Sukses

4 Fakta Bripka Jerry Tumondo, Polisi yang Makamkan Jenazah Pasien Corona Terlantar

Penyebaran virus corona covid-19 yang semakin meluas membuat seluruh masyarakat memiliki rasa khawatir berlebihan.

Liputan6.com, Jakarta Penyebaran virus corona covid-19 yang semakin meluas menimbulkan kekhawatiran bagi seluruh lapisan masyarakat. Tim medis, pemerintah, dan semua masyarakat bahu membahu untuk memutus rantai penyebaran virus corona covid-19 yang semakin meluas. 

Dilasnir dari worldometers pada Selasa (14/4/2020) jumlah kasus corona covid-19 sudah menginjak angka 1,9 juta di seluruh dunia. Seluruh negara di dunia pun terus berupaya untuk memutus penyebaran virus corona ini agar tidak semakin meluas.

Virus corona covid-19 sudah menjatuhkan banyak korban jiwa dan bisa menularkan siapa saja tanpa memandang status sosial. Karena penyebaran yang semakin meluas dan meningkatkan rasa khawatir, masyarakat pun tidak ingin menerima jenazah pasien yang sudah tertular virus corona.

Karena ditolak masyarakat, beberapa jenazah korban Covid-19 pun terpaksa harus terlantar. Seperti baru-baru ini ada jenazah korban corona yang sempat terlantar di wilayah Sulawesi Utara. Hal tersebut kemudian menggetarkan hati Kanit Reskrim Polsek Dimembe Polres Minahasa Utara, Sulawesi Utara yang bernama Bripka Jerry Tumondo.

Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang 4 fakta Bripka Jerry Tumondo, polisi yang makamkan jenazah pasien positif corona yang terlantar, Selasa (14/4/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Sudah Berkeluarga dan Memiliki Tiga Orang Anak

Bripka Jerry Tumondo berasal dari Sulawesi Utara dan sudah memiliki tiga orang anak. Saat video call dengan Kapolri Idham Aziz, Idham menanyakan pangkat Jerry dan menitip salam untuk sang istri.

 

3 dari 5 halaman

2. Kaget Saat Mendapatkan Ucapan dari Kapolri Idham Aziz

Kanit Reskrim Polsek Dimembe, Sulawesi Utara, Bripka Jerry Tumondo tidak menyangka akan di video call langsung oleh Kapolri Jendral Idham Azis. Suara Bripka Jerry pun bergetar saat menerima video call dari Kapolri. Kapolri Idham pun menanyakan pangkat Jerry saat ini.

"Halo, selamat sore. Apa kabar anak-anak di sana? Sehat ya?" sapa Jenderal Idham Azis. "Saya atas nama pribadi serta institusi Polri mengucapkan terima kasih sudah respect sama hasil kerja kemanusiaan pada Pak Jerry Tumondo," tambahnya.

"Siap Jenderal," jawab Bripka Jerry dengan nada terharu.

Selain itu Kapolri Idham Aziz dan mewakili seluruh jajaran Kapolri, mengungkapkan rasa bangganya kepada Bripka Idham Aziz.

"Seluruh anggota Polri bangga dengan keikhlasan kamu membantu memakamkan korban jenazah akibat corona atau Covid-19," ujar Idham Azis.

4 dari 5 halaman

3. Menerima Penghargaan Dari Kapolri Idham Aziz

Bripka Jerry Tumondo mendapatkan penghargaan dari Kapolri Idham Aziz atas aksi kemanusiannya dengan bersedia menjadi sukarelawan memakamkan jenazah positif covid-19. Hal ini dilakukan Bripka Jerry Tumondo atas dasar rasa kemanusiaan.

5 dari 5 halaman

4. Mendapatkan hadiah Sekolah Inspektur Polisi (SIP)

Selain mendapatkan penghargaan, Kapolri Idham Aziz juga memberikan hadiah Sekolah Inspektur Polisi (SIP) kepada Bripka Jerry Tumondo.

"Nanti tahun depan masuk SIP ya, bilang ke istri, pak Kapolsek dan Kapolres bilang Kapolri tadi telepon, nanti surat (telescoting) nya saya kirim ke Kapolda ya," ujar Idham.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.