Sukses

14 Makanan yang Mengandung Vitamin B1, B6, B12

Tubuh perlu asupan makanan yang mengandung vitamin B1, B6, B12.

Liputan6.com, Jakarta Makanan yang mengandung vitamin B1, B6, B12 bisa dengan mudah Anda temukan. Makanan yang mengandung vitamin B1, B6, B12 umumny berasal dari makanan yang biasa dikonsumsi sehari-hari. Salah satu makanan yang mengandung vitamin B1, B6, B12 adalah daging dan susu.

Selain pada jenis sumber hewani, makanan yang mengandung vitamin B1, B6, B12 terdapat juga pada sumber makanan nabati seperti kacang hijau. Walaupun makanan yang mengandung vitamin B1, B6, B12 ini telah sering dikonsumsi setiap hari, namun ada beberapa orang yang masih perlu diberi tambahan asupan vitamin B kompleks.

Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B1, B6, B12, maka dapat menghindarkan tubuh kita dari berbagai penyakit. Salah satu penyakit yang timbul jika kita tidak mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B1, B6, B12, antara lain, gangguan pada sistem saraf, gigi berlubang, iritasi, radang pada lidah, hingga badan terasa sangat lemas.

Oleh sebab itu, di bawah ini Liputan6.com telah merangkum jenis makanan yang mengandung vitamin B1, B6, B12 dari berbagai sumber, Rabu (22/4/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Dari sumber hewani

1. Daging Merah

Kandungan vitamin B yang ada pada daging merah, dapat dijadikan pelengkap kebutuhan akan vitamin B bagi tubuh. Selain itu, daging merah juga dapat membantu untuk mencukupi kebutuhan nutrisi lain yang menjadi sumber energi bagi tubuh.

Daging merah memiliki kandungan zat kreatin yang bisa bekerjasama dengan vitamin B untuk mengolah karbohidrat menjadi energi. Selain itu dapat mendukung kesehatan mental dan mencegah kekurangan gizi.

2. Dada Ayam

Daging pada bagian dada ayam tanpa kulit, merupakan sumber protein yang tinggi bagi tubuh. Protein dan vitamin B pada dada ayam mampu membantu tubuh untuk membentuk dan menyimpan energi lebih banyak. Selain itu vitamin B yang terkandung pada dada ayam juga berperan dalam menjaga sistem kekebalan tubuh dan perlindungan terhadap kanker.

3. Telur

Telur merupakan bahan makanan yang biasa dijadikan lauk dan sangat digemari oleh hampir semua orang. Telur memiliki rasa yang sangat lezat. Selain rasanya yang lezat, telur juga dapat menjadi sumber energi karena mengandung protein tinggi ynag baik bagi tubuh.

Kandungan protein dan vitamin B yang tinggi di dalam telur, dapat membantu mempercepat proses metabolisme dalam tubuh. Kandungan vitamin B kompleks pada telur dapat dijadikan sumber energi dan gizi yang cukup, terutama untuk program diet.

4. Susu Sapi

Susu sapi merupakan asupan yang sangat penting tidak hanya bagi anak-anak, namun juga pada orang berusia dewasa dan lanjut. Kandungan vitamin B dalam susu, dapat memberikan efek santai pada otot dan syaraf otak. Kandungan vitamin B tersebut dapat membatu menurunkan kadar kolesterol, menjaga kesehatan mata, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

3 dari 5 halaman

Dari sumber sayuran

1. Bayam

Bayam adalah jenis sayuran hijau yang sangat dikenal semua orang. Bayam gampang untuk ditemukan dan harganya sangat murah. Kandungan vitamin B dalam bayam sangatlah mudah dicerna oleh tubuh. Manfaat lainnya pada bayam, yaitu untuk membantu mengatasi masalah sembelit, melindungi lambung dan mencegah penumpukan racun di area usus besar.

2. Kembang Kol

Jenis sayur berbentuk seperti bunga dan berwarna putih ini sekilas mirip dengan brokoli. Sayuran ini memiliki rasa yang manis dan bertekstur renyah. Sayur ini akan sangat baik jika dikonsumsi segar. Karen ajika disimpan dalam lemari es, maka dapat merusak kandungan vitamin B pada kembang kol.

Kembang kol memiliki vitamin B yang sangat lengkap. Selain itu kembang kol juga memiliki kandungan asam lemak omega-3, vitamin K, fosfor, kalium, dan sumber protein yang tinggi. Kembang kol memiliki khasiat yang baik untuk menyerang radikal bebas dalam tubuh karena mengandung karotenoid, dan zat tersebut dapat mencegah risiko penyakit kanker dan jantung.

3. Mentimun

Mentimun mengandung berbagai jenis vitamin B. Selain itu, mentimun memiliki khasiat sebagai zat anti inflamasi. Zat ini berperan dalam meningkatkan sistem kerja otak. Manfaat lainnya pada mentimun yaitu karena adanya senyawa lignan antara lain lariciresinol, secoisolariciresinol dan pinoresinol yang berkhasiat mencegah pembentukan sel kanker payudara, kanker prostat dan kanker rahim.

4. Lobak

Kandungan vitamin B pada lobak bermanfaat dalam mencegah berbagai peradangan dalam tubuh, mencegah penyakit jantung dan berbagai jenis penyakit kerapuhan tulang. Selain itu, lobak yang dikonsumsi secara mentah akan sangat baik membantu proses pencernaan dan proses sintesis lemak, karbohidrat serta protein.

4 dari 5 halaman

Dari sumber kacang-kacangan

1. Almond

Kandungan vitamin B kompleks pada almond, akan sangat baik jika dikonsumsi oleh ibu hamil. Hal tersebut kandungan vitamin B kompleks yang dikonsumsi ibu hamil dapat menurunkan risiko cacat janin. Almond juga memiliki riboflavin dan l-carnitin yang dapat membantu kecerdasan otak.

2. Kacang Tanah

Kacang tanah mengandung berbagai jenis vitamin B yang sangat lengkap dan bermanfaat dalam meningkatkan kekebalan tubuh. Kacang tanah mengandung mineral seperti, fosfor, magnesium, kalium, kolin, tembaga, mangan dan selenium. Mineral tersebut dapat membantu tubuh dalam mencegah penyakit jantung, diabetes dan kolesterol.

3. Kacang Mete

Kacang mete juga memiliki kandungan vitamin B kompleks tinggi yang membantu protein dalam memecahkan karbohidrat menjadi sumber energi. Selain itu, kacang mete juga memiliki kandungan magnesium dan kalsium yang berkhasiat dalam memperkuat kepadatan tulang dan mampu mencegah kerapuhan pada tulang.

5 dari 5 halaman

Dari sumber buah-buahan

1. Pisang

Pisang memiliki kandungan vitamin B dan zat besi yang bermanfaat untuk mencegah anemia. Selain itu pisang juga mampu dalam membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan mencegah terkena penyakit jantung.

2. Melon

Melon juga memiliki kandungan vitamin B yang lengkap. Kandungan tersebut akan membantu sistem kerja jantung dan mencegah terkena risiko serangan jantung. Selain itu, melon adalah jenis buah yang dapat memberi efek segar dan mampu membantu dalam mencegah stress serta melancarkan pasokan oksigen menuju otak.

3. Apel

Kandungan dari berbagai jenis vitamin B yang terkandung di dalam apel, dapat memberi reaksi neurotransmiter pada otak. Reaksi tersebut akan membantu untuk meningkatkan fungsi memori. Lalu, apel juga memiliki kandungan flavonol yang memiliki fungsi dalam mencegah radikal bebas.

Nah, setelah mengetahui makanan yang mengandung vitamin B1, B6, B12 di atas, hendaknya kita selalu menjaga kesehatan dan makan-makanan bergizi ya!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini