Sukses

Lawan Bad Mood, Ini 7 Makanan yang Bikin Bahagia

7 makanan yang tidak hanya menyehatkan tubuh kamu, tapi juga membuat kamu merasa lebih bahagia, santai dan mengusir rasa depresi selama harus di rumah saja.

Liputan6.com, Jakarta Tak terasa sudah sebulan lebih sebagian besar dari kita menjalani work from home dan social distancing serta karantina mandiri untuk mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19. Perasaan sedih, bosan, cemas hingga stress tentunya sudah kita rasakan selama harus berada di rumah aja. Meski begitu kita jangan sampai lupa untuk bahagia, sebab perasaan bahagia dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh kita untuk menangkal virus.

Cara termudah adalah dengan mengonsumsi makanan yang enak bergizi yang bisa membangkitkan perasaan bahagia. Seperti pepatah, "Jika perutmu bahagia, maka kamu akan lebih bahagia". Berikut ini 7 makanan yang tidak hanya menyehatkan tubuh kamu, tapi juga membuat kamu merasa lebih bahagia, santai dan mengusir rasa depresi atau cemas selama harus di rumah aja.  

1. Pisang

Selain buah alpukat yang kaya akan antioksidan dan asam folat, ternyata buah pisang juga kaya akan antioksidan, vitamin, dan probiotik. Buah ini membantu proses pencernaan, membantu kinerja usus yang secara langsung mempengaruhi mood kita. Selain itu, pisang mengandung tryptophan, sejenis protein yang diubah tubuh menjadi serotonin yang dikenal untuk membuat rileks, memperbaiki mood.

2. Mangga

Seperti halnya pisang, buah mangga juga kaya akan antioksidan, vitamin, dan mineral. Warna, wangi dan rasa mangga juga sangat lekat dengan hal-hal yang membuat bahagia. Buah ini juga memiliki kandungan serat yang bisa membantu melancarkan proses pencernaan.

3. Keju

Sebagian dari kita mungkin hanya berpikir coklat saja yang mampu memberikan kebahagiaan, ternyata keju juga merupakan salah satu bahan makanan yang ampuh bikin kamu bahagia karena memiliki kadar triptofan yang tinggi! Keju sekarang bisa banyak kamu temukan di berbagai makanan dan camilan kekinian. Untuk camilan lain, kamu juga bisa memilih kacang almond memiliki kandungan omega-3 yang dapat memproduksi zat dopamine yang bisa mengatasi rasa grogi dan nervous.

4. Teh Hijau

Selain kopi, teh hijau juga dapat menciptakan perasaan bahagia yang meningkatkan mood serta membuat kamu tersenyum. L-theanine disebut yang dapat menimbulkan perasaan bahagia ini dan memicu dopamine serta hormon serotonin di dalam otak.

5. Telur

Siapa yang sarapannya suka makan telur? Pilihan yang tepat karena telur terbukti ampuh meningkatkan level triptofan dalam darah secara signifikan yang berarti juga mampu meningkatkan kadar serotonin dalam tubuhmu. Kalau makan telur jangan buang kuningnya ya, karena bagian kuning dari telur lah yang mengandung banyak triptofan dan kandungan gizi baik lainnya. Ada banyak olahan telur yang bisa kamu coba, gak sekadar direbus atau digoreng aja.

6. Bayam dan tomat

Untuk kategori sayuran kamu dapat mengonsumsi sayur bayam dan tomat. Bayam mengandung asam folat dalam jumlah tinggi, bayam dikenal karena manfaatnya yang meningkatkan suasana hati. Sementara tomat, antioksidan yang ditemukan dalam tomat melawan peradangan di otak. Karena likopen larut dalam lemak, makan tomat dengan minyak zaitun yang membantu tubuh menyerap likopen.

7. Sup daging atau ayam

Daging merah dan daging ayam mengandung banyak vitamin B12 yang dipercaya dapat memberikan ketenangan dan mengurangi rasa panik. Bagaimana kalau keduanya dimasak menjadi sup. Dalam sebuah sup daging atau ayam yang hangat, kaya protein dan serat panas ini juga mampu memperbaiki suasana hati dan meningkatkan energi. Ini sekaligus menjelaskan mengapa makanan ini biasa disajikan untuk orang yang sedang sakit flu.

Itulah beberapa makanan yang bisa membuat kamu bahagia, mengusir depresi dan stress. Masak dengan cara yang tepat untuk mendapatkan manfaat yang lebih baik.

Ingin beli buah, sayuran dan bahan makanan lainnya, kamu bisa belanja online melalui HappyFresh. Tanpa perlu ke pergi ke pasar atau supermarket, cukup pesan melalui aplikasi dan menunggu di rumah, bahan-bahan makanan yang kamu inginkan akan segera diantar oleh HappyFresh.

Voucher Diskon HappyFresh dari DANA

 

Bagi pengguna yang baru melakukan registrasi DANA melalui aplikasi HappyFresh akan mendapatkan voucher diskon belanja. Voucher Diskon HappyFresh senilai Rp25.000 dapat digunakan untuk transaksi pertama di aplikasi HappyFresh. Periode promo berlangsung selama 17 Jan – 30 Apr 2020, mulai pukul 10.00 WIB.

Melalui HappyFresh, pengguna DANA dapat memesan barang-barang kebutuhannya, antara lain di Ranch Market, Farmers Market, Grand Lucky, Lotte Mart, HERO Supermarket, Giant, Transmart Carrefour, AEON, The FoodHall, Superindo, TIP TOP, Hokky Surabaya, Rezeki Fresh Market, Frestive, Papaya Fresh Gallery, Capital Fruit, dan Market City.

Setelah memilih produk-produk yang ingin dibeli, pengguna DANA dan pelanggan HappyFresh dapat melakukan pembayaran digital nontunai menggunakan dompet digital DANA. Sebagai proses lanjutan, HappyFresh akan mengirimkan produk-produk pesanan yang freshly handpicked melalui layanan antar yang cepat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.