Sukses

40 Kata Mutiara Imam Syafi'i Bahasa Arab dan Artinya yang Perlu Direnungkan

Liputan6.com, Jakarta Kata mutiara Imam Syafi’i Bahasa Arab dapat kamu gunakan sebagai bahan renungan. Sebagai salah seorang imam besar pendiri mazhab fiqih yang disebut dengan mazhab syafi’i, tidak heran kata-katanya menjadi panutan banyak orang di seluruh dunia. 

Kata mutiara Imam Syafi’i Bahasa Arab membahas banyak hal dalam kehidupan, seperti tentang ilmu, ibadah, cinta dan hubungan antar manusia. Tentunya kata-kata Imam Syafi'i yang juga seorang sastrawan dan penyair besar sangat disegani hingga saat ini.

Kata mutiara Imam Syafi’i Bahasa Arab dapat kamu jadikan panutan dalan kehidupan. Sebagai sosok yang dihormati dan diakui kecerdasannya oleh banyak kalanganm kamu dapat menjadikan kata-kata Imam Syafi’i ini sebagai pedoman dalam menjalani berbagai hal.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (9/4/2020) tentang kata mutiara imam syafi'i bahasa arab

2 dari 5 halaman

Kata Mutiara Imam Syafi'i Bahasa Arab

Berikut beberapa kata mutiara Imam Syafi'i Bahasa Arab dan artinya:

1. Arfa’i alnaas qadraan min la yaraa qadraha, wa'aktharuhum fadlana min la yaraa fadlh.

“Orang paling tinggi kedudukannya diantara manusia adalah orang adalah yang tidak pernah melihat kedudukannya. Orang paling banyak keutamaannya adalah yang tidak pernah melihat keutamaannya.”

2. Tafiqqoh qabla 'an traas, fa'iidha ra'asat fala sabil 'iilaa altafiqqoh.

“Perdalamlah ilmu agama sebelum kau menjadi pemimpin, karena saat kau menjadi pemimpin maka tak ada lagi waktu untuk mendalami ilmu.”

3. Taellm falays almar' yualid ealimaan | walays 'akhu eilm kaman hu jahil.

“Belajarlah! Karena tak seorang pun yang terlahir sebagai Ulama… Dan tidaklah sama orang yang berilmu dengan orang yang bodoh…”

4. 'iidha natiq alsifyah fala tajibih | fakhayr min ajaabatih alsaku

“Jika orang bodoh mengoceh tak perlu kau jawab… Karena jawaban terbaik adalah diam”

5. Min waeaz 'akhah sirana, faqad nashih wazanaha, wamin waeizah ealaniatan, faqad fadahah wakhanah.

“Barangsiapa menasehati saudaranya ketika sendirian berarti ia mencintainya, barangsiapa menasehatinya dalam keramaian berarti ia membongkar aib dan mengkhianatinya.”

6. "Jika kamu tidak tahan terhadap penatnya belajar, maka kamu akan menanggung hinanya kebodohan"

7. “Jadikanlah diam sebagai sarana atas pembicaraanmu, dan tentukan sikap dengan berfikir.”

8. “Orang bodoh yang berakal nilainya sama dengan orang cerdas yang pelupa.”

9. "Ilmu itu seperti air. Jika ia tidak bergerak, maka ia akan menjadi keruh lalu membusuk"

10. "Orang yang pandai akan bertanya tentang apa yang ia ketahui dan tidak ia ketahui. Dengan menanyakan apa yang ia ketahui, maka ia akan semakin mantap, dan dengan menanyakan apa yang belum ia ketahui, maka ia akan menjadi tahu. Sementara orang bodoh itu meluapkan kemarahannya karena sulitnya ia belajar, dan ia tidak menyukai pelajaran."

3 dari 5 halaman

Kata Mutiara Imam Syafi'i Bahasa Arab

Berikut beberapa kata mutiara Imam Syafi'i Bahasa Arab dan artinya:

1. min adaiaa 'anah jami’ bayn hubi aldunya wahaba khaliqiha fi qalbih faqad kadhab

“Barangsiapa mengaku dapat menggabungkan dua cinta dalam hatinya, yaitu cinta dunia sekaligus cinta Allah, maka dia telah berdusta.”

2. Ashabi sayuthqil albadn, wayuqsi alqulba, wayuzil alfatanata, wayujlib alnuwma, wayadoif ‘an al’aibada

“Kekenyangan dapat memberatkan badan, mengeraskan hati, mengusir kecerdasan, mengundang tidur dan melemahkan semangat ibadah”

3. ahfuz lisanak 'ayuha al'iinsan | la yldghnnk anh theban

“Jagalah lidahmu wahai manusia, jangan sampai ia mematukmu karena ia adalah ular.”

4. "Aku mampu berhujah dengan 10 orang berilmu, tapi aku akan kalah pada satu orang yang jahil (bodoh) karena ia tidak tahu akan landasan ilmu."

5. "Besarnya rasa takut itu sesuai dengan kapasitas ilmunya."

6. "Ilmu itu bukan yang dihafal, tetapi yang memberi manfaat."

7. "Andaikan aku ditakdirkan mampu menyuapkan ilmu kepadamu, pasti kusuapi engkau dengan ilmu."

8. "Betapa aku senang, jika semua ilmu yang aku ketahui dimengerti oleh semua orang. Maka dengannya aku mendapat pahala, meskipun mereka tidak memujiku."

9. “Maka, berpikirlah sebelum menentukan suatu ketetapan, atur strategi sebelum menyerang, dan musyawarahkan terlebih dahulu sebelum melangkah maju ke depan.”

10. "Tiada kesusahan yang kekal, tiada kegembiraan yang abadi, tiada kefakiran yang lama, tiada kemakmuran yang lestari."

4 dari 5 halaman

Kata Mutiara Imam Syafi'i Bahasa Arab

Berikut beberapa kata mutiara Imam Syafi'i Bahasa Arab dan artinya:

1. kafaa bialeilm fadilat 'ana yudaeiyah min lays fiha, wayafrah 'iidha nisab 'iilayh

“Cukuplah ilmu menjadi sebuah keutamaan saat orang yang tak memiliki mengaku-ngaku memilikinya dan merasa senang jika dipanggil dengan gelar ilmuwan.”

2. Wakafaa bialjahl shina 'an yatabaraa minh man hu fih, wayughdib 'iidha nisab 'iilayh

“Cukuplah kebodohan menjadi aib saat orang yang bodoh merasa terbebas darinya dan marah jika digelari dengannya.”

3. “Pilar kepemimpinan itu ada lima: perkataan yang benar, menyimpan rahasia, menepati janji, senantiasa memberi nasihat dan menunaikan amanah.”

4. “Pekerjaan terberat itu ada tiga: Sikap dermawan di saat dalam keadaan sempit, menjauhi dosa di kala sendiri, berkata benar di hadapan orang yang ditakuti. ”

5. "Kebaikan itu ada di lima perkara: kekayaan hati; bersabar atas kejelekan orang lain; mengais rezeki yang halal; taqwa; dan yakin akan janji Allah SWT"

6. "Sebaik-baik harta simpanan adalah taqwa, dan sejelek-jeleknya adalah sikap permusuhan."

7. "Terlalu keras dan menutup diri terhadap orang lain akan mendatangkan musuh, dan terlalu terbuka juga akan mendatangkan kawan yang tidak baik. Maka posisikan dirimu di antara keduanya."

8. "Menghindarkan telinga dari mendengar hal-hal yang tidak baik merupakan suatu keharusan, sebagaimana seseorang mensucikan tutur katanya dari ungkapan buruk."

9. "Berapa banyak orang yang telah berbuat kebajikan kepadamu yang membuatmu terbelenggu dengannya, dan berapa banyak orang yang memperlakukanmu dengan kasar dan ia memberi kebebasan kepadamu."

10. “Marahnya orang yang mulia bisa terlihat dari sikapnya, dan marahnya orang yang bodoh terlihat dari ucapan lisannya.”

5 dari 5 halaman

Kata Mutiara Imam Syafi'i Bahasa Arab

Berikut beberapa kata mutiara Imam Syafi'i Bahasa Arab dan artinya:

 1. ma 'ahad 'iilaa walah mahabun wamubghadan, fa'iina kan la bd min dhulka, falaykun almar' mae 'ahl taeat allah eazun wajlin.

“Setiap orang pasti ada yang mencintai dan ada yang membenci, karena engkau tidak dapat menghindar dari hal tersebut… maka bergabunglah bersama orang-orang yang ta’at kepada Allah”

2. Azzalam alzaalimin linafsiha: min tawadae liman la yakarumuha, waraghab fi mawadat min la yanfaeuha, waqabl madh min la yuerifuh.

“Orang paling tertipu adalah: yang merendah di hadapan orang yang tidak menghargainya, yang mencintai orang yang tidak bermanfaat baginya, yang bangga dengan pujian orang yang tidak mengenalnya.”

3. Bis alzaadi 'iilaa almaead aleudwan ealaa aleabad.

“Bekal paling merugikan untuk di bawa ke akhirat adalah permusuhan.”

4. "Doa di saat tahajud adalah umpama anak panah yang melesat tepat mengenai sasaran."

5. "Silakan hina diriku sepuas kalian, aku akan tetap diam saja. Bukannya aku tidak punya jawaban, tapi singa tidak akan membalas gonggongan anjing."

6. “Singa jika tidak keluar dari sarangnya, ia tidak akan mendapatkan makanan. Begitu juga dengan anak panah, jika tidak meluncur dari busurnya, anak panah tersebut tidak akan mengenai sasaran.”

7. "Biarlah mereka bersikap bodoh dan menghina, dan tetaplah kita bersikap santun. Gaharu akan semakin wangi ketika disulut api."

8. "Engkau takkan mampu menyenangkan semua orang. Karena itu, cukup bagimu memperbaiki hubunganmu dengan Allah, dan jangan terlalu peduli dengan penilaian manusia."

9. "Banyak orang yang telah meninggal, tapi nama baik mereka tetap kekal. Dan banyak orang yang masih hidup, tapi seakan mereka orang mati yang tak berguna."

10. "Jadikan akhirat di hatimu, dunia di tanganmu, dan kematian di pelupuk matamu."