Sukses

5 Aplikasi Buat Instagram Stories Estetik, Tanpa Template

Liputan6.com, Jakarta Pengguna Instagram sekarang banyak yang memanfaatkan Instagram Stories. Hal ini disebabkan karena Instagram Stories lebih real time jika dibandingkan fitur Feed Instagram. Hal ini juga yang membuat banyak orang kemudian berlomba-lomba membuat konten Instagram Stories yang estetik. 

Tetapi banyak yang mengeluhkan, jika editing konten menggunakan template terlalu kaku. Nah, di sini pentingnya aplikasi buat Instagram Stories yang estetik.

Jangan salah, aplikasi buat Instagram Stories estetik juga banyak digunakan oleh para Instagrammer dan Content Creator loh. Aplikasi inilah rahasia dapur mereka untuk bisa membuat konten-konten yang epik.

Instagram Stories ini salah satu platform yang sangat fleksibel. Tergantung dengan siapa yang menggunakan dan konten apa yang ingin dibagikan. Tidak hanya sekadar foto, boomerang, video diri yang hendak dipertontonkan. Bahkan banyak yang ingin membagikan konten-konten yang informatif tetapi bingung cara mengemasnya. Tetapi dengan aplikasi buat Instagram Stories estetik ini, kamu bisa membuat konten yang lebih luas lagi.

Misalnya saja ingin membuat konten informatif dengan desain majalah atau sering disebut Instagram Stories Magazine. Kemudian membuat doodleart sampai Instagram Stories Vlog yang hanya berdurasi 14 detik.

Nah, berikut aplikasi buat Instagram Stories estetik yang sudah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (14/4/2020).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 6 halaman

1. Aplikasi Buat Instagram Stories Estetik: Lightroom

Aplikasi lightroom ini bisa digunakan untuk membuat warna foto menjadi lebih hidup. Terlebih jika digunakan untuk mempercantik foto dari kamera ponsel. Karena kebanyakan kamera ponsel memang tidak memberikan hasil foto dengan warna yang tajam.

Bahkan lightroom juga menyediakan fitur preset untuk bisa membantu penggunanya menyimpan hasil editing. Jika sudah disimpan atau dijadikan preset maka editing selanjutnya tinggal menggunakannya lagi, tidak perlu mengedit dari awal.

Membuat Instagram Stories yang estetik kunci utamanya pada foto yang memiliki warna tajam. Selain itu memiliki resolusi yang besar, detail, dan seimbang. Semakin bagus kualitas foto, maka akan semakin nyata dan sampai pesannya.

Dalam lightroom fitur yang bisa mempercantik warna ada pada light dan colour. Keduanya bisa dipadukan dengan menyeimbangkan gelap-terang keadaan dalam foto dan samar-tajam warna objek di dalam foto. Agar foto menjadi lebih detail bisa menggunakan effect dan detail. Dalam efek bisa mengatur texture dan clarity. Sedangkan dalam detail bisa mengatur sharperning.

Selain itu bisa menggunakan fitur crop dan rotate untuk menyeimbangkan komposisi dalam foto. Keseimbangan ini bisa diatur sendiri atau juga diatur otomatis. Jika ingin mengatur keseimbangan sendiri, bisa langsung menggerakkan sumbu derajat di bawah foto. Tetapi jika ingin menyeimbangkannya secara otomatis, bisa langsung pilih menu straighten.

3 dari 6 halaman

2. Aplikasi Buat Instagram Stories Estetik: Picsart

Picsart merupakan salah satu aplikasi yang bisa membuat gambar doodle pada foto tanpa pensil dan mengatur foto dengan layer tanpa photoshop, hanya menggunakan fitur drawing. Dalam fitur drawing, ada menu create new untuk membuka lembar kerja kosong. Ada menu pick canvas untuk memilih ukuran lembar kerja dan background yang tersedia atau juga foto dari galeri.

Membuat susunan foto menjadi lebih rapi karena ada fitur callages. Biasanya untuk membuat Instagram Stories estetik hanya perlu menggunakan menu grid. Menu ini bisa digunakan untuk menyusun banyak foto menjadi satu frame Instagram Stories saja. Tetapi fitur grid ini hanya bisa digunakan untuk menyusun dengan kaku.

Kemudian ada banyak tools yang bisa digunakan untuk menyeimbangkan foto. Termasuk menyusun foto tanpa batasan menggunakan fitur add photo. Kemudian ada fitur text untuk menambahkan teks atau sekadar ingin membuat teks seolah menyatu di dalam objek foto.

Ada fitur fit dan border yang membantu memperbanyak space di luar foto. Menambahkan stiker lucu dengan fitur sticker. Stiker dalam Picsart tidak kalah lucu dengan stiker dalam Instagram Stories loh.

4 dari 6 halaman

3. Aplikasi Buat Instagram Stories Estetik: Phonto

Phonto merupakan aplikasi yang pada awalnya khusus digunakan untuk membuat teks. Phonto juga menyediakan banyak font serif dan san serif. Font ini bisa diandalkan untuk desain teks pada Instagram Stories. Misalnya saja membuat teks formal, teks non-formal, teks agar tidak melelahkan dibaca, dan teks yang tegas.

Jadi, Instagram Stories sebenarnya tidak hanya bisa digunakan untuk membagikan aktivitas atau foto dan video bebas biasa. Tetapi dengan bantuan aplikasi Phonto, konten Instagram Stories bisa dibuat seperti majalah atau Instagram Stories Magazine. Bisa dibuat seperti desain koran yang memberi kesan informatif. Bisa juga untuk sekadar membuat keterangan foto dengan perpaduan tipografi agar lebih estetik.

Nah, font dalam aplikasi ini juga bisa ditambahkan sendiri. Caranya dengan mengunduhnya sendiri melalui google, kemudian diekstrak, dan otomatis langsung terpasang pada aplikasi Phonto. Dan sekarang aplikasi ini juga bisa digunakan untuk menyusun foto loh. Jadi, untuk membuat Instagram Stories Magazine menjadi lebih mudah.

5 dari 6 halaman

4. Aplikasi Buat Instagram Stories Estetik: Snapseed

Snapseed ini hampir sama kegunaanya dengan aplikasi Lightroom. Ada kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Dalam aplikasi Snapseed, memang tidak bisa untuk mempertajam warna. Tetapi bisa digunakan untuk membuat foto menjadi lebih seimbang dengan 28 tools yang tersedia.

Ada menu tune image agar foto memiliki warna seperti hasil foto pada ponsel Iphone. Ada menu detail untuk mempertajam foto. Ada curve dan white balance untuk mengatur warna secara otomatis. Ada crop, perspective, dan rotate yang bisa digunakan untuk menyeimbangkan komposisi objek foto.

Kelebihan dalam aplikasi Snapseed, straighten atau keseimbangan tidak bisa secara otomatis didapatkan. Tetapi saat mengatur keseimbangan objek, foto tidak akan terpotong, dan pada bagian tepi akan dilengkapi dengan serpihan-serpihan warna dalam foto.

6 dari 6 halaman

5. Aplikasi Buat Instagram Stories Estetik: Inshot

Inshot bisa digunakan untuk membuat konten Instagram Stories basic foto dan video. Meskipun jika digunakan untuk mengedit foto tidak bisa maksimal tetapi jika digunakan untuk mengedit video, aplikasi ini merupakan yang terbaik. Video dengan format apa saja bisa dibuka dalam Inshot.

Ada fitur trim untuk memotong video. Ada canvas untuk mengatur rasio video dan frame juga bisa menggunakan frame yang tersedia atau juga mengaturnya sendiri. Frame bisa diatur sendiri dengan menggerakkan jari telunjuk dan jari tengah pada video. Ada fitur filter untuk mengatur warna. Bisa mengaturnya otomatis dengan filter dan effect, sedangkan untuk mengaturnya sendiri bisa menggunakan adjust.

Inshot juga menyediakan fitur musik untuk mengatur suara dalam video. Sticker untuk menambahkan stiker dan gambar. Fitur text untuk menambah teks yang bisa bergerak seperti teks pada power point. Fitur speed untuk mengatur cepat-lambatnya gerak gambar kemudian fitur background untuk mengatur latar belakang video. Dan fitur crop, rotate, flip untuk mengatur keseimbangan objek dalam video.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.