Sukses

5 Obat Herbal Sinusitis Kronis yang Mudah Ditemukan di Rumah

Obat herbal sinusitis kronis mudah didapatkan.

Liputan6.com, Jakarta Obat herbal sinusitis kronis ini bisa membantu meredakan peradangan dan pembengkakan yang dialami penderita selama kurang lebih 12 minggu. Biasanya penderita akan merasakan rongga di sekitar saluran hidung atau sinus terus memburuk. Bahkan lendir juga semakin menumpuk meskipun sudah dilakukan perawatan.

Sinusitis kronis ini juga dapat menyebabkan pembengkakan dan nyeri pada area wajah seperti mata, hidung, dan pipi. Beruntungnya obat herbal sinusitis kronis ini bisa sedikit membantu meredakannya. Bahkan kesulitan bernapas juga bisa segera diredakan.

Kondisi ini bisa menyerang siapa saja. Orang dewasa hingga anak-anak. Namun banyak juga dari mereka yang tidak begitu menyukai konsumsi obat. Ingin diobati dengan obat herbal alami sinusitis kronis saja. Tetapi sebenarnya obat herbal ini hanya mampu meredakan saja, tidak benar-benar bisa menyembuhkan.

Kondisi demam tinggi, bengkak atau kemerahan di sekitar mata, sakit kepala serius, linglung, pandangan kabur, dan leher kaku tidak bisa hanya diobati dengan obat herbal sinusitis kronis. Pada kondisi seperti ini harus tetap dikonsultasikan dengan dokter agar mendapat perawatan yang benar sehingga tidak menyebabkan komplikasi. Jika sudah mendapat perawatan dari dokter, maka bisa diimbangi dengan mengonsumsi obat herbal sinusitis kronis. Namun harus tetap dikonsultasikan dulu dengan dokter agar porsinya tidak berlebihan.

Berikut penjelasan mengenai obat herbal sinusitis kronis yang sudah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (11/4/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Obat Herbal Sinusitis Kronis: Kunyit

Kunyit ternyata bisa dijadikan sebagai obat herbal penyakit sinusitis kronis. Hal ini disebabkan karena senyawa kurkumin dalam kunyit. Kurkumin ini sangat efektif membersihkan saluran pernapasan dan menyembuhkan saluran sinus yang terinfeksi.

Pada sebuah penelitian, anti-biotik dan anti-virus dalam kunyit ini juga sangat baik bagi kesehatan. Konsumsi kunyit ini bisa dilakukan dengan mencampurkan kunyit dan jahe yang diseduh dengan teh panas. Kombinasi ini mampu melegakan saluran pernapasan penderita sinusitis kronis.

Selain itu, bagi penderita sinusitis kronis bisa mengandalkan ramuan ini untuk melembabkan rongga sinus. Dengan sesekali menguapinya pada rongga hidung atau juga wajah. Karena menghirup udara hangat dan lembab dapat membantu mengurangi rasa sakit dan mengalirkan lendir dalam sinus.

3 dari 6 halaman

2. Obat Herbal Sinusitis Kronis: Bawang Putih

Bawang putih ternyata bisa dijadikan sebagai obat herbal penyakit sinusitis kronis. Hal ini disebabkan karena kandungan senyawa allicin dalam bawang putih. Senyawa allicin inilah yang dapat membantu membunuh berbagai jenis bibit penyakit.

Selain dapat membantu membunuh bibit penyakit, bawang putih ini juga dipercaya mampu mencegah sinusitis sejak awal. Bahkan juga berguna meredakan infeksi sinus secara alami. Aroma tajam dan rasa pedas yang dimiliki bawang putih ini bisa dipadukan dengan campuran jus tomat dan jus lemon. Namun harus tetap dipanaskan dalam panci. Minuman ini bisa dikonsumsi dua hari sekali sampai infeksi sinus mereda bahkan hilang.

Meminum ramuan ini bisa diseimbangkan dengan istirahat yang cukup agar tubuh dapat melawan peradangan dan mempercepat proses pemulihan. Posisi tidur juga harus diperbaiki, dengan posisi kepala terangkat atau bisa juga dengan menambahkan bantal. Hal ini dilakukan untuk membantu sinus lebih mudah mengeluarkan cairan dan mencegah terjadinya penyumbatan.

4 dari 6 halaman

3. Obat Herbal Sinusitis Kronis: Jahe

Jahe ternyata bisa dijadikan sebagai obat herbal penyakit sinusitis kronis. Hal ini disebabkan karena kandungan anti-radang yang dimiliki jahe. Anti-radang ini yang nantinya akan berfungsi meringankan infeksi sinusitis dan mampu mengurangi pembengkakan di dalam selaput hidung.

Pada sebuah penelitian, jahe ini dipercaya sangat efektif untuk mengobati sinus dengan menekan produksi lendir. Serta mampu meringankan pusing pada kepala yang diderita sinusitis kronis. Olahan teh jahe bisa dijadikan pilihan. Sebab uap yang dihasilkan oleh seduhan jahe yang dipadukan dengan teh ini dapat meredakan rongga pernapasan dari sumbatan lendir.

Selain dengan teh jahe, penderita sinusitis kronis juga biasanya akan diberi nasal lavage untuk perawatan rumahan. Cairan ini yang biasanya digunakan untuk membantu membasahi atau membilas saluran hidung. Nah teh jahe lah yang akan membantu meredakan sumbatan dan cairan nasal lavage ini yang akan membantu mengosongkan rongga sinus dari lendir.

Cairan ini sebenarnya bisa dibuat sendiri di rumah. Bisa dibuat dengan air yang sudah disterilkan, disuling, atau juga direbus. Namun juga harus disertai membilas filter dengan lebih bersih dan kemudian dikeringkan.

5 dari 6 halaman

4. Obat Herbal Sinusitis Kronis: Cuka Sari Apel

Cuka sari apel ternyata bisa dijadikan sebagai obat herbal penyakit sinusitis kronis. Hal ini disebabkan karena kandungan nutrisi seperti vitamin A, E, B1, B2, kalsium, dan magnesium yang ada dalam cuka sari apel. Nutrisi-nutrisi inilah yang nantinya mampu membersihkan rongga sinus dan mengobati gejala alegi yang disebabkan oleh sinus.

Menurut sebuah penelitian memang cuka sari apel ini sudah sangat sering digunakan untuk membersihkan luka serta mencegah infeksi. Bahkan cuka sari apel juga mampu mencegah pertumbuhan bakteri. Cuka sari apel inilah yang berperan besar mempercepat proses penyembuhan peradangan pada sinus.

Pengobatannya bisa dengan menyeduh tiga sendok makan cuka apel dengan air panas. Kemudian ditambahkan dengan madu atau lemon agar rasanya lebih enak. Setelah mengonsumsi secara rutin, coba perhatikan lendir sinus akan berubah warna menjadi lebih jernih. Perubahan warna ledih ini yang menandakan terjadinya penipisan lendir sehingga bisa dipastikan infeksi sinus sudah lebih membaik.

6 dari 6 halaman

5. Obat Herbal Sinusitis Kronis: Minyak Oregano

Minyak oregano ternyata bisa dijadikan sebagai obat herbal penyakit sinusitis kronis. Hal ini disebabkan karena kandungan carvacol dan timol dalam minyak oregano.

Kedua kandungan senyawa ini memiliki sifat anti-bakteri, anti-inflamasi, dan anti-jamur yang mampu mengurangi rasa sakit dari pembengkakan pada rongga hidung. Sehingga senyawa-senyawa ini juga turut membantu melancarkan aliran lendir pada saluran pernapasan.

Penggunaannya bisa dengan menyeduhkan beberapa tetes minyak oregano pada semangkuk air mendidih, untuk bisa menghirup aromanya. Lakukan ini selama beberapa menit setiap dua kali sehari, pada pagi dan malam hari sampai keluhan sinusitis berangsur membaik.

Selain dapat melegakan saluran pernapasan, uap dari seduhan ini juga dapat membantu penderita sinusitis kronis meringankan nyeri pada wajah. Jadi, selain bisa mengompres hidung, pipi, dan mata dengan air hangat, rasa nyeri bisa sedikit diatasi dengan uap minyak oregano ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini