Sukses

10 Manfaat Teh Mawar untuk Kesehatan, Tenangkan Tubuh

Liputan6.com, Jakarta Bunga mawar tak hanya memiliki tampilan dan aroma yang menyenangkan. Mawar sudah lama digunakan dalam pengobatan tradisional selama ribuan tahun. Bunga ini banyak dimanfaatkan dalam produk kecantikan dan perawatan tubuh.

Selain kecantikan, bunga mawar juga dapat dikonsumsi dan memiliki sejumlah manfaat kesehatan. Semua mawar dapat dimakan dan dapat dijadikan teh herbal. Teh mawar adalah minuman herbal aromatik yang terbuat dari kelopak harum dan kuncup bunga mawar.

Teh bisa diminum tawar atau dimaniskan dengan sedikit madu. Rasanya ringan, halus, dengan aroma bunga yang menenangkan. Teh mawar memiliki rasa berkisar dari pahit hingga manis tergantung pada varietasnya.

Penelitian telah menemukan bahwa ekstrak air bunga mawar memiliki efek anti-inflamasi dan analgesik alami. Teh ini bisa menjadi alternatif teh herbal selain teh hijau atau teh hitam. Berikut 10 manfaat teh mawar, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (15/4/2020).

 

2 dari 6 halaman

Manfaat teh mawar

Bebas kafein

Bagi Anda yang menghindari kafein, teh mawar bisa jadi pilihan yang tepat. Banyak minuman panas populer, termasuk kopi, teh, dan bahkan cokelat panas, mengandung kafein. Meski memiliki manfaat positif, kafein juga dikenal dapat meningkatkan tekanan darah dan menyebabkan perasaan cemas.

Teh mawar secara alami bebas kafein dan dengan demikian bisa menjadi pengganti yang bagus untuk beberapa minuman berkafein. Namun, pastikan untuk memilih teh mawar 100% karena ada sejumlah produk yang mencampurkannya dengan teh berkafein.

Hidrasi tubuh

Teh mawar terbuat dari air yang membantu menghidrasi tubuh. Minum teh mawar satu cangkir atau lebih per hari dapat secara signifikan berkontribusi terhadap total asupan air. Tidak cukup air dalam tubh dapat menimbulkan dehidrasi. Efek ini dapat menyebabkan kelelahan, sakit kepala, masalah kulit, kram otot, tekanan darah rendah, dan detak jantung yang cepat.

3 dari 6 halaman

Manfaat teh mawar

Bantu penurunan berat badan

Teh mawar juga membantu melancarkan metabolisme tubuh. Ini karena teh mawar membantu menghidrasi tubuh. Teh mawar diketahui dapat melawan peradangan. Teh mawar dapat membantu mengeluarkan racun dari tubuh yang mendukung metabolisme. Metabolisme tubuh yang baik dapat mendukung penurunan berat badan.

Kaya antioksidan

Kelopak mawar tinggi polifenol serta sejumlah antioksidan lainnya, termasuk asam ellagic dan quercetin. Konsumsi makanan dan minuman tinggi polifenol dikaitkan dengan pengurangan risiko kanker jenis tertentu, penyakit jantung, diabetes tipe 2, serta melindungi otak dari penyakit degeneratif.

Asam galat dalam teh mawar juga diketahui memiliki efek antikanker, antimikroba, antiinflamasi, dan analgesik. Teh ini juga kaya akan antosianin yang baik untuk mencegah masalah saluran kemih, kesehatan mata yang baik, peningkatan daya ingat.

4 dari 6 halaman

Manfaat teh mawar

Redakan nyeri haid

Sifat analgesik dan anti-inflamasi pada teh mawar sangat berguna untuk mengurangi nyeri haid. Teh mawar dapat membantu meringankan beberapa gejala haid seperti kram perut. Menurut penelitian di "Journal of Midwifery and Women's Health" 2005 pada wanita di Taiwan, minum teh mawar selama enam bulan daoat mengurangi kram elama menstruasi, serta menghilangkan stres psikologis yang terkait dengan kram selama haid.

Lancarkan pencernaan

Kelopak mawar telah digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengobati masalah pencernaan. Sifat antioksidan pada bunga mawar dapat mencegah masalah pencernaan seperti radang dan sembelit. Ekstrak mawar menunjukkan efek pencahar alami. Ini dapat mengatasi masalah susah buang air besar dan melancarkan pencernaan.

5 dari 6 halaman

Manfaat teh mawar

Baik untuk diabetes

Teh mawar juga ditemukan dalam penelitian hewan memiliki efek anti-diabetes dengan membantu menurunkan kadar glukosa darah. Ekstrak mawar menekan penyerapan karbohidrat dari usus kecil. Efek ini membantu mengurangi kadar glukosa pasca makan. Teh mawar juga kaya akan polifenol yang diketahui mengurangi risiko diabetes dan penyakit kardiovaskular.

Hilangkan kecemasan

Minum teh mawar dapat membantu menghilangkan stres dan kecemasan. Aroma mawar dapat memberi efek terapi yang telah terbukti meningkatkan mood dan tidur. Efek ini membantu meredakan Depresi, kesedihan, ketegangan, dan rasa sakit. Penelitian pada tikus yang kurang tidur mengungkapkan bahwa ekstrak mawar dapat mengatasi kurang tidur dengan menghambat aksi reseptor tertentu di otak.

6 dari 6 halaman

Manfaat teh mawar

Cegah kanker

Kelopak mawar telah banyak dipelajari untuk efek sitotoksik dan antioksidannya. Mawar juga ditemukan memiliki sifat anti-mutagenik yang mampu mencegah kanker. Antioksidan pada mawar dapat mencegah radikal bebas pencegah kanker. Teh mawar membantu mencegah mutasi sel yang tidak normal dan mencegah timbulnya sel kanker.

Kelopak mawar juga merupakan sumber alami vitamin C. Vitamin C adalah antioksidan alami yang dapat memblokir beberapa kerusakan yang dapat terjadi akibat paparan racun dan radikal bebas. Vitamin C juga menyediakan dukungan untuk sistem kekebalan tubuh yang dapat mencegah penyakit kronis seperti kanker.

Antimikroba

Kultivar mawar tertentu telah dipelajari untuk sifat antimikroba mereka. Mawar mengandung flavonoid, tanin, asam fenolik, dan karotenoid yang berfungsi sebagai antimikroba. Kelopak mawar menunjukkan efek penghambatan terhadap beberapa strain bakteri seperti taphylococcus epidermidis, S. aureus, Bacillus subtilis, Micrococcus luteus, Escherichia coli, Klebsiella pneumoniae, Pseudomonas aeruginosa, Proteus mirabilis.