Sukses

Termasuk Glenn Fredly, Ini 6 Artis yang Pernah Idap Penyakit Meningitis

Liputan6.com, Jakarta Dunia hiburan Tanah Air sedang berduka setelah kehilangan musisi terbaik Tanah Air, Glenn Fredly. Glenn mengembuskan napas terakhir di usia 44 tahun. Ia meninggal dunia pada Rabu (8/4/2020) pukul 18.30. Pemilik nama lengkap Glenn Fredly Deviano Latuihamallo ini meninggal karena penyakit meningitis.

Penyakit meningitis merupakan infeksi yang terjadi pada selaput yang melindungi otak dan saraf sumsum belakang. Infeksi meningitis pada selaput otak biasanya karena bakteri, virus atau jamur. Gejala penyakit ini yakni sakit pada kepala, leher kaku serta demam tinggi.

Sebelum Glenn Fredly, ada beberapa selebritas Tanah Air yang mengidap penyakit meningitis. Ada yang meninggal dunia, ada pula yang sembuh. Seperti diketahui salah satu seleb yang meninggal adalah Olga Syahputra. Pada saat itu, Olga sangat gigih melawan penyakitnya tersebut, meskipun pada akhirnya ia menyerah.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, seleb yang pernah mengidap penyakit meningitis selain Glenn Fredly, Kamis (9/4/2020).

2 dari 7 halaman

1. Olga Syahputra

Olga Syahputra mengembuskan napas terakhirnya pada 27 Maret 2015. Ia didiagnosa menderita penyakit meningitis dan sudah menjalani beberapa pengobatan. Kakak Billy Syahputra ini bahkan juga sempat berobat ke Jerman. 

Setelah kondisi tak kunjung membaik, Olga akhirnya memutuskan menjalani pengobatan secara intensif di Rumah Sakit Mount Elizabeth, Singapura hingga tutup usia. Olga didiagnosa idap penyakit meningitis karena faktor utama yakni kelelahan bekerja.

3 dari 7 halaman

2. Giska Putri Sahetapy

Giska Putri Sahetapy, putri pasangan Dewi Yull dan Ray Sahetapy juga didiagnosa menderita penyakit mengingitis. Giska sempat dirawat di Rumah Sakit Dr Suyoto, Jakarta Selatan. Giska mengembuskan napas terakhir pada 11 januari 2010 pada usia 28 tahun.

4 dari 7 halaman

3. Endra Armada

Endra Armada melawan penyakit meningitisnya sejak 8 tahun yang lalu. Akibatnya pada 2018, Endra memutuskan untuk fokus menjalani pengobatannya dan menghentikan aktivitas band bersama Armada. Hingga sekarang, Endra masih berusaha melawan penyakit meningitisnya.

5 dari 7 halaman

4. Juwita Bahar

Juwita Bahar juga pernah didiagnosa mengidap penyakit meningitis pada 2010 lalu. Bahkan Juwita sempat alami koma selama 15 hari. Dengan penanganan dan pengobatan yang tepat, Juwita Bahar bisa diobati dan sembuh.

Penyebab perempuan berusia 24 tahun ini mengidap mengingitis karena menjalani diet selama dua tahun. Selain itu, Juwita juga kelelahan karena kegiatan syuting.

6 dari 7 halaman

5. Ashanty

Ashanty, penyanyi sekaligus istri Anang Hermansyah pernah didiagnosa menderita meningitis pada 2013. Pada saat itu, Ashanty mengeluhkan sakit di bagian kepala. Sakit tersebut terasa terus menerus hingga akhirnya didiagnosa menderita penyakit meningitis. Namun berkat penanganan yang tepat, ibu dari Arsy bisa sembuh dari meningitis.

7 dari 7 halaman

6. Glenn Fredly

Duka mendalam sedang menyelimuti industri musik Tanah Air. Glenn Fredly tutup usia setelah didiagnosa menderita penyakit meningitis. Penyakit meningitis yang diderita Glenn menurut Armand Maulana sudah diderita sejak lama. Karena penanganan yang kurang tepat dan posisi rumah sakit sedang penuh karena Corona Covid-19, Glenn diputuskan dirawat di rumah dengan alat yang kurang memadai.

"Sudah lama punya penyakit ini, kemarin harusnya opname. Terus karena keadaan rumah sakit lagi chaos karena covid (COVID-19, -red), ya dibawa ke rumah. Nah, mungkin di rumah alat dan penanganan kurang memadai," kata Armand Maulana seperti Liputan6.com kutip dari Merdeka, Kamis (9/4/2020).