Sukses

7 Aksi Nyata Glenn Fredly Peduli Sesama, Sering Galang Dana untuk Korban Bencana

Liputan6.com, Jakarta Industri hiburan Tanah Air kembali dikejutkan dengan kabar meninggalnya musisi terbaik Indonesia, Glenn Fredly. Pelantun ‘Kasih Putih’ yang memiliki nama lengkap Glenn Fredly Deviano Latuihamallo meninggal dunia pada Rabu (8/4/2020), pukul 18.47 WIB di Rumah Sakit Setia Mitra, Cilandak, Jakarta Selatan. 

Glenn Fredly meninggal dunia dalam usia 44 tahun karena mengidap penyakit meningitis. Kabar meninggalnya seniman terbaik Indonesia ini menimbulkan kesedihan mendalam bagi kerabat, keluarga, dan tentunya seluruh masyarakat Indonesia.

Glenn Fredly meninggalkan seorang Istri yang bernama Mutia Ayu dan putri semata wayangnya, Gewa Atlana Syamayim Latuihamallo. Baby Gewa ditinggalkan sang ayah selama lamanya saat baru berusia 40 hari.

Semasa hidupnya, Glenn Fredly adalah sosok yang peduli sesama. Para rekan artis pun merasakan kebaikan Glenn Fredly selama hidupnya. Aksi-aksi peduli sesama pun kerap dilakukan Glenn Fredly untuk memberikan bantuan kepada orang yang membutuhkan. Salah satu aksi yang baru-baru ini dilakukan Glenn Fredly adalah membuka donasi untuk melawan covid-19.

Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang aksi mulia yang pernah dilakukan Glenn Fredly, Kamis (9/4/2020).

2 dari 8 halaman

1. Glenn Fredly merupakan salah satu musisi yang selalu memikirkan dan memperjuangkan kemajuan musik Tanah Air.

Glenn Fredly, selaku pelaku di industri musik merasa prihatin dengan kondisi musikus saat ini. Ia ingin menyejahterakan para musikus. Untuk itu, Glenn Fredly meluncurkan aplikasi bernama MusikBagus. Aplikasi ini dibuatnya untuk menunjang platform ekosistem musik digital. Glenn Fredly melihat industri musik yang ada selama ini masih mengutakan kuantitas, bukan kualitas.

Melalui aplikasi yang dibuatnya, Glenn Fredly berharap keinginannya untuk menyejahterakan para musikus bisa terwujud. Dilansir dari Liputan6.com Glenn Fredly pernah mengungkapkan bahwa menyejahterakan musisi dan membangun industri yang sehat, ini penting untuk kelangsungan generasi pemusik kita, jadi konsep pembagian hasil itu di balik.

3 dari 8 halaman

2. Glenn Fredly membuka link donasi untuk membantu masyarakat dalam melawan virus covid-19.

Baru-baru ini mendiang Glenn Fredly melakukan aksi untuk membuka donasi melawan covid-19. Glenn Fredly mengajak masyarakat untuk membantu masyarakat yang kurang mampu di tengah penyebaran virus corona covid-19. “Rasa kemanusian yang lahir dari ketulusan hati, pasti akan menemukan jalan harapan bagi semua.” Ungkap Glenn Fredly di akun Instagram miliknya pada tanggal 18 Maret 2020 lalu.

4 dari 8 halaman

3. Selain membuka donasi atas nama pribadi, Glenn Fredly bersama Najwa Shihab juga seluruh musisi tanah air, melakukan aksi konser amal ‘Di Rumah Aja’.

Baru-baru ini Najwa Shihab mengajak musisi Indonesia untuk melakukan konser amal ‘Di Rumah Aja’. Glenn Fredly pun ikut berpartisipasi dalam konser amal tersebut.  Dalam postingan Najwa Shihab, Glenn Fredly terlihat menyanyikan lagu rumah kita sambil bermain piano.

"…Terakhir kami berkontak minggu lalu. Memintanya merekam video ini dan mengajaknya ikut konser musik amal #dirumahaja…” Tulis Najwa Shihab di akun Instagramnya pada tanggal 8 April 2020. 

5 dari 8 halaman

4. Aksi penggalangan dana, untuk membantu masyarakat Sulawesi Tengah yang terkena dampak bencana

Glenn Fredly merupakan sosok yang selalu mengajak seluruh masyarakat berpartisipasi membantu sesama. Saat gempa bumi mengguncang Palu dan Donggala, Glenn Fredly melakukan aksi penggalangan dana untuk Sulawesi Tengah.

“Ini foto semalam sebelum berakhir acara penggalangan dana, Total terkumpul akhirnya RP 18.144.316.147,- , 18 Milyar lebih!!...Terimakasih para pendonasi dan kerjasama luar biasa dari teman-teman musisi dan penyanyi, tim produksi, relawan serta panitia kolaborasi lintas disiplin penyelenggara Gala Dana kemarin malam di Kemang Village, Jakarta Selatan..Mari kita salurkan dengan tepat kepercayaan dari semua pihak ini untuk saudara-saudara kita di Sulawesi Tengah... Semesta memberkati semua.” Ungkap Glenn Fredly dalam akun Instagram miliknya pada tanggal 6 Oktober 2018.

6 dari 8 halaman

5. Aksi Mulia Glenn Fredly untuk mendukung kota Ambon menjadi kota musik pertama di Asia Tenggara.

Glenn Fredly juga kerap kali mendukung aksi-aksi yang berkaitan dengan kesejahteraan musik. Salah satunya yakni Glenn Fredly pernah mendukung kota Ambon menjadi kota musik pertama di Asia Tenggara.

Karena kerja keras seluruh masyarakat ambon, kota ambon pun dinobatkan sebagai kota musik pertama di Asia Tenggara. “Selamat masyarakat kota Ambon! Kerja keras banyak pihak membuahkan hasil kota Ambon menjadi kota pertama di Asia Tenggara yang masuk dalam jaringan sebagai kota musik dunia oleh UNESCO.. Ini adalah berkah dan harapan baru bagi masyarakat kota Ambon di tengah peristiwa fenomena alam ( gempa ) yang terjadi…” tulis Glenn Fredly di akun Instagramnya pada tanggal 31 Oktober 2019.

7 dari 8 halaman

6. Glenn Fredly juga merupakan sosok yang selalu mendukung tentang perlindungan dan penegakan HAM. Salah satunya mendukung agenda HAM untuk menghormati perempuan dan anak.

Glenn Fredly juga merupakan sosok yang peduli akan perlindungan dan penegakan Hak Asasi Manusia (HAM). “Indonesia memiliki banyak pasal, kebijakan dan praktik diskriminatif terhadap perempuan yang melanggengkan stereotip gender. Pemerintah dan parlemen harus mendukung kesetaraan gender serta mencabut atau mengamandemen aturan yang bermasalah. Junjung tinggi hak perempuan dan anak perempuan…” Tulis Glenn Fredly di Akun Instagramnya saat mendukung agenda HAM untuk menghormati perempuan dan anak, pada tanggal 18 April 2019.

8 dari 8 halaman

7. Musikus yang aktif menyuarakan perlawanan terhadap korupsi.

Semasa hidup, Glenn merupakan salah satu musikus yang aktif menyuarakan pemberantasan korupsi. Glenn Fredly terang-terangan menyatakan dukungannya terhadap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Dilansir dari Liputan6.com Glenn Fredly pernah menyuarakan keprihatinannya saat Ketua KPK Abraham Samad menjadi tersangka oleh kepolisian untuk kasus dugaan pemalsuan dokumen. Dia kepada pemerintah tetap memikirkan kelangsungan KPK.

Glenn bahkan pernah menyambangi Gedung KPK pada 14 September 2015. Kedatangannya untuk memenuhi undangan dari salah satu Pelaksana Tugas Pimpinan KPK Johan Budi SP.

Menurut Glenn, selain Johan Budi, kedatangannya ke KPK kali ini sekaligus untuk bersilaturahmi dengan sejumlah rekannya yan bekerja di lembaga antikorupsi tersebut.

"Saya diundang Pak Johan. Silaturahmi. Ngobrol santai saja. Banyak rekan-rekan di dalam (KPK)," ujar Glenn Fredly di Gedung KPK, Jakarta kala itu.

Selain itu, ada juga "cuitan" pada akun @GlennFredly: "Saya dukung penuh @KPK_RI," seperti yang dilansir dari Liputan6.com