Sukses

Animator Tom and Jerry dan Popeye Meninggal Dunia, Ini 5 Faktanya

Seorang animator Tom and Jerry dan Popeye, Gene Deitch meninggal dunia.

Liputan6.com, Jakarta Kabar duka datang dari industri hiburan dunia. Seorang animator Tom and Jerry dan Popeye yang bernama Gene Deitch meninggal dunia. Gene Deitch menghembuskan napas terakhirnya pada hari Kamis (16/4/2020).

Gene Deitch lahir pada tanggal 8 Agustus 1924. Gene Deitch merupakan seorang animator, Ilustrator, sutradara dan produser asala Amerika Serikat. Salah satu karya Gene Deitch yang cukup terkenal adalah Tom and Jerry dan Popeye.

Film kartun Tom and Jerry dan Popeye tentunya sudah tidak asing di telinga masyarakat Indonesia, bahkan dunia. Animasi tersebut sudah menemani masa kecil beberapa dari kita yang cinta dengan Tom and Jerry dan Popeye. Ragam karya Gene Deitch tentunya akan terkenang dalam hati masyarakat. Animasi Tom and Jerry dan Popeye sudah memiliki tempat tersendiri di hati masyarakat di seluruh dunia.

Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang fakta meninggalnya Gene Deitch, seorang animator Tom and Jerry dan Popeye, Selasa (21/4/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Meninggal Dalam Usia 95 Tahun

Gene Deitch menghembuskan napas terakhirnya pada usia 95 tahun. Deadline melaporkan bahwa berita meninggalnya Gene Deitch telah dikonfirmasi oleh publisher-nya yang berada di Republik Ceko. Penerbitnya, Petr Himmel mengatakan jika Gene Deitch meninggal pada hari Kamis (16/4/2020) dan belum diketahui penyebab kematiannya. Gene Deitch meninggal di apartemennya di lingkungan Little Quarter Praha.

3 dari 6 halaman

2. Animator Tom and Jerry dan Popeye

Sepanjang kariernya, Gene Deitch meninggalkan sejumlah jejak di bidang film animasi. Deadline mencatat bahwa Gene Deitch telah menyutradarai 13 episode dari kartun Tom and Jerry dan sejumlah episode Popeye The Sailor.

4 dari 6 halaman

3. Penghargaan

Pada tahun 2004, Gene Deitch menerima Penghargaan Winsor McCay untuk kontribusinya seumur hidup di bidang animasi.

Film Gene Deitch, “Munro” memenangkan Academy Award untuk Film Pendek Animasi Terbaik pada tahun 1960. Ia juga dinominasikan untuk penghargaan yang sama dua kali pada tahun 1964 untuk "Here Nudnik" dan "How to Avoid Friendship."

5 dari 6 halaman

4. Piala Oscar

Selama hidupnya, Gene Deitch juga sudah mendapatkan piala Oscar. Gene Deitch juga terlibat dalam pembuatan Sidney's Family Tree, yang masuk nominasi Piala Oscar pada 1959.

Film garapannya, Munro, memenangkan Piala Oscar untuk Film Animasi Pendek Terbaik setahun kemudian.

6 dari 6 halaman

5. Keluarga Gene Deitch

Gene Deith meninggalkan seorang istri dan tiga orang anak dari pernikahan pertamanya. Ketiga anaknya adalah seorang kartnuis dan illustrator.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.