Sukses

4 Cara Melacak HP Android yang Hilang dengan Mudah

Liputan6.com, Jakarta Cara melacak HP Android yang hilang, tentu menjadi hal yang harusnya Anda pelajari. Terutama jika HP Anda termasuk HP yang memiliki harga lumayan mahal. Mungkin belum banyak yang memahami bagaimana cara melacak HP Android yang hilang. Padahal aplikasi serta berbagai fiturnya telah tersedia banyak di play store yang ada di HP Android Anda.

Saat kehilangan HP memang merupakan hal yang menyebalkan bagi banyak orang, terutama jika HP tersebut merupakan HP dengan harga yang tidak murah. Itulah mengapa saat Anda memiliki HP dengan harga yang lumayan tinggi tersebut Anda juga perlu mempelajari cara melacak HP Android.

Tentu tidak ada yang ingin kehilangan barang. Namun setidaknya dengan mempelajari cara melacak HP Android ini, Anda dapat lebih bersiaga terhadap segala kemungkinan kehilangan HP.

Ada berbagai metode yang bisa digunakan sebagai cara melacak HP Android yang hilang. Ada beberapa cara melacak HP Android yang harus Anda lakukan terlebih dahulu sebelum melakukan cara lainnya. Terutama jika di dalam HP tersebut terdapat banyak data penting dan bersifat privasi.

Berikut Liputan6.com, telah merangkum informasi mengenai bagaimana cara melacak HP Android yang hilang, Jumat (10/4/2020).

2 dari 5 halaman

1. Kunci akses masuk ke HP Android Anda

Cara melacak HP Android yang pertama adalah dengan menuju ke android.com/find pada browser. Segera lakukan cara melacak HP Android dengan menuju halaman web ini apabila HP Android Anda hilang atau dicuri. Beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu:

- Anda harus sign in dengan akun Google yang sama dan sesuai dengan akun Google yang terpasang pada HP Android yang hilang tersebut.

- Setelah masuk ke laman web, Anda akan menemukan pilihan berupa ‘Play Sound’. Pilihan tersebut bertujuan mengaktifkan nada dering HP Android Anda selama 5 menit walaupun HP Android Anda yang hilang dalam mode silent.

- Jika HP Anda belum di temukan di sekitar Anda, maka cara selanjutnya yaitu dengan memilih pilihan ‘Secure Device’. Fungsinya, agar HP Android Anda terkunci dan otomatis sign out dari akun Google yang terpasang pada HP tersebut.

- Anda juga bisa memunculkan pesan tertentu layar HP yang hilang tersebut, meski dalam keadaan layar mati. Meski terkunci, HP ini masih bisa dilacak.

- Jika beberapa cara diatas tidak berhasil dan HP Anda belum ditemukan, maka cara terakhir adalah dengan menghapus seluruh data yang ada didalam HP yang hilang tersebut. Caranya dengan memilih opsi Erase Device atau menghapus perangkat. Setelah Anda memilih fitur tersebut, maka Anda sudah tidak dapat melacak lokasinya, dan Anda terpaksa mengikhlaskan HP Android Anda.

3 dari 5 halaman

2. Menggunakan Google Find My Device

Sebelum menggunakan cara melacak HP Android yang satu ini, Anda harus sudah memasang aplikasi Google Find my Device agar Anda dapat melacaknya. Lewat Google Find my Device, Anda bisa melacak, mengunci HP Android Anda dari jarak jauh, dan juga menghapus seluruh isi dari perngkat dari jarak jauh. Cara untuk mengoperasikannya juga cukup mudah yaitu:

- Login ke aplikasi menggunakan akun Google yang sama dengan di HP Android Anda.

- Anda dapat memeriksa dan memastikan Google Find My Device menyala dengan membuka aplikasi Settings dan cari Security & Location > Find My Device.

- Lalu secara otomatis lokasi dari HP akan dapat dipantau, begitu juga rangkaian waktu yang menunjukkan lokasi yang dikunjungi pemegang HP tersebut.

4 dari 5 halaman

3. Melacak lewat email

Cara melacak HP Android Anda yang hilang selanjutnya adalah dengan menggunakan email Anda. Biasanya di dalam HP Android akan terpasang email dan akun dari pemilik HP yang hilang.

Nah, melalui email tersebut Anda dapat melacak HP Android yang telah hilang. Karena Google menciptakan Sistem Operasi Android di mana dalam penggunaannya, para pemilik perangkat harus memasukkan email yang digunakan pada Google Play Store. Ada beberapa langkah yang harus Anda perhatikan, yaitu:

- Langkah pertama, masukkan alamat email Anda. Alamat email haruslah yang terdaftar pada HP Android yang hilang. Lalu masukkan kata sandi yang diminta.

- Setelah masuk ke alamat email tersebut, pilih tampilan Gmail versi web.

- Klik logo yang memiliki sembilan titik dibagian kanan atas.

- Lalu masuk ke Akun Google.

- Cari opsi ‘Mulai’ pada tulisan ‘Temukan Ponsel Anda’.

- Setelah itu pilih model HP Android Anda yang hilang.

- Masukkan lagi kata sandi email yang terpasang di HP yang hilang.

- Lalu pilih opsi Temukan.

- Kemudian pilih jenis HP yang Anda lacak tadi, lalu pilih ikon Refresh. Tujuannya agar posisi HP yang hilang selalu update di Google Map dan HP Anda yang hilang akan terlihat posisinya pada layar.

5 dari 5 halaman

4. Gunakan Google ADM (Android Device Manager)

Aplikasi ini merupakan aplikasi yang disediakan oleh Google secara gratis. ADM memiliki fungsi mendeteksi lokasi HP Android yang hilang dengan cara mengaktifkan GPS pada HP yang hilang tersebut.

Namun ada beberapa langkah yang dapat Anda ikuti di bawah ini, yaitu:

- Anda harus menggunakan gadget lain atau laptop sebagai perangkat yang digunakan untuk log in ke ADM dan dapat masuk ke akun Google Anda.

- Masukkan email dan kata sandi yang diminta.

- Lalu setelah masuk, maka Anda dapat melihat nama dari HP Android yang hilang tersebut, karena telah terkoneksi dengan alamat email Anda.

- Dengan cara ini, Anda bisa mencatat dimana lokasi terbaru dari HP tersebut.

- Namun, kelemahan dalam menggunakan ADM adalah, HP Anda tidak dapat terlacak apabila HP Anda dalam keadaan mati.

- Bila HP Anda mati, maka Anda dapat menggunakan Google Maps, dengan cara log in ke Google Maps menggunakan akun yang sama dengan akun yang ada di HP Anda yang hilang.