Sukses

10 Manfaat Akar Pohon Kelapa bagi Kesehatan dan Kehidupan Sehari-Hari

Ada banyak manfaat akar pohon kelapa yang berguna bagi kesehatan dan kehidupan sehari-hari.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat akar pohon kelapa yang banyak tumbuh di Indonesia ini sebenarnya sangatlah banyak. Mungkin Anda tidak pernah menyangka, selain hanya dijadikan tumbuhan pantai, manfaat akar pohon kelapa ini juga dapat dirasakn oleh manusia, baik manfaat akar pohon kelapa bagi kesehatan maupun manfaat akar pohon kelapa bagi kehidupan sehari-hari.

Hampir semua orang di belahan bumi manapun sangat mengenal baik pohon kelapa ini. Tetapi pengetahuan masyarakat luas hanya terbatas pada pemanfaatan pada bagian buahnya.

Ya, memang benar bahwa bagian dari pohon kelapa yang paling populer ada pada bagian buahnya. Buah dari kelapa memang terkenal karena ada kandungan air yang sangat segar dan baik untuk mengatasi dehidrasi pada tubuh.

Sebenarnya semua bagian dari pohon kelapa dapat Anda manfaatkan, salah satunya bisa Anda dapatkan manfaat akar pohon kelapa. Selain manfaat akar pohon kelapa, ada juga manfaat dari batang kayu pohon kelapa yang dapat digunakan sebagai bahan perabotan. Selain itu daun kelapa juga dapat dijadikan berbagai macam kerajinan yang bernilai ekonomis tinggi.

Agar menambah informasi dan wawasan Anda berikut Liputan6.com telah merangkum manfaat akar pohon kelapa, Kamis (9/4/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Manfaat akar pohon kelapa bagi kesehatan

1. Mengatasi gatal

Manfaat akar pohon kelapa yang pertama. Ternyata manfaat akar pohon kelapa juga mampu mengatasi gatal pada kulit.

Terutama gatal yang terjadi pada celah kulit di sela-sela jari kaki atau tangan dan celah lain yang lembab. Biasanya celah kulit yang lembab, rawan terjadi gatal, dan terkena penyakit kudis dan penyakit lainnya. Jika Anda mengalami penyakit tersebut, Anda dapat menggunakan ramuan dari akar kelapa untuk mengobatinya.

Caranya cukup mudah, yaitu rebus akar dari pohon kelapa tersebut, lalu minum air rebusan akar pohon kelapa tersebut secara rutin hingga rasa gatal-gatal pada kulit menghilang.

2. Meredakan demam

Manfaat akar pohon kelapa selanjutnya, yaitu mampu menurunkan suhu panas pada tubuh karena demam. Untuk meredakan demam pada tubuh, Anda dapat menggunakan akar pohon kelapa.

Caranya dengan menumbuk akar pohon kelapa yang telah dikeringkan lalu rebus hingga mendidih. lalu minum air rebusan dari akar pohon kelapa tersebut dua kali sehari, hingga demam pada tubuh menurun

3. Mengatasi diare

Jika Anda mengalami diare, maka Anda dapat mengatasi penyakit tersebut dengan mengambil manfaat akar pohon kelapa. Rasa yang dimiliki akar kelapa lumayan pekat dan sepat, seperti pada daun jambu. Akar pohon kelapa ini dipercaya dapat mengatasi penyakit diare.

Cara mengonsumsinya pun juga sama dengan mengonsumsi akar pohon kelapa untuk mengobati demam dan gatal, yaitu dengan merebus akar kelapa dengan air mendidih, lalu minum air rebusan tersebut hingga diare berkurang.

4. Mengatasi wasir dan ambeien

Penyakit wasir dan ambeien memang cukup mengganggu dan dapat menimbulkan rasa sakit sehingga membuat Anda menjadi tidak nyaman saat beraktivitas. Sama seperti mengobati penyakit lainnya, Anda juga cukup merebus dan meminum ramuan yang dihasilkan dari akar pohon kelapa tersebut.

5. Melancarkan peredaran darah

Manfaat akar pohon kelapa selanjutnya, dipercaya akar pohon kelapa dapat melancarkan peredaran darah. Manfaat tersebut sangat perlu, terutama bagi Anda yang memang memiliki penyakit tekanan darah tinggi. Ramuan dari akar pohon kelapa ini dapat membantu meredakannya. Namun efek yang dihasilkan memang tidak langsung terasa. Sehingga Anda perlu mengonsumsinya secara bertahap dan rutin agar dapat merasakan manfaat akar pohon kelapa ini.

3 dari 3 halaman

Manfaat akar pohon kelapa bagi kehidupan sehari-hari

1. Sebagai bahan pengganti kayu bakar

Manfaat akar pohon kelapa bagi kehidupan sehari-hari yang pertama, yaitu akar dari pohon kelapa memiliki bentuk yang kecil sehingga cocok jika dijadikan kayu untuk membakar. Akar kelapa juga sangat mudah ditemukan disekitar kita, karena pohon kelapa banyak tumbuh di Indonesia.

2. Mencegah banjir

Manfaat akar pohon kelapa lainnya, yaitu manfaat pada pohon kelapa yang memiliki kemampuan tinggi untuk menyerap air dalam jumlah yang sangat banyak. Karena kemampuannya tersebut, akar pohon kelapa dipercaya mampu mencegah banjir.

3. Pemecah gelombang pantai

Jika Anda memperhatikan bentuk dari akar kelapa, maka Anda akan takjub dengan begitu banyaknya akar pohon kelapa yang menahan keseluruhan pohon kelapa tersebut. Kekuatan dari akar pohon kelapa ini pun telah terbukti dan bahkan dijadikan model kontruksi pondasi pada gedung-gedung tinggi. Sehingga dengan kekuatan akarnya, akan sangat baik dan bermanfaat bagi masyarakat, jika pohon kelapa ditanam di daerah-daerah pantai, pohon kelapa dapat menahan kuatnya gelombang besar yang dapat membahayakan masyarakat sekitarnya.

4. Kerajinan tangan

Indonesia dikenal dengan budaya dan keunikan dari tiap-tiap masyarakat di daerahnya. Bahkan di Indonesia, manfaat akar pohon kelapa telah lama dimanfaatkan masyarakat sebagai bahan pembuatan kerajinan tangan. Contoh dari kerajinan tersebut seperti, dibuat gelang dan kalung yang tentunya memiliki nilai ekonomis.

5. Mencegah abrasi

Seperti yang telah dijelaskan dari beberapa poin diatas, manfaat akar pohon kelapa memang sudah terbukti cukup banyak. Terutama pada bagian akarnya yang sangat kuat mencengkeram tanah. Karena kekuatannya tersebut kelapa banyak di tanam di sekitar pantai.

Manfaat akar pohon kelapa yang bisa didapatkan jika menanam pohon kelapa berakar kuat tersebut di pinggir pantai. Hal itu dapat mencegah abrasi pada daratan yang disebabkan oleh gelombang air laut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.