Sukses

4 Cara Mengolah Kentang Goreng yang Sehat, Bebas Kalori dan Lemak

Liputan6.com, Jakarta Cara mengolah kentang goreng yang sehat perlu diterapkan untuk menjaga tubuh dari penyakit. Apalagi, kentang goreng merupakan makanan cepat saji yang banyak digemari. Rasanya yang enak dan lezat dapat menggoyang lidah siapa saja.

Namun, kandungan kalori dan lemak pada kentang goreng dapat membahayakan kesehatan tubuh. Porsi sedang kentang goreng di restoran siap saji umumnya mengandung 300-400 kalori. Hal ini berkaitan dengan penambahan berat badan.

Selain itu, kentang goreng yang digoreng dengan minyak sayur yang dicampur akan menghasilkan kandungan lemak trans. Konsumsi lemak ini dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan menurunkan kadar kolesterol baik (HDL). Hal ini yang kemudian dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Cara mengolah kentang goreng yang sehat bisa dengan mengganti cara masak dan bahan-bahan pengolahannya. Dengan begitu, kamu tidak perlu lagi khawatir dengan efek negatif yang dapat ditimbulkan oleh kentang goreng. Tentunya kamu juga tidak boleh mengonsumsinya secara berlebihan.  

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (10/4/2020) tentang cara mengolah kentang goreng yang sehat

2 dari 5 halaman

Memanggang Kentang

Cara mengolah kentang goreng yang sehat pertama adalah dengan memanggangnya, tidak dengan cara menggoreng. Memanggang kentang lebih dianjurkan dalam mengolahnya, daripada menggoreng.

Hal itu karena memanggang kentang akan memberikan lebih banyak manfaat untuk kesehatan dengan memangkas kalori dan lemak. Cara mengolah kentang goreng yang sehat ini juga dapat mencegah rasa tidak nyaman di perut akibat asam lambung yang dapat dipicu oleh makanan berminyak dan berlemak. 

3 dari 5 halaman

Mengganti Garam dengan Rempah-rempah

Saat menggoreng kentang, kerap kali kamu menambahkannya dengan garam. Padahal mengonsumsi kentang goreng yang dibumbui dengan garam dapat mengakibatkan perut kembung setelahnya. Kadar garam yang tinggi itulah diyakini sebagai penyebabnya.

Cara mengolah kentang goreng yang sehat selanjutnya adalah dengan menghindari penggunaan garam. Jika kamu membuat kentang panggang di rumah, kamu bisa mengganti garam dengan beragam rempah-rempah untuk memperkaya rasa pengganti kentang goreng, seperti menggunakan bawang putih, paprika, jintan, dan lain-lain.

4 dari 5 halaman

Menggunakan Minyak Zaitun

Cara mengolah kentag goreng yang sehat selanjutnya adalah dengan menggunakan minyak zaitun. Jika kentang goreng selama ini diolah menggunakan minyak yang mengandung banyak lemak dan kalori, coba mengganti dengan minyak zaitun yang baik untuk kesehatan jantung.

Cara mengolah kentang goreng yang sehat, gunakan dua sendok makan minyak zaitun pada kentang sebelum dipanggang.

5 dari 5 halaman

Mengoleskan Kaldu Sayuran atau Putih Telur

Selain itu, kamu juga bisa mengoleskan kaldu sayuran atau putih telur sebagai salah satu cara mengolah kentang goreng yang sehat. Cara ini bisa mengurangi lebih banyak kalori dalam kentang goreng.

Cobalah memanggang kentang tanpa menggunakan minyak sama sekali. Akan tetapi, kamu bisa menggantinya dengan mengoleskan kaldu dari sayuran atau putih telur yang sudah dikocok. Kemudian, panggang selama beberapa menit hingga tampak kecokelatan.

Itulah beberapa cara mengolah kentang koreng yang sehat agar kamu terhindari dari berbagai macam penyakit. Terapkan berbagai cara mengolah kentang goreng yang sehat tersebut bisa menghindarkan kamu dari kalori dan lemak.