Sukses

8 Cara Menata Ruangan Sempit agar Terlihat Luas, Mudah Diterapkan

Liputan6.com, Jakarta Cara menata ruangan sempit agar terlihat luas bisa dilakukan dengan berbagai cara mudah. Penataan berbagai benda-benda yang menjadi properti di rumah, pemilihan warna hingga kebersihan ruangan menjadi beberapa hal yang harus diperhatikan. Karena cara menata ruangan sempit ternyata gampang-gampang susah. 

Menata ruangan sempit agar terlihat luas tentunya akan membuat kamu lebih nyaman di rumah. Selain itu, saat teman atau kerabat datang berkunjung pun kamu akan lebih percaya diri dalam menyambut mereka, karena rumah kamu terlihat luas, bersih, dan nyaman.

Cara menata ruangan sempit agar terlihat luas dapat membuatmu lebih nyaman. Penataan yang rapi tentunya menjadi kunci agar ruangan sempit terlihat luas. Dengan begitu kamu pun akan semakin nyaman dan tenang untuk beristirahat di rumah.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (15/4/2020) tentang cara menata ruangan sempit agar terlihat luas

2 dari 5 halaman

Pilih Furnitur yang Praktis dan Warna Cerah

Pilih Furnitur yang Praktis dan Multifungsi

Cara menata ruangan sempit agar terlihat luas yang pertama adalah memilih furnitu yang praktis dan multifungsi. Kamu harus membuat rumah lapang dan tidak dipenuhi oleh berbagai barang-barang, terutama yang berukuran besar.

Pilihlah perabot rumah yang ringan dan memiliki desain praktis. Contohnya perabotan transparan dan memiliki kaki yang tipis. Selain itu, gunakan furnitur multifungsi yang bisa dipakai untuk beberapa kebutuhan sekaligus, misalnya ranjang yang memiliki ruang penyimpanan di bawahnya, meja yang bisa dilipat dan menjadi kursi saat tidak digunakan, dan lainnya.

Pilih Warna Cerah

Salah satu cara menata ruangan sempit agar terlihat luas paling ampuh adalah pemilihan warna cat dinding. Pemilihan warna cat yang tepat memang akan memberi kesan tersendiri, bahkan bisa menjadi sangat berbeda dari biasanya.

Untuk ruangan dengan ukuran kecil, pilihlah warna-warna cerah seperti biru muda, hijau muda, merah muda, krem, dan abu-abu terang. Warna tersebut akan membuat ruangan terkesan tidak begitu padat.

Jangan lupa untuk memilih dan menyesuaikan warna cat dengan desain dan juga perabotan rumah, sehingga secara keseluruhan rumah kamu akan terlihat indah dan nyaman.

3 dari 5 halaman

Tempatkan Cermin pada Beberapa Titik dan Gunakan Karpet dengan Motif Pola yang Tepat

Tempatkan Cermin pada Beberapa Titik

Cermin menjadi salah satu benda yang cukup penting sebagai cara menata ruangan sempit agar terlihat luas. Kamu bisa memilih beberapa cermin berukuran sedang dan memiliki bingkai unik untuk mempercantik rumah.

Tempatkan cermin ini bersisian, sehingga kesan luas dan artistik bisa kamu dapatkan sekaligus. Penggunaan cermin seperti ini bisa diterapkan di beberapa ruangan, terutama pada ruangan utama yang kerap menjadi bagian fokus rumah tersebut.

Gunakan Karpet dengan Motif Pola yang Tepat

Cara menata ruangan sempit agar terlihat luas berikutnya adalah menggunakan karpet dengan motif pola yang sesuai. Penggunaan karpet pada area lantai juga patut menjadi perhatian. Jangan sembarang memilih motif karpet, sebab motif yang salah bisa saja membuat rumah terkesan menjadi penuh dan tampak sempit.

Sebisa mungkin pilih karpet dengan motif pola kecil dan berulang, sebab motif yang seperti ini akan membuat ruangan terasa lebih luas dan lega. Karpet ini bisa digunakan pada beberapa area rumah atau bahkan di bawah furnitur yang kamu gunakan.

4 dari 5 halaman

Manfaatkan Area Dinding dan Tirai Berukuran Besar

Manfaatkan Area Dinding

Cara menata ruangan sempit agar terlihat luas selanjutnya adalah dengan memanfaatkan area dinding. Memiliki beragam furnitur akan menjadi tantangan tersendiri di rumah sempit. Sebab kamu perlu menata segala sesuatunya dengan baik. Untuk urusan yang satu ini, tidak ada salahnya memanfaatkan area dinding rumah.

Kamu bisa menggantung televisi dan juga beragam perabotan elektronik pendukung lainnya di dinding saja, daripada harus menggunakan area rumah yang sempit dengan menaruhnya di meja khusus.

Jendela dan Tirai Berukuran Besar

Cahaya yang masuk ke rumah juga bisa memberi kesan luas di area dalam rumah, dan hal ini bisa kamu dapatkan jika memiliki jendela berukuran besar. Buatlah jendela dengan ukuran besar, sehingga cahaya matahari lebih banyak masuk.

Selain itu, lengkapi juga jendela ini dengan tirai berukuran tepat dan panjang, agar kesan luas memang bisa didapatkan dengan maksimal. Jadi cara menata ruangan sempit agar terlihat luas juga dipengaruhi oleh jendela dan tirainya.

5 dari 5 halaman

Gunakan Sekat dan Stiker pada Area Plafon

Gunakan Sekat dan Hindari Penggunaan Pintu

Cara menata ruangan sempit agar terlihat luas berikutnya adalah menggunakan sekat. Rumah dengan ruangan yang dibatasi oleh pintu akan terasa lebih sempit, terutama jika ruangan-ruangan di dalam rumah memang tidak berukuran besar. Hindari hal ini dengan cara menggunaan sekat antar ruangan saja dan hindari penggunaan pintu.

Selain memberi kesan yang lebih luas, penggunaan sekat seperti ini juga akan membuat kamu lebih leluasa untuk menata rumah. Kamu bisa menggunakan sekat dari perabot yang punya fungsi lainnya.

Gunakan Stiker pada Area Plafon

Penggunaan stiker pada plafon rumah akan memberi kesan yang berbeda dan membuat rumah tampak lebih luas lagi. Kesan ini bahkan akan semakin mudah didapatkan, jika ternyata kamu bisa memilih desain dan warna stiker yang tepat.

Gunakan stiker ini pada area plafon rumah dan dapatkan ilusi yang memberi kesan luas pada ruangan di bawahnya.