Sukses

13 Makanan yang Banyak Mengandung Vitamin C, Tak Cuma Jeruk

Liputan6.com, Jakarta Makanan yang banyak mengandung vitamin C umumnya hanya dikenal dari jenis buah-buahan sitrus seperti jeruk. Namun sesungguhnya masih banyak di luar sana jenis dari makanan yang banyak mengandung vitamin C. Bahkan tidak sedikit sumber makanan yang banyak mengandung vitamin C bisa didapat dari jenis selain buah-buahan.

Manusia tentunya membutuhkan makanan yang banyak mengandung vitamin C. Tentu saja karena vitamin C memang dibutuhkan oleh tubuh dalam menjaga kesehatan, seperti mencegah sariawan dan menjaga daya tahan tubuh. Oleh sebab itu wajib bagi kita untuk mengonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin C.

Alasan mengapa manusia sangat penting untuk mengonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin C, karena vitamin C merupakan salah satu zat antioksidan yang digunakan oleh tubuh sebagai tameng untuk mencegah kerusakan  yang disebabkan oleh radikal bebas. Penyebab radikal bebas sangat beragam, seperti paparan asap tembakau atau polusi debu dijalanan. Penuaan dini biasasnya disebabkan oleh penumpukan dari berbagai macam radikal bebas. Selain itu, radikal bebas juga berpotensi menyebabkan kanker dan penyakit jantung.

Lalu apa saja jenis makanan yang banyak mengandung vitamin C yang baik untuk dikonsumsi? Dibawah ini Liputan6.com telah merangkum berbagai jenis makanan yang banyak mengandung vitamin C yang bisa Anda jadikan pilihan asupan, Senin (13/4/2020).

2 dari 3 halaman

Makanan yang banyak mengandung vitamin C dari buah

1. Kiwi

Makanan yang banyak mengandung vitamin C yang pertama yaitu buah kiwi. Buah ini merupakan sumber vitamin C yang sangat baik bagi jantung dan otot. Manfaat tersebut dikarenakan kandungan zat magnesium dan potassium pada kiwi. Selain kandungan tersebut, kiwi juga memiliki kandungan seng serta folat, dimana kandungan ini sangat baik bagi penderita anemia.

2. Nanas

Bbuah ini mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Selain itu buah nanas juga memiliki kandungan bromelain. Bromelain merupakan salah satu enzim yang membantu proses pencernaan. Nanas ternyata juga mengandung lebih banyak vitamin C jika dibandingkan dengan buah jeruk. Selain itu juga kaya akan kandungan serat.

3. Pepaya

Dengan mengonsumsi papaya, maka dapat membantu Anda dalam membersihkan sinus. Selain itu, papaya juga dipercaya mampu mencerahkan kulit, dan menguatkan tulang. Selain kaya akan kandungan vitamin C, pepaya juga kaya akan kandungan serat yang telah dikenal oleh berbagai kalangan masyarakat sebagai makanan yang ampuh untuk memperlancar pencernaan.

4. Stroberi

Buah ini juga terkenal karena kandungan vitamin C-nya yang cukup banyak. Selain itu rasa stroberi juga menyegarkan jika dijadikan sebagai minuman. Selain kandungan vitamin C, buah stroberi juga mampu membantu Anda untuk membakar lemak pada tubuh. Hal tersebut karena adanya kandungan anthocyanin pada stroberi. Stroberi juga dipercaya dapat memutihkan gigi secara alami.

5. Jambu

Jambu merupakan jenis buah yang ternyata juga memiliki kandungan dari vitamin C yang cukup tinggi. Selain itu jambu juga sangat baik jika dikonsumsi oleh penderita diabetes. Bagi Anda yang sedang dalam program penurunan berat badan, Anda juga dapat terbantu jika mengonsumsi buah jambu, karena jambu dipercaya juga dapat membantu menurunkan berat badan. Selain itu, jambu juga mampu menormalkan tekanan darah tinggi dan mempercepat dalam mengatasi flu.

6. Mangga

Mangga merupakan jenis buah yang dapat kita temui di daerah dengan iklim tropis. Kandungan dari buah ini memang terkenal dengan vitamin C yang cukup tinggi. Selain itu buah manga juga memiliki kandungan vitamin A yang dapat membantu menutrisi mata dan menjaga kesehatan mata.

7. Lemon dan jeruk

Mungkin untuk sumber dari buah-buahan berupa lemon dan jeruk ini sudah tidak asing jika kita mencari sumber dari vitamin C bagi tubuh. Buah ini merupakan salah beberapa dari jenis buah sitrus. Lemon dan jeruk sering dikonsumsi dengan cara dijadikan minuman segar seperti infuse water maupun jus. Atau terkadang bisa ditambahkan kedalam jenis makanan seperti salad atau makanan tradisional khas Indonesia.

3 dari 3 halaman

Makanan yang banyak mengandung vitamin C dari sayuran

1. Cabai

Beralih ke makanan dengan sumber vitamin C dari jenis sayuran, yaitu cabai. Sesungguhnya jenis makanan ini masih termasuk dalam jenis buah-buahan, namun umumnya digunakan sebagai bahan makanan dari kategori sayuran. Selain terkenal karena rasa pedasnya, cabai juga kaya akan vitamin C yang baik bagi tubuh. Selain vitamin C, cabai juga memiliki kandungan zat berupa capsaicin, dimana zat tersebut yang juga menyebabkan timbul rasa pedas pada cabai, namun zat tersebut yang dapat berfungsi dalam membantu mengurangi nyeri sendi.

2. Paprika

Makanan yang banyak mengandung vitamin C selanjutnya yaitu paprika. Baik paprika merah maupun hijau, masing-masing memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Bahkan kandungan vitamin C pada satu buah paprika lebih tinggi dibandingkan dengan jeruk. Selain itu paprika juga memiliki kandungan vitamin A yang sangat baik bagi mata.

3. Tomat

Salah satu makanan dengan kandungan vitamin C ini akan sangat segar jika dikonsumsi dengan cara di buat minuman seperti jus tomat dengan campuran wortel. Atau jika suka, Anda bisa langsung. Tomat memiliki kandungan seperti vitamin C dan juga antioksidan. Selain itu, tomat juga mampu membantu memperlancar pencernaan Anda, serta menjaga kesehatan mata, menurunkan kolesterol, dan membantu detoksifikasi pada tubuh.

4. Brokoli

Jenis sayuran ini juga dapat dijadikan sumber dari vitamin C yang baik bagi tubuh. Brokoli juga dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan Anda. Lalu terdapat khasiat dari mengonsumsi brokoli lainnya, yaitu dapat mengatasi sembelit dan mengurangi peradangan. Brokoli juga sangat banyak mengandung vitamin E dan A yang baik bagi kulit dan mata.

5. Kangkung

Sayuran kangkung juga memiliki kandungan vitamin C yang bisa didapatkan apabila mengonsumsinya. Kangkung juga kaya akan kandungan vitamin A dan K yang sangat tinggi dan sangat mencukupi kebutuhan vitamin harian hanya dengan mengonsumsi kangkung.

6. Kembang kol

Makanan yang banyak mengandung vitamin C selanjutnya adalah kembang kol. Namun, selain mengandung banyak vitamin C, makanan berupa kembang kol ini juga merupakan jenis sayuran yang ternyata memiliki kandungan protein, vitamin B kompleks, folat, dan kalium. Jenis sayuran ini juga baik bagi kesehatan jantung karena mengandung sulforaphane, zat yang mampu membantu mengurangi tekanan darah tinggi dan dapat meningkatkan kemampuan kerja dari organ ginjal.

Dari berbagai jenis makanan yang banyak mengandung vitamin C di atas tentu harus dikonsumsi dengan teratur dan tidak berlebihan ya.