Sukses

5 Manfaat Buah Semangka Bagi Kesehatan Saat Puasa dan 5 Cara Mengolahnya

Manfaat Buah Semangka Bagi Kesehatan Saat Puasa dan Cara Mengolahnya.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat buah semangka bagi kesehatan saat puasa dan cara mengolahnya bisa dijadikan referensi konsumsi makanan sehat di bulan Ramadan. Kebutuhan akan nutrisi yang cukup selama menjalankan ibadah puasa penting sekali untuk diperhatikan. Karena jika nutrisi tidak tercukupi maka energi tubuh juga tidak akan kembali dengan sempurna. 

Energi tubuh manusia saat berpuasa jelas akan sedikit sekali. Sehingga mengetahui manfaat buah semangka bagi kesehatan saat puasa dan cara mengolahnya bisa diandalkan untuk mengembalikan stamina tubuh kita. Konsumsi buah ini juga sangat baik dikonsumsi untuk anak-anak dan lansia.

Buah semangka ini mengandung 91% persen air di dalam dagingnya. Sehingga bisa menghindarkan dari dehidrasi, sakit kepala, dan mual. Selain itu daging buah semangka juga dikenal memiliki kandungan likopen yang mampu bekerja sebagai antioksidan.

Selebihnya, buah semangka juga mengandung citrulline dan arginine yang baik untuk mengaja kesehatan jantung dan mengurangi timbunan lemak yang menyebabkan kolesterol dan serangan jantung. Sehingga penting untuk mengetahui manfaat buah semangka bagi kesehatan saat puasa dan cara mengolahnya.

Berikut penjelasan mengenai manfaat buah semangka bagi kesehatan saat puasa dan cara mengolahnya yang sudah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (18/4/2020).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Manfaat Buah Semangka Bagi Kesehatan Saat Puasa

1. Mencegah Dehidrasi

Buah semangka memiliki kandungan air yang cukup tinggi sebesar 91 persen sehingga dipercaya mampu menggantikan cairan dalam tubuh selama berpuasa. Jika cairan tubuh bisa terpenuhi, maka dehidrasi tidak akan terjadi.

Permasalahan jika cairan tubuh tidak terpenuhi, maka tubuh akan menjadi lemas, kurangnya bisa berkonsentrasi, dan mudah lelah. Jadi buah semangka ini bisa dijadikan salah satu menu wajib buka puasamu ya.

2. Rendah Kalori

Banyak orang lebih menyukai makanan cepat saji yang tinggi kalori. Mudah, enak, dan mengenyangkan. Tetapi memiliki kalori yang tinggi juga tidak baik untuk kesehatan. Hal ini perlu diseimbangkan dengan mengonsumsi buah semangka untuk menjaga kalori tetap seimbang.

Karena memang buah semangka termasuk buah yang rendah kalori serta rendah gula. Selain itu juga mengandung citrulline yang mengandung asam amino penting untuk tubuh. Sehingga sangat cocok dijadikan santapan sehat saat puasa. Buah semangka juga mengandung citrulline yang mengandung asam amino penting untuk tubuh.

3 dari 6 halaman

Manfaat Buah Semangka Bagi Kesehatan Saat Puasa

3. Menjaga Kesehatan Kulit

Saat berpuasa memang seringkali yang diperhatikan adalah perut. Bahkan kesehatan kulit menjadi diabaikan. Tetapi tenang, karena buah semangka bisa mengambil alih untuk menjaga kesehatan kulit kita.

Hal ini disebabkan oleh kandungan vitamin A, vitamin C, dan vitamin B yang terdapat pada buah semangka. Dan vitamin inilah yang nantinya akan menjaga kesehatan kulit agar tidak kering dan kusam saat berpuasa. Selain itu, ada kandungan likopen juga yang akan bertindak seperti tabir surya dari dalam tubuh dan melindungi kulit dari sengatan matahari.

4. Melancarkan Pencernaan

Melaksanakan ibadah puasa tentu harus diimbangi dengan kesehatan pencernaan. Karena jika pencernaan bermasalah maka menahan haus dan lapar selama 14 jam akan sulit dilakukan.

Nah, buah semangka ini ternyata juga dapat mengambil peran melancarkan perncernaan. Hal ini disebabkan karena kandungan air dalam semangka yang cukup tinggi. Sehingga usus dalam tubuh dapat terjaga dengan baik dan normal.

4 dari 6 halaman

Manfaat Buah Semangka Bagi Kesehatan Saat Puasa

5. Mencegah Panas Dalam

Selain menjaga kesehatan pencernaan, saat berpuasa menjaga kesehatan mulut. Karena jika kesehatan mulut tidak terjaga hingga menyebabkan panas dalam, tentu saat-saat berpuasa menjadi tidak menyenangkan. Makan makanan enak pun akan sulit dirasakan. Nah, buah semangka inilah yang akan membantu mencegah terjadinya panas dalam. Hal ini disebabkan karena buah semangka mampu menjaga mulut dan tubuh agar tidak merasa panas dan kering.

5 dari 6 halaman

Cara Mengolah Buah Semangka untuk Buka Puasa

1. Es Krim

Buah semangka ini bisa diolah menjadi es krim. Selain nutrisinya banyak, rasanya juga enak dan menyegarkan untuk dijadikan santapan berbuka puasa. Cukup menghaluskan buah dengan diblender kemudian ditambah gula pasir dan jus lemon hingga halus. Buang busanya, lalu cetak menggunakan cetakan es krim popsicles.

2. Es Batu

Selain dijadikan jus, buah semangka juga nikmat kalau dijadikan es batu loh. sehingga membuat kita lebih mudah untuk menikmati kesegarannya. Bisa disajikan dengan es campur, soda, atau sekadar air putih biasa.

3. Kue Semangka

Semangka juga bisa dijadikan santapan berat loh. Dengan mengolahnya menjadi kue. Cukup siapkan semangka matang yang berukuran cukup besar. Kemudian bentuk kue semangka sesuai selera, kemudian oleskan pinggiran semangka dengan whipping cream dan simpan di dalam kulkas.

 

6 dari 6 halaman

Cara Mengolah Buah Semangka untuk Buka Puasa

4. Salad Semangka

Tidak ada buah segar yang tidak bisa dijadikan salad bukan? Nah buah semangka ini bisa diandalkan juga loh. Agar rasanya bisa lebih gurih, salad semangka bisa ditambah dengan keju mozzarella yang sudah dilelehkan.

5. Smoothie semangka

Biasanya smoothie dibuat dari pisang, tetapi pisang tidak terlalu menyegarkan bukan? Nah, smoothie semangka juga bisa dibuat. Mudah dibuat, enak, dan tentu saja menyegarkan. Cukup dengan menghancurkan semangka, tambahkan susu, sirup maple, dan ekstrak vanila ke dalam blender. Tuang ke dalam gelas, dan sajikan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.