Sukses

10 Manfaat Susu Kunyit untuk Kesehatan, Cegah Berbagai Penyakit

Liputan6.com, Jakarta Kunyit merupakan herbal super yang sudah tak diragukan lagi khasiatnya. Rempah berwarna kuning ini memiliki sifat antioksidan kuat yang dapat mencegah berbagai penyakit.

Kunyit banyak dimanfaatkan sebagai bahan makanan dan minuman. Namun, bagaimana jika kunyit dikombinasikan dengan susu? Susu kunyit atau golden milk merupakan minuman tradisional India. Minuman ini kini makin populer di seluruh dunia karena khasiatnya.

Susu kunyit merupakan campuran susu baik itu susu hewan atau susu nabati dengan kunyit dan rempah lain seperti jahe atau kayu manis. Susu kunyit memiliki rasa khas rempah yang kuat. Rempah-rempah ini memberi manfaat tersendiri bagi kesehatan.

Berikut manfaat susu kunyit yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (12/4/2020).

2 dari 7 halaman

Manfaat susu kunyit

Kurangi risiko peradangan

Kandungan anti-inflamasi pada susu kunyit sangat baik untuk mencegah berbagai peradangan. Peradangan bisa menjadi faktor utama sejumlah penyakit seperti sindrom metabolik, Alzheimer, radang sendi, hingga penyakit jantung. Komponen aktif kurkumin pada kunyit sangat memengaruhi proses pencegahan peradangan ini.

Baik untuk otak dan memori

Kunyit juga dapat membantu meningkatkan fungsi otak. Dikombinasikan dengan susu dan rempah lainnya, susu kunyit dpaat mencegah risiko Alzheimer dan penurunan fungsi kognitif.

Dilansir dari Healthline, studi menunjukkan bahwa curcumin dapat meningkatkan kadar faktor neurotropik yang diturunkan dari otak (BDNF). BDNF adalah senyawa yang membantu otak membentuk koneksi baru dan mempromosikan pertumbuhan sel-sel otak.

3 dari 7 halaman

Manfaat susu kunyit

Sehatkan jantung

Kayu manis, jahe, dan kunyit, bahan utama susu kunyit dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Kurkumin pada kunyit dapat meningkatkan fungsi lapisan pembuluh darah yang mendukung jantung yang sehat. Sementara jahe dan kayu manis dapat menurunkan tingkat kolesterol jahat. Susu juga merupakan sumber kalium yang dapat melebarkan pembuluh darah dan mengurangi tekanan darah.

Cegah kanker

Susu mengandung kalsium dan vitamin D yang dapat membantu melindungi terhadap kanker. Kalsium dapat melindungi lapisan usus untuk mengurangi risiko kanker usus besar atau kanker dubur. Vitamin D mungkin berperan dalam regulasi pertumbuhan sel.

Curcumin, bahan aktif dalam kunyit, juga dapat mencegah tumbuhnya sel-sel kanker. Sementara jahe memiliki senyawa gingerol menunjukkan sifat anti-kanker.

4 dari 7 halaman

Manfaat susu kunyit

Dukung kekebalan tubuh

Kurkumin mengandung sifat-sifat antibakteri, antivirus, dan antijamur yang dapat membantu melawan infeksi. Efek ini sekaligus juga bisa menguatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan penyakit. Di India, susu emas sering digunakan sebagai obat rumah melawan pilek. Jahe dan kayu manis juga merupakan pengobatan rumahan untuk pilek dan flu.

Lancarkan pencernaan

Susu kunyit sangat baik untuk pencernaan. Kunyit, susu, dan jahe dpaat membantu mengurangi gejala ganggua pencernaan. Kunyit juga dapat meningkatkan pencernaan lemak dengan meningkatkan produksi empedu. Susu juga sangat baik untuk kesehatan usus.

5 dari 7 halaman

Manfaat susu kunyit

Sehatkan tulang

Baik susu hewan maupun susu nabati, keduanya sangat bermanfaat untuk tulang. Susu kaya akan kalsium dan vitamin D. Kalsium adalah nutrisi yang diperlukan untuk membentuk tulang kuat. sementara vitamin D membantu tubuh menyerap kalsium dari makanan. Kekurangan vitamin D dalam tubuh dapat menyebabkan tulang lemah dan rapuh.

Perbaiki suasana hati

Kurkumin juga dapat meningkatkan suasana hati dan mengurangi gejala depresi. Kurkumin juga dapat mengurangi tingkat kecemasan yang juga dapat meningkatkan kualitas tidur. Susu yang kaya akan vitamin D juga dapat mendukung produksi serotonin, hormon yang dikaitkan dengan suasana hati, nafsu makan, dan tidur.

6 dari 7 halaman

Manfaat susu kunyit

Bantu turunkan gula darah

Serupa dengan efeknya sebagai pencegah kanker, susu kunyit juga bermanfaat untuk menurunkan gula darah. Kurkumin dalam kunyit dapat menurunkan kadar glukosa darah, membantu pengobatan diabetes. Senyawa ini juga berperan dalam mencegah gangguan hati terkait diabetes.

Bantu penurunan berat badan

Sifat anti-inflamasi dari curcumin dalam susu kunyit dapat membantu penurunan berat badan. Susu kunyit dapat melancarkan sistem metabolik dan mencegah peradangannya. Ini dapat melancarkan pencernaan dan mendukung berat badan yang ideal dan sehat. Sebuah penelitian pada hewan juga menunjukkan bahwa curcumin juga dapat menekan pertumbuhan jaringan lemak.

7 dari 7 halaman

Cara membuat susu kunyit

Bahan:

1/2 gelas (120 ml) susu tanpa pemanis (bisa susu sapi, kedelai, atau santan)

1 sdt kunyit

1 potong kecil jahe segar parut atau 1/2 sdt bubuk jahe

1/2 sdt bubuk kayu manis

1 sejumput lada hitam

1 sdt madu (opsional)

Cara membuat:

1. Campur semua bahan dalam panci dan panaskan.

2. Kecilkan api dan biarkan mendidih selama sekitar 10 menit atau sampai harum dan beraroma.

3. Saring minuman dengan saringan halus ke dalam gelas dan taburi dengan sejumput kayu manis.

4. Susu kunyit bisa langsung diminum atau disimpan di lemari es.

Susu kunyit bisa disimpan di lemari es hingga 5 hari. Panaskan kembali sebelum diminum.