Sukses

12 Makanan Paling Enak di Semarang yang Legendaris dan Wajib Dikunjungi

Liputan6.com, Jakarta Makanan paling enak di Semarang tentu tidak perlu diragukan lagi dan bisa dengan mudah dijumpai. Anda tidak perlu ragu karena makanan paling Enak di Semarang memang telah diakui oleh Kementerian Pariwisata. Menurut kementerian pariwisata, Semarang merupakan salah satu destinasi kuliner unggulan yang ada di Indonesia.

Jika Anda berkunjung namun belum mencicipi makanan paling enak di Semarang yang beragam, maka Anda akan sangat menyesal pastinya. Karena jenis makanan paling enak di Semarang tersebut jarang ditemukan di daerah lain di luar Semarang.

Semarang merupakan Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah. Letak Kota Semarang berada di utara Daerah Istimewa Yogyakarta. Dan salah satu tempat wisata yang terkenal di Kota Semarang yaitu Lawang Sewu, di mana bangunan ini merupakan bangunan bersejarah dari zaman Belanda dan terkenal.

Supaya tidak membuat Anda penasaran mengenai apa saja sih makanan paling enak di Semarang yang bisa Anda cicipi saat berkunjung ke Kota Semarang, berikut Liputan6.com telah merangkumnya untuk Anda, Rabu (15/4/2020).

2 dari 5 halaman

Makanan paling enak di Semarang yang membuat kenyang

1. Soto Bangkong

Semarang memiliki soto yang cukup terkenal, yaitu soto bangkong. Nama “Bangkong” diambil dari asal lokasi soto tersebut muncul. Lokasinya berada di Jalan Bangkong yang saat jalan tersebut berubah nama menjadi Jalan Brigjen Katamso.

Pada soto Bangkong kuahnya berwarna cenderung cokelat. Dan yang pasti didalamnya terdapat ayam dan bihun serta sedikit sayuran seperti tomat dan taoge. Untuk menambah kelezatannya, Anda bisa menambahkan berbagai lauk tambahan yang disediakan di meja, seperti ayam goreng, berbagai jenis sate, kerupuk, dan lain sebagainya.

2. Nasi Gandul Pak Memet

Asal dari kuliner ini sesungguhnya dari Pati, Jawa Tengah. Namun, di Semarang juga terdapat nasi gandul yang cukup terkenal yaitu Nasi Gandul Pak Memet.

Nasi gandul ini memiliki ciri khas berupa nasi hangat yang diberi lauk berupa daging sapi atau jeroan sapi. Setelah itu diberi campuran kuah santan yang manbah gurih dari makanan berupa nasi gandul ini.

Dan yang lebih unik adalah dalam penyajiannya digunakan daun pisang. Bukan tanpa alasan mengapa menggunakan daun pisang, namun daun pisang ini bisa menambah aroma wangi dari nasi gandul tersebut.

Jika Anda ingin mencicipi Nasi Gandul Pak Memet ini, Anda bisa menuju ke Jalan Dokter Cipto No. 12, Bugangan, Semarang Timur. Tapi jangan kaget saat melihat antriannya ya, karena memang rumah makan ini terkenal ramai dikunjungi oleh pecinta kuliner.

3. Bebek Goreng Pak Thori

Lokasi Bebek Goreng Pak Thori ini berada di Desa Wisata Kandri, Gunungpati, dan berada di sebelah selatan SMA Semesta. Namun tidak hanya menu berupa olahan beberk yang ada disini, tersedia juga menu olahan ayam, lele, burung dara dan menu gongso.

Jika Anda memang penggemar hidangan dari olahan bebek, maka Bebek Goreng Pak Thori harus Anda masukkan ke daftar destinasi kuliner Anda selama di Semarang, karena tekstur daging bebek disini sangat lembut dan empuk. Daging yang lembut dan empuk tersebut dibalut dengan bagian kulit yang crispy. Disajikan dengan pendamping berupa sambal merah dan sambal hijau yang sangat menggugah selera dan pasti membuat Anda ingin tambah nasi putih lagi.

3 dari 5 halaman

Makanan paling enak di Semarang dengan citarasa unik

4. Tahu Gimbal Pak Eddy

Makanan ini sudah pasti memilik bahan dasar berupa tahu, tahu tersebut digoreng, lalu di beri campuran bakwan goreng yang terdapat udang di dalamnya. Lalu disiram dengan kuah khas yang menambah citarasa dari tahu gimbal ini. Lalu apa maksud dari kata gimbal? Gimbal merupakan Bahasa Semarang yang berarti udang. Itulah mengapa makanan ini terdapat udang didalamnya.

Jika Anda ingin mencicipi Tahu Gimbal Pak Eddy ini, Anda dapat menuju ke Jalan Menteri Supeno, Mugassari, Kota Semarang. Tahu Gimbal Pak Eddy ini buka cukup lama, dari jam 10.00 pagi hingga jam 23.00 pada malam hari.

5. Rumah Makan Asem-asem Koh Liem

Makanan paling enak di Semarang selanjutnya yaitu Rumah Makan Asem-asem Koh Liem. Rumah makan ini menyediakan masakan asem-asem sebagai menu utamanya.

Memang jika dilihat sekilas, asem-asem ini terlihat seperti soto, namun rasanya lebih asam jika dibandingkan soto. Isian dari asem-asem Koh Liem ini yaitu daging sapi yang dipotong dadu. Selain asem-asem, rumah makan ini juga menyediakan lontong cap go meh, bandeng, dan kikil lombok ijo. Jika tertarik, Anda bisa langsung menuju ke kawasan Jalan Karang Anyar.

6. Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar

Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar merupakan kuliner yang sangat terkenal karena kelezatannya seantero Kota Semarang. Daging kambing yang dijadikan bahan utamanya sangat memiliki tekstur yang empuk dan tidak berbau amis sama sekali. Itulah mengapa gulai kambing di sini menjadi primadona para pecinta kuliner di Semarang.

Hal lain yang membuat unik gulai di sini, yaitu karena gulai tersebut tidak menggunakan santan dalam memasakanya, namun tetap memakai kelapa. Yang berbeda adalah kelapa tersebut diparut dadn digoreng, lalu ditumbuk halus dan dicampur dengan rempah-rempah seperti cengkih dan kayu manis.

Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar ini berlokasi di belakang Gereja Blenduk Kota Lama. Biasanya Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar ini buka pukul 08:00-15.00 WIB, dan jika gulainya sudah habis dapat tutup lebih cepat.

7. Babat Gongso Pak Karmin

Babat gongso merupakan masakan dari bahan babat yang ditumis menggunakan jeroan lain seperti hati, paru, atau limpa. Seluruh jeroan tersebut lalu diolah dengan campuran dari bumbu kecap dan cabai rawit.

Babat Gongso Pak Karmin merupakan salah satu warung babat gongso yang terkenal karena kelezatannya. Jika ingin berkunjung, Anda bisa langsung menuju ke kawasan Jalan Aloon-Aloon Bar. Lokasi dari warung babat gongso ini ada di seberang Gedung BRI.

4 dari 5 halaman

Makanan paling enak di Semarang sebagai camilan

8. Loenpia Gang Lombok

Jika mendengar kata lumpia pasti yang teringat adalah Kota Semarang. Ya, Semarang memang terkenal dengan makanan khasnya yaitu lumpia. Loenpia Gang Lombok sendiri merupakan toko lumpia yang dapat dikatakan cukup legendaris. Lumpia yang dijual di Loenpia Gang Lombok ini terdapat dua varian, yaitu lumpia kering dan lumpia basah.

Isian dari lumpia yang dijual di toko Loenpia Gang Lombok ini tidak hanya rebung, namun juga terdapat udang dan ayam. Lumpia di sini dapat bertahan hingga 3 hari pada varian lumpia goreng, sedangkan lumpia basah hanya dapat bertahan selama 1 hari. Jika ingin mengunjungi Loenpia Gang Lombok, Anda dapat menuju ke Jalan Gang Lombok No. 11, Purwodinatan, Semarang Tengah.

9. Leker Paimo

Jika Anda belum memutuskan untuk menikmati jenis makanan yang terlalu berat, maka Leker Paimo dapat dijadikan pilihan. Makanan ini mungkin terdengar seperti leker biasa yang kering dan manis.

Namun jangan salah, pilihan leker disini cukup beragam. Salah satunya leker basah dengan pilihan sosis atau tuna. Tapi jika ingin membeli leker ini lebih baik dating sedikit lebih pagi. Karena antrean di Leker Paimo cukup panjang. Atau Anda juga bisa memesannya melalui aplikasi ojek onine. Lokasi Leker Paimo ada di depan SMA Kolese Loyola.

10. Pisang Plenet Gajah Mada

Plenet sendiri sebetulnya arti yaitu pipih. Mengapa disebut demikian, karena pisang yang dijual di sini memiliki bentuk yang pipih.

Proses pembuatannya juga unik agar mendapat bentuk pipih tersebut. Pasalnya pisang di sini tidak digoreng, namun dibakar. Setelah itu pisang dipipihkan menggunakan talenan hingga rata.

Selanjutnya, setelah pisang sudah pipih, pisang diberi olesan margarin dan ditaburi toping seperti meses atau selai buah aneka rasa. Namun jika ingin rasa yang otentik, Anda bisa memilih toping berupa gula atau kacang tanah.

Makanan ini bisa Anda temukan di kawasan Jalan Gajah Mada. Namun jika ingin ke sini Anda harus berkunjung pada sore menjelang malam hari, karena tempat ini baru buka pada pukul 15.00.

5 dari 5 halaman

Makanan paling enak di Semarang yang menyegarkan

11. Toko Oen

Toko Oen merupakan toko yang menjual beraneka ragam es krim hingga makanan berat. Toko Oen pada awalnya berdiri di Kota Yogyakarta pada 1910 dan selanjutnya berkembang di Semarang pada 1935. Toko ini memiliki nuansa zaman kolonial yang cukup kental. Selain itu menu di sini juga cukup legendaris, yaitu bistik sapi salah satunya ini menjual menu utama berupa bistik lidah sapi dan menu Indonesia, berupa nasi goreng.

Namun Toko Oen lebih terkenal dengan menu es krim yang dibuat dengan mesin legendaris dari Italia yang di produksi pada tahun 1920-an. Dan jika ingin mengunjungi toko es ini, Anda dapat menuju ke Jalan Pemuda No.52, Bangunharjo, Semarang Tengah.

12. Es Puter Cong Lik

Karena suhu udara di Semarang memang cukup panas, kuliner berupa es ini patut dijadikan salah satu pilihan saat Anda menuju ke kota ini. Es Puter Cong Lik berada di kawasan Pecinan, di depan Rumah Sakit Telogorejo, dan di kawasan Simpang Lima.

Konon, awal mula nama es puter Cong Lik merupakan singkatan dari Kacung Cilik atau pembantu kecil. Biasanya es puter ini juga disebut dengan es dung dung, yang juga dibuat dengan bahan santan sebagai pengganti susu.