Sukses

10 Makanan Khas Thailand yang Halal dan Enak, Bikin Ketagihan

Liputan6.com, Jakarta Makanan khas Thailand mungkin sebagain sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Pasalnya, Thailand merupakan salah satu destinasi wisata yang cukup sering dikunjungi orang Indonesia. Hal ini tentunya dipengaruhi oleh faktor jarak yang dekat dan wisata Thailand yang sangat indah. 

Tidak hanya tempat wisata saja Thailand saja yang menarik bagi wisatawan luar negeri, kulinernya juga tak kalah menarik perhatian. Bahkan, tidak jarang restoran-restoran di Indonesia menawarkan menu makanan khas Thailand yang menggugah selera dan tentunya halal.

Makanan khas Thailand yang enak digemari sebagai wisata kuliner bagi wisatawan. Dengan berbagai bumbu dari makanan khas Thailand ini, membuatnya tidak kalah menggugah selera dengan kuliner negara lainnya.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (15/4/2020) tentang makanan khas Thailand

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 6 halaman

Tom Yum dan Pad Thai

Tom Yum

Mungkin kamu sudah mengenal makanan khas Thailand satu ini. Bahkan mungkin kamu sudah sering mendengar namanya. Tom yum memang sudah banyak dijual di Indonesia.

Tom yum merupakan makanan berupa hidangan sup yang terdiri dari ragam sajian seperti udang, ikan, dan masih banyak lagi. Setiap bahan dasar sebagai sajian utama tom yum memberikan karakteristik sendiri yang dibedakan dari nama makanannya.

Ada tom yum goong yang berisi udang, tom yum pla yang berisi ikan, dan tom yum po taek yang berisi aneka jenis makanan laut. Tom yum ada yang mempunyai kuah bening dan kuah santan.

Untuk tom yum yang berkuah santan mempunyai rasa yang lebih gurih dibandingkan tom yum kuah bening. Untuk bumbunya sendiri berupa bumbu halus yang berasal dari campuran bawang putih, lengkuas, cabai, serai, kecap asin, daun jeruk, jahe, dan jeruk nipis.

Pad Thai

Makanan khas Thailand yang berikutnya adalah Pad Thai. Pad Thai adalah mie siram, yang dimasak dengan gula aren dan kuah asam, lalu ditambahkan dengan udang, kacang, tauge, dan taburan daun bawang.

Sama dengan Tom yum, pada menu Pad Thai ini, kamu juga bisa memilih menggunakan bahan udang ataupun ayam. Bagi kamu yang menyukai makanan mie, tentunya wajib mencoba makanan khas Thailand satu ini.

3 dari 6 halaman

Gai Yang dan Som Tam

Gai Yang

Gai Yang merupakan makanan khas Thailand berupa ayam bakar utuh. Jadi, makanan satu ini sangat cocok dijadikan santapan bersama keluarga atau rombongan, dan dimakan bersama-sama.

Gai yang bisa kamu dapatkan di daerah Chiang Mai, Thailand. Ayam bakar yang disajikan akan dibalur terlebih dahulu dengan bumbu-bumbu khusus yang menjadikan rasanya lebih khas. Setelah ayam terlapisi bumbu, ayam langsung dibakar.

Penyajian Gai Yang biasanya ditempatkan pada piring besar dengan ayam yang sudah dipotong-potong kasar sehingga lebih mudah dimakan.

Som Tam

Som Tam adalah makanan khas Thailand berupa salad yang terbuat dari serutan pepaya muda yang diberi bumbu. Bumbu untuk salad ini antara lain cabai, gula palem, saus ikan dan perasan jeruk nipis.

Selain serutan pepaya muda sebagai bahan utama, bahan pelengkap lainnya yang ditambahkan terdiri dari udang kering, tomat, kacang panjang, terung bulat dan kacang sangrai yang ditumbuk kasar. Som Tam tentunya bisa membuat liburanmu semakin menyegarkan.

4 dari 6 halaman

Khao Tom dan Khao Phad

Khao Tom

Makanan khas Thailand selanjutnya adalah Khao Tom. Khao tom merupakan bubur nasi yang dimasak bersama campuran daging atau produk hasil laut.

Jika bubur nasi dicampur dengan udang maka namanya adalah khao tom goong. Jika menggunakan campuran daging babi maka diberi nama khao tom moo. Kemudian bubur nasi yang dicampur dengan ikan dikenal dengan sebutan khao tom pla.

Khao tom yang mencampurkan bubur nasi dengan udang dan ayam termasuk ke dalam makanan khas Thailand yang halal sehingga boleh dikonsumsi oleh setiap orang yang beragama Islam. Tentunya kamu harus teliti lagi bila yang disajikan tempat makan adalah Khao Tom menggunakan campuran daging babi, yang tentunya tidak halal.

Khao tom mengandung bumbu rempah yang bersifat menghangatkan tubuh. Dengan sifatnya tersebut, khao tom sebenarnya juga cocok jika dimakan ketika hawa sedang dingin. Di Thailand sendiri, bubur khao tom biasanya dimakan untuk sarapan.

Khao Phad

Khao Phad adalah makanan khas Thailand berupa nasi goreng. Nasi goreng khas Thailand ini menggunakan bahan-bahan yang terdiri dari nasi, telur, bawang putih, saus tiram, saus kecap, garam dan gula. Semua bahan-bahan ini dimasak dengan memakai wajan dan disajikan bersama potongan timun, selada, potongan jeruk dan potongan tomat.

Beberapa variasi nasi goreng Thailand ditambahkan dengan potongan ayam, potongan daging babi, kepiting ataupun udang. Nasi goreng Thailand biasanya tidak berasa pedas sehingga disukai para wisatawan yang tidak terbiasa dengan menu-menu makanan Thailand yang pedas. 

Jika ingin menikmati Khao Pad ini, kamu harus memperhatikan campuran dagingnya terlebih dahulu. Tanyakan atau mintalah ke tempat makan untuk tidak menyediakan daging babi, agar makananmu senantiasa halal dimakan.

5 dari 6 halaman

Tod Man Pla dan Mango Sticky Rice

Tod Man Pla

Tod man pla merupakan makanan khas Thailand yang menghidangkan daging ikan dan ayam. Biasanya, masyarakat Thailand lebih memilih ikan untuk dijadikan tod man pla. Ikan yang dipilih juga tidak sembarang ikan, syaratnya harus ikan yang mempunyai daging berwarna putih. Jadi kalau di Indonesia, tod man pla ini bisa dibuat dari ikan tuna, kakap, tenggiri, dan gindara.

Tod man pla biasanya bisa kamu temui di jalanan. Makanan berbahan dasar ikan ini biasanya diberi bumbu pasta kari merah ala Thailand. Bumbu kari yang dipergunakan akan memberikan warna merah dan rasa yang sedikit pedas. Selain itu ada juga tambahan kacang panjang dan acar mentimun sebagai pelengkapnya.

Mango Sticky Rice

Mango Sticky Rice merupakan salah satu makanan khas Thailand yang cukup unik. Mango Sticky Rice terdiri dari ketan, santan dan potongan mangga kuning yang manis. Ketan direndam dalam air terlebih dahulu, baru kemudian dikukus sampai matang.

Sedangkan santan kelapa dipanaskan tetapi tidak sampai mendidih dan ditambahkan dengan gula dan garam. Dalam penyajiannya, sekepal ketan diletakkan di atas piring dan kemudian di atasnya ditambahkan potongan mangga kuning. Selanjutnya santan kelapa disiramkan di permukaannya.  

6 dari 6 halaman

Kanom Krok dan Thai Tea

Kanom Krok

Makanan khas Thailand satu ini merupakan salah satu camilan yang wajib kamu cicipi. Kanom krok merupakan kue kelapa yang dimasak dengan penggorengan bulat yang memiliki bolongan-bolongan kecil seperti penggorengan yang dipakai untuk memasak Takoyaki.

Kue ini terdiri dari bahan-bahan sederhana seperti tepung, santan, gula, garam, dan gula aren. Biasanya ditambah juga dengan taburan daun bawang di atasnya. Kue gurih ini enggak boleh kamu lewatkan kalau sedang jalan-jalan ke Thailand.

Cha Yen atau Thai Tea

Tentunya tidak lengkap ke Thailand bila belum mencoba salah satu minuman yang begitu terkenal di Indonesia ini, yaitu Cha Yen, atau mungkin lebih dikenal dengan nama Thai Tea. Cha Yen, atau thai tea adalah teh yang terbuat dari teh riyam yang dicampur dengan adas, biji asam dan susu. Ditambahkan dengan es batu tentunya akan membuat Thai Tea menjadi lebih segar di tengah cuaca Thailand yang begitu panas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.