotenoid yang tinggi seperti yang ada dalam selada air tersebut juga dapat menurunkan risiko serangan jantung dan stroke.

Selada air merupakan pilihan makanan yang tepat karena biasa membantu menurunkan kolesterol tubuh, yang secara langsung memengaruhi fungsi jantung.

3 dari 4 halaman

Menangkal Radikal Bebas dan Menurunkan Tekanan Darah

Menangkal Radikal Bebas

Selain itu, manfaat selada air berikutnya dipengaruhi oleh kandungan antioksidan yang melimpah. Antioksidan merupakan senyawa yang bertugas untuk melindungi tubuh dari serangan radikal bebas. Terlalu banyak terpapar radikal bebas, berisiko menimbulkan berbagai penyakit kronis yang berbahaya.

Selada air memiliki lebih dari 40 jenis flavonoid yang merupakan antioksidan yang umumnya terkandung dalam tumbuhan. Jumlahnya pun tergolong tinggi dibandingkan jenis sayuran lainnya, sehingga dinilai ampuh untuk menetralisir efek dari radikal bebas.

Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat daun selada air berikutnya adalah untuk menurunkan tekanan darah. Kandungan nitrat dalam daun selada air ini mampu meningkatkan jumlah oksida nitrat dalam darah. Itu sebabnya, tekanan darah yang tinggi nantinya akan menurun secara berangsur-angsur.

Selain itu, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan oleh British Journal of Clinical Pharmacology, makanan yang mengandung nitrat, seperti selada air, terbukti dapat melebarkan pembuluh darah sekaligus melancarkan kerja pembuluh darah yang kaku

4 dari 4 halaman

Menjaga Kesehatan Mata, Tulang, dan Kulit

Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat daun selada air selanjutnya adalah untuk menjaga kesehatan mata. Sebuah penelitian yang dimuat dalam Acta Ophthalmologica Journal, menjelaskan bahwa kandungan vitamin C dalam selada air bisa menurunkan risiko seseorang mengalami katarak.

Selain katarak, senyawa antioksidan lutein dan zeaxanthin yang ada di selada air juga dapat mencegah perkembangan penyakit degenerasi makula, yaitu gangguan mata yang dapat memengaruhi kemampuan untuk melihat. Penyakit ini dapat menyerang seiring bertambahnya usia, yang kebanyakan dialami ketika seseorang sudah menginjak usia lebih dari 60 tahun.

Menjaga Kesehatan Tulang

Daun selada air mengandung vitamin K, kalsium, magnesium, kalium, hingga fosfor yang baik untuk kesehatan tulang. Maka dari itu, kamu bisa menggunakan manfaat daun selada air ini untuk menjaga kesehatan tulangmu.

Vitamin K bertugas untuk mempercepat penyerapan kalsium, mengurangi ekskresi kalsium dalam urin, serta sebagai salah satu komponen osteocalcin yang merupakan protein pembentuk jaringan tulang sehat.

Mempercantik Kulit

Manfaat daun selada air berikutnya adalah untuk mempercantik kulit. Selada air adalah sayuran yang kaya zat antioksidan. Kandungan mineral dengan vitamin C di dalamnya dapat menghilangkan racun dan mempercantik kulit.

Sebuah penelitian di tahun 2012 menemukan bahwa 10 dari 11 wanita yang rajin makan selada air memiliki kondisi kulit yang cantik dan sehat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini