Sukses

Reaksi 5 Seleb saat Mendengar Glenn Fredly Meninggal Dunia

Liputan6.com, Jakarta Dunia musik Tanah Air kembali berduka usai kabar meninggalnya musisi bertalenta, Glenn Fredly. Ia sempat mendapat perawatan intensif di RS Setia Mitra, Jakarta Selatan sebelum akhirnya tutup usia, Rabu (8/4/2020) malam.

Kepergian Glenn Fredly memberikan duka mendalam bagi banyak pihak, mulai dari warganet, seleb, hingga pejabat negara. Tak sedikit pula yang mengucapkan terima kasih atas semua karya-karyanya yang melegenda.

Bahkan beberapa seleb tak kuasa menahan kesedihannya dan masih tak menyangka bahwa musisi 44 tahun ini telah meninggalkan dunia selama-lamanya. Banyak seleb mengenang kebersamaannya dengan Glenn Fredly. Mulai dari momen terakhir saat bersama hingga foto-foto kenangan.

Sederet seleb Tanah Air ini mengunggah curahan kesedihannya saat mendengar kabar meninggalnya Glenn Fredly di akun Instagramnya. Berikut reaksi 5 seleb saat mendengar Glenn Fredly meninggal dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (10/4/2020).

2 dari 6 halaman

1. Najwa Shihab

View this post on Instagram

Saya mendengar kabar itu Rabu malam. Saya tengah bersiap menuju LIVE Mata Najwa di studio, ketika dr Tompi menyampaikannya. “Tidak mungkin,” kata saya, “mana mungkin!” Saya masih berupaya menyangkal apa yang saya dengar dari dr Tompi. Sampai akhirnya saya menyerah dan kami bertangis-tangisan di telepon. Terakhir kami saling berkabar ketika Narasi mempersiapkan Konser Musik Donasi #dirumahaja. Kakak Glenn memang sakit ketika itu, karenanya ia menyampaikan pesan meminta maaf tidak bisa tampil. Trio Lestari hanya muncul dengan dr. Tompi dan Sandy Sandoro saja. Tapi Kakak Glenn sempat mengirimkan video rekamannya bernyanyi Rumah Kita. “Itu video penampilan terakhirnya,” kata dr Tompi ke saya semalam. Saya ingat beberapa kali mengingatkannya untuk mengirim video rekamannya menyanyikan Rumah Kita. “Sudah buat videonya? Ditunggu, ya, Kak. Kalau belum ada Kakak Glenn Fredly belum lengkap video ini.” Berulang kali saya “menerornya” ketika itu. Video itu akhirnya ia kirimkan. Dan baru hari ini saya tahu, ia menahan sakit saat menyanyi dan merekam dirinya sendiri menyanyikan lagu “Rumah Kita”. Saya membaca lagi percakapan itu. Tambah hancur hati saya. Ya, Allah, andai saja saya tahu itu akan menjadi percakapan terakhir kami…. Saya mengenalnya sejak lama. Berulang kali ia tampil di Mata Najwa, dan ia tidak pernah hanya bicara tentang musik. Kakak Glenn bicara banyak hal lain, ttg demokrasi, toleransi dan pentingnya berbagi kasih. Kami juga sempat berkeliling.  Ia pernah ikut saya ke Makassar, dan saya pernah ikut Kakak Glenn ke Ambon. Jika diingat-ingat kembali, momen2 penting dalam karier saya selalu ada Kakak Glenn. Ketika saya menutup perjalanan karier saya di Metro TV,  Kakak Glenn dan dr Tompi hadir khusus memandu acara perpisahan. Ketika saya galau masa2 jeda dari televisi, Kakak Glenn mengajak saya yang tidak bisa menyanyi ini, untuk tetap terlibat dalam konser ulang tahunnya. Kakak Glenn meminjamkan panggungnya yg megah itu dan memberi saya tempat utk tampil. Ketika saya memutuskan memulai perjalanan baru membangun Narasi, Kakak Glenn juga salah seorang pertama yg tanpa berpikir panjang mengatakan siap bergabung. (Lengkapnya simak di IG TV ini)

A post shared by Najwa Shihab (@najwashihab) on

 

Meninggalnya Glenn Fredly menjadi kehilangan besar bagi keluarga dan para sahabat. Ungkapan duka dan kenangan tentang sosoknya tak berhenti mengalir dari para selebriti di media sosial. Salah satu yang merasa kehilangan sosok Glenn Fredly adalah Najwa Shihab.

Presenter kondang ini tak kuasa menahan kesedihannya dan sempat menyangkal ketika mendengar kabar meninggalnya Glenn dari Tompi. Najwa Shihab mengungkapkan rasa kesedihannya itu melalui video di akun Instagramnya.

"Saya mendengar kabar itu Rabu malam. Saya tengah bersiap menuju LIVE Mata Najwa di studio, ketika dr Tompi menyampaikannya. “Tidak mungkin,” kata saya, “mana mungkin!” Saya masih berupaya menyangkal apa yang saya dengar dari dr Tompi. Sampai akhirnya saya menyerah dan kami bertangis-tangisan di telepon," tulis Najwa Shihab di unggahan instagramnya, Kamis (10/4/2020).

Dalam video yang disertai rekaman suara Najwa Shihab, ia menceritakan komunikasi terakhirnya dengan mendiang Glenn Fredly. Suara Najwa Shihab juga terdengar berat dan serak.

"Terakhir kami saling berkabar ketika Narasi mempersiapkan Konser Musik Donasi #dirumahaja. Kakak Glenn memang sakit ketika itu, karenanya ia menyampaikan pesan meminta maaf tidak bisa tampil. Trio Lestari hanya muncul dengan dr. Tompi dan Sandy Sandoro saja. Tapi Kakak Glenn sempat mengirimkan video rekamannya bernyanyi Rumah Kita" tulisnya.

3 dari 6 halaman

2. Vincent Rompies dan Desta

 

Kepergian Glenn Fredly meninggalkan duka mendalam bagi para musisi Tanah Air, termasuk juga Vincent Rompies dan Desta. Perasaan haru atas meninggalnya Glenn Fredly jelas terlihat dari wajah Vincent Rompies dan Desta ketika memandu sebuah talkshow.

"Ya, yang pasti kita merasa kehilangan sekali ya, beberapa kali Glenn Fredly sempat datang juga ke tonight show," kata Desta pada Rabu (8/4/2020).

"Respect sebesar-besarnya buat kakak Bung. Ya buat....," timpal Vincent Rompies yang rupanya tak sanggup melanjutkan kalimatnya karena terlalu bersedih.

Dalam kesempatan itu, Vincent Rompies dan Desta membuat tribute untuk Glenn Fredly. Dalam program acara yang dipandu, keduanya menampilkan momen-momen ketika Glenn Fredly menjadi bintang tamu. Di luar itu, Vincent Rompies menyampaikan hormat setinggi-tingginya untuk Glenn Fredly.

"Musisi paling respect yang pernah gua kenal, baik sama semua orang, baik sesama musisi, gua selalu senang ngobrol sama dia. Kalau di sini lagi iklan lagi apa, selalu gua ngobrol sama dia itu intens gitu, dari mulai segala macem musik, ngomongin Maluku, terakhir di sini kita nge-jam bareng lagu anak pantai," ungkap Vincent Rompies.

4 dari 6 halaman

3. Audy Item

View this post on Instagram

innalilahi wainailaihi rojiun...jujur aku speechless dan masih gk percaya😭😭😭seorang kakak,seorang yg sangat aku respect dan idolakan dlm bermusik dan juga teman curhat dan teman berduet ku my bro @glennfredly309 telah meninggalkan kita semua..one of my best moment dalam musik indonesia adalah bisa berduet dgn glenn di lagu " Terpesona" dan lagu "dibalas dengan dusta & Itu saja " merupakan lagu cipt beliau utk aku hasil dari curhat sampe subuh wkt itu ..terakhir kita tlpnan dia mau ajak aku utk bikin konser bareng @riofebrian25 well skrg............u go sing that lovely/funky soul tunes of yours in Heaven bro...ini jalan yg terbaik yg TUHAN kasih...turut berduka cita utk istri mu @mutia_ayuu dan baby Gewa dan seluruh keluarga besar🙏🏻❤️🙏🏻 doa yg terbaik utk mu dan keluarga...will be missing you bro ..REST IN PEACE 😭🙏🏻❤️until we meet again #RIPGlennfredly cc @iko.uwais

A post shared by audy uwais (@audyitem) on

 

Rasa kehilangan Glenn Fredly untuk selama-lamanya juga dirasakan oleh Audy Item. Sempat duet bersama, tak dapat dipungkiri ia merasakan duka yang mendalam. Laki-lagi asal Ambon menggandeng Audy untuk menyanyikan lagu Terpesona. Lagu yang dipopulerkan Glenn bersama Audy ini berhasil menyihir pendengar untuk bersenandung menikmati lagu tersebut.

Selain itu, Audy Item juga sempat mendapat lagu ciptaan mendiang yakni Dibalas Dengan Dusta. Tak kuasa menahan kesedihannya, Audy pun mencurahkan rasa dukanya atas kepergian Glenn Fredly di akun Instagram.

Tepat di hari kepergian Glenn Fredly untuk selama-lamanya, Rabu (8/4/2020) Audy sempat mengunggah music video Terpesona di akun Instagram. Video tersebut juga diberi caption yang menyentuh.

"innalilahi wainailaihi rojiun...jujur aku speechless dan masih gk percaya seorang kakak,seorang yg sangat aku respect dan idolakan dlm bermusik dan juga teman curhat dan teman berduet ku my bro @glennfredly309 telah meninggalkan kita semua..one of my best moment dalam musik indonesia adalah bisa berduet dgn glenn di lagu " Terpesona" dan lagu "dibalas dengan dusta & Itu saja " merupakan lagu cipt beliau utk aku hasil dari curhat sampe subuh wkt itu," Rabu (8/4/2020)

Melalui unggahan di akun Instagramnya itu, Audy juga mengungkapkan kenangan saat bersama Glenn Fredly. Ia juga bercerita mengenai percakapan terakhir keduanya. Kala itu Audy sempat diajak membuat konser bersama.

"terakhir kita tlpnan dia mau ajak aku utk bikin konser bareng @riofebrian25 well skrg............u go sing that lovely/funky soul tunes of yours in Heaven bro...ini jalan yg terbaik yg TUHAN kasih...turut berduka cita utk istri mu @mutia_ayuu dan baby Gewa dan seluruh keluarga besar🙏. doa yg terbaik utk mu dan keluarga...will be missing you bro ..REST IN PEACE until we meet again," Rabu (8/4/2020).

Selain itu, Audy Item juga masih tak menyangka bahwa Glenn akan meninggalkan dunia secepat ini. Meningat Glenn Fredly menjadi sosok kakak dan panutan bagi Audy.

"still can't believe you're gonebeautiful soul @glennfredly309 thank you for the beautiful songs.. and friendships #ripglennfredly," Kamis (9/4/2020).

5 dari 6 halaman

4. Armand Maulana

View this post on Instagram

DEUUUSSSSS..yakk itu kata” yg slalu klr dari adikku Glen kalo kita bertemu ato tlpnan ato wa an..APA SIH ARTINYA? Ahhh ckp untuk kita saja yg tau artinya spy bs jd kenangan yg indah buat kita..yakk betul dia orangnya baik, betul dia orangnya pintar, betul dia orangnya bela akan sesuatu, betul dia orangnya serius akan sesuatu....semua sdh ditumpahkan oleh teman” dekatnya di seluruh medsos bbrp jam ini baik dari penyanyi, pemain band, aktor, host bahkan sampai pejabat..karena memang itu adanya..tp yg saya selalu akan teringat dari Glen..mau kita ktm di backstage kek di shooting kek di studio latihan kek di rumah kek di mall kek...trus kita ngomong becanda ngomong klrg ngomong karir...pasti akhir dr pembicaraan kita dia selalu bilang..KANG KITA NGAPAIN LAGI YUK YG HARUS DIBENERIN DARI MUSIK INDONESIA NIH..BAIK SECARA INDUSTRI ATO BLUEPRINT NYA...SUPAYA MUSIK INDONESIA BUAT ANAK CUCU KITA MAKIN MEMBAIK...itulah yg selalu terakhir menutup pembicaraan sy & dia...Glen adalah PEJUANG BUAT MUSIK INDONESIA..selalu menumpahkan ide”nya berjuang untuk kebaikan & keteraturan agar Musik Indonesia semakin baik & jaya trtm buat para musisi & semua orang yg terlibat di dlm nya..REST IN LOVE adikku tercinta..kami akan terus memperjuangkan apa yg sudah diperjuangkan olehmu..laff u so much ma brother..and i miss u already... #glenfredly #rip #restinlove #adik #adikterrcinta #sahabat #musik #musikindonesia 📷: @akbarnurseptian

A post shared by armand maulana (@armandmaulana04) on

 

Sebagai sesama rekan musisi, Armand Maulana sangat kehilangan sosok Glenn Fredly. Tak kuasa menahan kesedihannya, pada hari Kamis (9/4/2020) Armand Maulana mengunggah sebuah foto hitam putih menunjukkan dirinya tengah mengobrol dengan mendiang Glenn Fredly.

Armand Maulana juga memberikan caption yang bercerita tentang sosok Glenn Fredly. Ia mengungkapkan bahwa suami Mutia Ayu ini merupakan orang yang baik. Tak hanya sekedar rekan musisi, Armand menganggap Glenn seperti adik sendiri.

"DEUUUSSSSS, ya itu kata-kata yang selalu keluar dari adikku Glenn kalau kita bertemu atau teleponan atau wa-an. APA SIH ARTINYA? Ahhh cukup untuk kita saja yang tahu artinya supaya bisa jadi kenangan yang indah buat kita," tuturnya, Kamis (9/4/2020).

"Ya betul dia orangnya baik, betul dia orangnya pintar, betul dia orangnya bela akan sesuatu, betul dia orangnya serius akan sesuatu. Semua sudah ditumpahkan oleh teman-teman dekatnya di seluruh medsos beberapa jam ini baik dari penyanyi, pemain band, aktor, host bahkan sampai pejabat, karena memang itu adanya," sambung Armand.

Tak hanya itu, Armand juga mengenang momen-momen kebersamaannya dengan Glenn. Ia juga menceritakan tentang percakapan yang terjadi antara dirinya dengan Glenn saat bertemu.

"Tapi yang saya selalu akan teringat dari Glen, mau kita ketemu di backstage kek di shooting kek di studio latihan kek di rumah kek di mall kek, terus kita ngomong bercanda ngomong keluarga ngomong karir," tutur Armand.

"Pasti akhir dari pembicaraan kita dia selalu bilang, KANG KITA NGAPAIN LAGI YUK YANG HARUS DIBENERIN DARI MUSIK INDONESIA NIH. BAIK SECARA INDUSTRI ATAU BLUEPRINT-NYA. SUPAYA MUSIK INDONESIA BUAT ANAK CUCU KITA MAKIN MEMBAIK. Itulah yang selalu terakhir menutup pembicaraan saya dan dia. Glenn adalah PEJUANG BUAT MUSIK INDONESIA," pungkasnya

6 dari 6 halaman

5. Seto Mulyadi

 

Seto Mulyadi atau yang lebih dikenal Kak Seto mengunggah foto kenangan bersama Glenn Fredly di akun Instagram, Kamis (9/4/2020). Pria yang sangat dekat dengan kehidupan anak-anak itu ternyata pernah berjumpa dengan Glenn Fredly saat masih duduk di bangku Sekolah Dasar (SD). Kak Seto pernah memberikan hadiah pada Glenn Fredly kecil yang kala itu memenangkan lomba menyanyi.

"Foto di atas diambil kembali setelah selang waktu 34 tahun semenjak berjabat tangan untuk yang pertama kalinya dengan seorang putra bangsa penuh talenta saat masih duduk di bangku Sekolah Dasar," tutur Seto Mulyadi, Kamis (9/4/2020).

Selang 34 tahun, Kak Seto bertemu kembali dengan Glenn Fredly. Namun, psikolog anak ini tidak menyangka jika pertemuan dengan Glenn Fredly itu menjadi pertemuan terakhirnya.

"Tidak disangka mengulang peristiwa tersebut akan menjadi terakhir kalinya," ungkap Kak Seto dalam caption postingan-nya.

Kak Seto juga mengunggah kedua potret tersebut di akun Instagram pribadinya. Di mata Kak Seto, Glenn Fredly merupakan sosok putra bangsa yang cemerlang, sangat rendah hati, dan penuh hormat terhadap siapa pun. Menurutnya, Glenn Fredly merupakan salah satu sosok kebanggaan Indonesia.

"Selamat beristirahat dengan tenang Bung Glenn," pungkas Kak Seto.