Sukses

7 Ciri Air Layak Konsumsi yang Sehat bagi Tubuh

Kita perlu mengenali ciri air layak konsumsi agar terhindar dari masalah kesehatan yang diakibatkan salah memilih air yang akan dikonsumsi.

Liputan6.com, Jakarta Ciri air layak konsumsi tentunya harus terpenuhi sebelum kita akan meminum air tersebut. Hal ini karena ciri air layak konsumsi akan menentukan sehat atau tidaknya air tersebut saat masuk ke dalam tubuh kita.

Kebutuhan akan air bersih yang memiliki ciri air layak konsumsi sehat merupakan kebutuhan mutlak bagi kehidupan manusia sehari-hari. Bagi tubuh manusia, air yang memiliki ciri air layak konsumsi akan sangat dibutuhkan tubuh. Karena tubuh manusia sangat membutuhkan asupan air sekitar 2.5 liter setiap harinya. Asupan air tersebut bertujuan agar kesehatan tubuh tetap terjaga.

Air yang bersih dan sehat akan sangat mempengaruhi secara langsung kesehatan dari tubuh kita. Oleh karena itu perlu bagi kita untuk mengenali ciri air layak konsumsi agar terhindar dari masalah kesehatan akibat salah memilih air yang akan dikonsumsi.

Agar kita tidak salah dan dapat mengetahui seperti apa ciri air layak konsumsi tersebut, maka dibawah ini Liputan6.com telah merangkum mengenai ciri air layak konsumsi sebagai tambahan wawasan bagi kita, Kamis (16/4/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ciri air layak konsumsi yang mudah dikenali

1. Tidak keruh

Ciri air layak konsumsi yang pertama dapat dikenali dengan sangat mudah. Kondisi dari air yang bersih dan sehat adalah kondisi air yang terlihat jernih dan tidak keruh. Apabila air yang akan Anda konsumsi keruh, maka itu menjadi pertanda jika air tersebut kemungkinan besar sudah terkontaminasi oleh zat lain yang ada di dalamnya.

Tentu saja hal tersebut dapat terjadi, karena adanya air diambil dari tanah, dan tercampur dengan tanah maupun pasir atau mungkin dapat dikarenakan zat lainnya yang dapat membahayakan tubuh Anda. Oleh karena itu, Anda harus lebih berhati-hati apabila menemukan sumber air di sekitar Anda namun air dari sumber tersebut tidak jernih dan terlihat sangat keruh.

2. Tidak berwarna

Ciri air layak konsumsi selain harus jernih dan tidak keruh, selanjutnya tanda air bersih dan sehat yaitu air tidak memiliki warna. Karena adanya warna pada air bukan merupakan sifat dan ciri utama air layak konsumsi. Apabila ada warna yang terlihat pada air, maka dapat menandakan adanya hal serius dan berbahaya jika dikonsumsi.

Bahkan jika tetap dikonsumsi dalam jangka waktu yang panjang dapat berujung bahaya bagi nyawa Anda. Beberapa contoh air yang memiliki warna dan berbahaya seperti air yang tercampur dengan zat sisa, baik limbah pabrik maupun karena adanya perubahan pada lingkungan.

3. Tidak berbau

Ciri air yang bersih dan sehat selanjutnya adalah tidak memiliki bau. Bau ini baik bau tertentu maupun bau yang terlalu. Lebih lagi apabila air dari sumber tersebut memiliki bau yang otentik dengan bau dari asam. Apabila terdapat bau tersebut, maka sudah pasti jika air tersebut tidak layak untuk dikonsumsi. Karena apabila tetap dikonsumsi, dapat menyebabkan keracunan pada tubuh manusia.

3 dari 4 halaman

Ciri air layak konsumsi yang baik bagi tubuh

4. Memiliki rasa tawar

Rasa normal pada air cenderung tawar dan menyegarkan. Karena hal tersebut berarti air belum tercampur dengan zat apapun. Dan pada air yang bersih pada lidah Anda tidak akan merasakan rasa seperti pahit, dan tak jarang aka nada rasa getir yang tertinggal. Lalu terasa asin dan rasa yang terlalu menonjol pada indera pengecap manusia.

5. Tidak meninggalkan noda

Hal ini karena pada air minum yang tercemar biasanya akan meninggalkan noda pada air yang terkontaminasi. Dan noda tersebut dapat terlihat di benda-bendar tertentu. Apabila Anda sering meminum air yang bersumber dari keran, perlu di cek kembali, apakah air tersebut meninggalkan noda, baik kuning atau noda lainnya.

Karena apabila air meninggalkan noda seperti kuning, maka itu merupakan ciri air minum yang telah terkontaminasi oleh tembaga atau zat klorin. Apabila air ini terpapar dengan zat tembaga yang tinggi, maka dapat menyebabkan masalah seperti anemia, masalah pada pencernaan, atau yang paling parah adalah kerusakan pada hati dan ginjal.

4 dari 4 halaman

Ciri air layak konsumsi yang bebas dari zat berbahaya

6. Bebas zat kimiawi arsenik

Zat kimia yang memiliki nama arsenik ini sangat berpotensi untuk mencemari air di lingkungan tempat tinggal. Zat arsenik ini biasanya akan mudah ditemukan di zat kimia pestisida. Pestisida sendiri memang digunakan sebagai zat untuk mematikan hama pengganggu tanaman di pertanian atau perkebunan warga.

Namun, terkadang banyak orang lupa untuk membersihkan anggota badannya setelah menyentuh zat ini, dan akhirnya menyentuh sumber air yang biasa digunakan untuk konsumsi masyarakat. Sehingga membuat air tersebut terkontaminasi.

7. Bebas endapan

Apabila air tersebut merupakan air yang layak konsumsi, maka seharusnya tidak akan ada sisa endapan yang terlihat pada dasar permukaan air tersebut. Apabila pada sumber air tersebut didapati unsur endapan pada bagian bawahnya, maka air tersebut tidak dapat dikategorikan sebagai air yang bersih dan juga sehat.

Alasannya karena masih terdapatnya unsur yang membuat keruh, dan bisa saja sewaktu-waktu dapat kembali tercampur dengan air tersebut, lalu mungkin saja air tersebut juga telah tercemar.

Jadi, diatas itulah beberapa ciri air layak konsumsi yang perlu kita perhatikan dalam kehidupan sehari-hari, tentu agar kesehatan kita selalu terjaga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini