Sukses

Cara Unik Jepang Jadikan Bandara Lokasi Karantina Corona, Tempat Tidur dari Karton

Cegah penyebaran Corona Covid-19, bandara di Jepang ini jadi tempat karantina sementara.

Liputan6.com, Jakarta Dalam upaya pencegahan penyebaran virus Corona Covid-19, banyak negara menerapkan berbagai macam cara pencegahan. Mulai dari lockdown, social distancing, hingga penghentian sementara acara-acara yang mengundang massa banyak.

Kebijakan seperti ini tentunya mobilisasi masyarakat juga dibatasi. Apalagi orang keluar-masuk dalam suatu wilayah harus menjalani pemeriksaan dan wajib lapor, khususnya yang berasal dari luar negeri maupun luar wilayah tersebut.

Seperti halnya yang dilakukan di Jepang. Salah satu bandara internasionalnya, yaitu Bandara Narita menjadi salah satu tempat karantina sementara untuk pencegahan Corona Covid-19.

Berbeda dengan yang dilakukan di Malaysia melansir dari Worldofbuzz, Minggu (12/4/2020). Di Malaysia bagi tamu kedatangan yang berasal dari luar negeri akan ditempatkan di hotel selama 14 hari dan menjalani pemeriksaan, apabila hasil tes negatif baru diperbolehkan pulang.

Di Jepang, warga yang baru saja dari luar negeri akan menjalani pemeriksaan dan menjalani tes kesehatan. Sebelum hasil tesnya keluar tidak diperbolehkan pulang namun harus tinggal sementara di bandara dengan tempat tidur dari karton dan beberapa fasilitas yang sudah disiapkan.

Berikut ulasan cara unik Jepang mencegah penyebaran Corona Covid-19 yang Liputan6.com lansir dari Worldofbuzz, Minggu (12/4/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Warga yang baru saja pulang dari luar negeri tidak diperbolehkan pulang sebelum hasil tesnya keluar

Mengutip dari netizen Jepang yang baru saja pulang dari luar negeri @kazuki01282000, Kamis (9/4/2020), ia mengunggah potret tempat karantina sementara di Bandara Narita. Ia juga menulis keterangan bahwa ia setidaknya harus bermalam selama satu hingga dua hari untuk menunggu hasil tesnya keluar.

“Pulang dari luar negeri, tempat tidur karton di Bandara Narita. Saya perlu tidur di sini malam ini. Saya tidak bisa pulang sampai saya mendapatkan hasil tes Covid-19 saya, “ ungkap Kazuki dalam media sosial Instagramnya.

3 dari 3 halaman

Tempat karantina berada di area bandara dengan menggunakan tempat tidur dari karton

Tempat karantina sementara di Bandara Narita Jepang menggunakan sebagian area bandara yang terlihat bertuliskan area B. Di area B yang digunakan sebagai tempat karantina tersebut, tempat tidurnya menggunakan karton lalu diberi kasur dan selimut.

Apabila nanti hasil tes kesehatan telah keluar baru diputuskan diperbolehkan pulang atau harus masuk ke tempat karantina khusus yang telah disiapkan bagi warga yang terinfeksi Corona Ccovid-19.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini