Sukses

7 Makanan Khas Pare Kediri yang Wajib Kamu Cicipi

Jika merencanakan untuk belajar Bahasa Inggis di Pare atau sebatas berkunjung untuk wisata, maka wajib mencoba berbagai makanan khas Pare Kediri.

Liputan6.com, Jakarta Makanan khas Pare Kediri mungkin kurang terdengar akrab di telinga kita. Namun pasti Anda tidak asing dengan Kampung Inggris yang terletak di Pare, Kediri, Provinsi Jawa Timur. Bagi Anda yang sedang merencanakan untuk belajar Bahasa Inggis di Pare, maka wajib untuk menyimak apa saja sih ragam makanan khas Pare Kediri yang bisa dinikmati saat mengunjungi kota tersebut.

Sebelum kita membahas apa saja jenis makanan khas Pare Kediri yang bisa Anda cicipi saat mengunjungi kabupaten tersebut. Ada baiknya jika kita sedikit mengenal tentang Pare yang terkenal karena salah satu lokasinya yang bernama Kampaung Inggris. Kampung Inggris merupakan salah satu kampung yang cukup unik, karena di kampung ini, terdapat ratusan lembaga kursus Bahasa Inggris.

Kembali membahas tentang makanan khas Pare Kediri seperti yang kita bahas di awal. Karena Kampung Inggris ini menjadi salah satu kampung dengan kunjungan wisatawan yang cukup banyak tiap tahunnya, maka secara bertahap masyarakat mulai memperkenalkan budaya dari daerah tersebut. Dan tidak sedikit yang memperkenalkan jenis makanan khas Pare Kediri yang bisa dinikmati oleh para pendatang, baik calon murid yang akan belajar Bahasa Inggris di Pare, atau yang sebatas berwisata saja ke kampung tersebut.

Supaya tidak membuat Anda penasaran lagi apa saja makanan khas Pare Kediri yang bisa dinikmati, maka dibawah ini Liputan6.com, Jumat (10/4/2020), telah merangkum informasi tentang berbagai jenis makanan khas Pare Kediri yang wajib Anda datangi saat berkunjung ke Pare, Kediri.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Makanan khas Pare Kediri yang Mengenyangkan

1. Sop Ayam Kampung Waris

Makanan khas Pare Kediri yang pertama akan kita bahas yaitu makanan berkuah berupa sop ayam yang terkenal dengan nama Sop Ayam Kampung Waris. Memang tidak banyak yang mengetahui, jika ternyata Pare memiliki warung sop ayam yang lezat dan cukup legendaris, yaitu Sop Ayam Kampung Waris. Sop ayam di sini cukup berbeda dengan sop ayam pada umumnya. Cara untuk memasak Sop Ayam Kampung Waris ini tidak menggunakan kompor, namun menggunakan arang sebagai bahan bakarnya.

Menu di warung Sop Ayam Kampung Waris antara lain, sop masak, sop goreng, sop segar, sop putih, nasi goreng, mie goreng, ayam bumbu rujak, dan ayam masak kecap. Tapi, salah satu menu wajib yang harus Anda coba saat mengunjungi Sop Ayam Kampung Waris yaitu sop gorengnya.

2. Nasi pecel tumpang

Makanan khas Pare Kediri selanjutnya, juga dari jenis makanan berat dengan bahan pokok nasi, yaitu Nasi pecel tumpang. Sekilas, mungkin Anda akan melihat jika nasi pecel ini hampir mirip dengan nasi pecel seperti pada umumnya. Namun, nasi pecel tumpang menawarkan rasa yang unik dan berbeda. Itulah alasan mengapa Anda harus dating ke lokasi makanan khas Pare Kediri ini.

Nasi pecel tumpang tidak menggunakan bumbu pecel seperti pada umumnya. Bumbu dari pecel tumpang dibuat dari tempe yang sudah membusuk atau dalam Bahasa Jawa disebut tempe bosok. Tapi jangan khawatir dan takut untuk keracunan, karena makanan ini aman dikonsumsi. Tapi, jika kamu tidak terlalu suka menggunakan bumbu tumpang, biasanya di warung yang menjual nasi pecel tumpeng juga tersedia bumbu pecel biasa.

3. Balungan

Makanan khas Pare Kediri ini terbuat dari bahan dasar iga sapi. Iga sapi memiliki ukuran tulang yang cukup besar dan kandungan sum-sum tulang yang banyak. Lalu, balungan ini dimasak dengan bumbu yang memiliki banyak campuran rempah. Efek dari rempah-rempah tersebut tentu akan memberikan rasa hangat bagi tubuh Anda. Selain itu rasa dari menu balungan ini sudah pasti akan membuat Anda ketagihan.

4. Mie Djoedes

Selanjutnya ada makanan khas Pare Kediri yang cocok jika Anda merupakan pecinta makanan pedas. Mie Djoedes merupakan makanan khas Kampung Inggris, Pare. Makanan ini menjadi salah satu makanan yang patut untuk dicoba. Mie Djoedes menawarkan sensasi yang sangat pedas dan dapat membuat lidah terasa terbakar.

Selain rasanyanya yang pedas, mie ini memiliki tekstur yang kenyal, karena mie yang digunakan merupakan mie buatan sendiri, sehingga terbebas dari bahan pengawet dan berbeda dari mie yang dijual di pasaran.

3 dari 3 halaman

Makanan khas Pare Kediri untuk Pengganjal Perut

1. Sate bekicot

Mungkin makanan khas Pare Kediri ini terdengar aneh dan tidak biasa, atau bahkan bagi beberapa orang yang membayangkan akan merasa tidak bernafsu makan. Namun, jika Anda sudah mencicipi makanan khas Pare Kediri yang satu ini, Anda akan merasakan tekstur dan rasa yang mirip dengan kerang.

Makanan berupa sate bekicot ini biasanya dijadikan lauk atau pendamping nasi. Dalam penyajiannya, sate bekicot diberi bumbu yang terbuat dari kacang tanah yang telah ditumbuk halus, kemudian ditambahkan kecap manis layaknya sate pada umumnya. Jadi, tidak ada salahnya bagi kalian yang memang suka dan pensaran dengan makanan-makanan unik, maka sate bekicot menjadi makanan yang paling wajib dicoba saat berkunjung ke Pare, Kediri.

2. Ketan susu

Ketan susu yang merupakan makanan khas Pare Kediri ini terbilang cukup sederhana. Makanan ini sudah pasti terbuat dari terbuat bahan utama berupa ketan yang dimasak lalu diberi parutan kelapa. Ketan yang telah matang tersebut kemudian diberi susu, atau bubuk kedelai. Tekstur dari ketan ini cukup berbeda dari ketan pada umumnya. Ketan susu memiliki tekstur yang kering dan cocok jika dijadikan kudapan dengan pendamping teh hangat atau kopi.

3. Jenang Grendul

Jenang Grendul merupakan salah satu kuliner yang dari Pare, Kediri. Jenang Grendul terlihat menyerupai bubur dengan diberi campuran santan dan ada semacam bola-bola yang disebut grendul, yang memiliki rasa manis dari gula merah atau gula jawa. Tekstur dari grendul pada makanan ini terasa lembut dan manis karena adanya campuran gula merah tersebut.

Nah, di atas tadi beberapa makanan khas Pre Kediri yang bisa Anda coba saat berkunjung ke sana. Selamat mencoba ya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini