Sukses

Glenn Fredly Punya Riwayat Sakit Ginjal, Kenali 10 Gejalanya

Gejala sakit ginjal terkadang tidak disadari atau bahkan tidak terlihat.

Liputan6.com, Jakarta Dunia seni musik Tanah Air kembali berduka. Salah musisi senior Tanah Air Glenn Fredly dinyatakan meninggal dunia pada hari Rabu (8/4/2020) malam. Berdasarkan informasi yang didapatkan dari kerabat dekat, selain penyakit meningitis yang dideritanya, Glenn Fredly ternyata juga mengalami gangguan pada ginjalnya.

"Iya sempat sakit. Terakhir sih saya dengar ginjal ya, memang dari dulu mohon doanya," ungkap Sabilsa Diara, yang merupakan keponakan Glenn Fredly, saat dihubungi awak media pada Rabu (8/4/2020).

Sakit ginjal merupakan penyakit yang mengganggu organ penting pada tubuh manusia, yaitu ginjal. Ginjal terdapat di kedua sisi tubuh bagian punggung bawah, lebih tepatnya di bawah dari tulang rusuk. Saat fungsi dari ginjal terganggu, zat sisa limbah pada tubuh dan cairan yang telah menumpuk di dalam tubuh dapat menyebabkan gejala penyakit ginjal.

Seseorang juga dapat berisiko mengalami gejala sakit ginjal jika mengalami diabetes, tekanan darah tinggi, atau memiliki riwayat penyakit ginjal di keluarganya. Namun, beberapa gejala penyakit ginjal terkadang tidak disadari atau bahkan tidak terlihat gejala penyakit ginjal tersebut. Dan apabila gejala penyakit ginjal ini tidak ditangani dengan serius, maka dapat berakibat fatal.

Sebelum meninggal karena meningitis, Glenn Fredly dikabarkan sudah lama mengidap sakit ginjal. Berikut Liputan6.com telah merangkum tentang gejala penyakit ginjal yang dapat Anda simak di bawah ini, Kamis (9/4/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gejala penyakit ginjal yang wajib diwaspadai

1. Bengkak di area mata

Adanya kandungan protein yang bocor dan tercampur ke dalam urine, hingga akhirnya protein tersebut ikut terbuang, merupakan akibat dari ginjal yang bermasalah. Dan, akhirnya tubuh akan kekurangan protein di mana hal tersebut akan menimbulkan gejala penyakit ginjal berupa pembengkakan pada area mata. Gejala tersebut muncul karena protein yang berfungsi menjaga keseimbangan cairan pada tubuh sudah tidak tersedia.

2. Kram pada otot

Gejala penyakit ginjal lainnya yaitu kram pada otot. Gejala ini terjadi karena adanya kandungan elektrolit dan mineral yang tidak seimbang, yang disebabkan oleh ginjal yang tidak sehat. Sehingga kadar kalsium dan fosfor yang ada di dalam tubuh menjadi tidak terkontrol. Hal tersebutlah yang akan menyebabkan kram pada otot.

3. Susah tidur

Jika Anda mengalami kesulitan saat tidur, mungkin hal tersebut merupakan gejala awal dari penyakit ginjal. Gejala tersebut dikarenakan menumpuknya racun dan kotoran di dalam darah sehingga membuat merasa sulit saat akan terlelap tidur.

4. Lemas dan sulit konsentrasi

Pada saat ginjal mengalami kerusakan, maka ginjal akan kehilangan kemampuan untuk membuang berbagai macam racun yang ada dalam tubuh melalui urine. Karena ginjal telah kehilangan kemampuannya tersebut, akhirnya racun pada tubuh beserta kotoran akan menumpuk pada darah di dalam tubuh. Karena darah menjadi kotor, sehingga akan mempengaruhi aliran darah menuju ke otak. Hal tersebut pada akhirnya akan menyebabkan menjadi kurangnya konsentrasi dan cenderung merasa sangat lelah juga lemas.

5. Kulit kering disertai gatal

Fungsi dari ginjal yaitu untuk menyeimbangkan jumlah dari mineral serta elektrolit yang ada di dalam tubuh. Fungsi lainnya yaitu menjaga tulang agar tetap kuat. Gejala penyakit ginjal berupa kulit yang menjadi kering disertai rasa gatal, menjadi salah satu gejala dari penyakit ginjal.

3 dari 3 halaman

Gejala penyakit ginjal yang harus diperiksakan ke dokter

6. Mual dan muntah

Karena fungsi ginjal yang tidak bekerja dengan sempurna, maka limbah sisa dalam tubuh dan cairan yang seharusnya disaring oleh ginjal untuk dijadikan urine tidak dapat terproses dengan baik. Sehingga dapat menimbulkan perasaan mual dan muntah.

7. Hilang nafsu makan penyebab penurunan berat badan

Gejala ini bukan merupakan gejala yang identic dengan penyakit ginjal. Namun, karena adanya penumpukan racun yang disebabkan oleh tidak baiknya kerja ginjal, dapat menyebabkan hilangnya nafsu makan, sehingga akan menimbulkan penurunan berat badan.

8. Urine terlihat berbusa

Fungsi dari ginjal yang sehat yaitu untuk membuang racun dan kotoran yang tak dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu ginjal juga berfungsi untuk menyimpan nutrisi baik pada tubuh seperti protein.

Saat ginjal mulai terganggu dan kesulitan dalam menyaring darah, maka ginjal akan melepas protein yang terkandung dari dalam darah dan dibuang bersama racun serta kotoran melalui urine. Itulah mengapa urine akan terlihat berbusa.

9. Urine berdarah

Salah satu gejala penyakit ginjal ini merupakan gejala yang harus mewajibkan Anda untuk memeriksakan diri ke dokter. Gejala ini terjadi saat ginjal menyaring racun dan kotoran yang ada dalam tubuh dan membuangnya melalui urine.

Selain itu, pada ginjal yang sehat, ginjal akan bekerja untuk menjaga sel-sel darah dalam tubuh. Tetapi, apabila ginjal mulai bermasalah, biasanya sel-sel darah akan tercampur ke dalam urine dan dapat membuat urine sedikit berwarna kemerahan.

10. Kaki mengalami pembengkakan

Fungsi dari ginjal yang menurun, dapat menyebabkan gejala pembengkakan pada kaki. Hal ini karena natrium dalam tubuh meningkat dan terjadi retensi natrium. Retensi natrium tersebut akhirnya menjadi penyebab pembengkakan di bagian kaki.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.