Sukses

11 Makanan Bayi 10 Bulan agar Cepat Gemuk, Penuh Nutrisi

Makanan bayi 10 bulan agar cepat gemuk kebanyakan adalah buah-buahan dan sayuran.

Liputan6.com, Jakarta Makanan bayi 10 bulan agar cepat gemuk perlu diketahui ibu. Tentunya melihat anak makan dengan lahap dan memiliki tubuh yang berisi serta sehat membuat setiap orang tua senang. Untuk itu, ibu perlu memberikan beberapa makanan sehat yang aman untuk tubuh sang buah hati. 

Pada umumnya, bayi baru mulai diperkenalkan pada makanan pendamping air susu ibu (MPASI) di usia 6 bulan. Agar bayi cepat gemuk dan tetap sehat, kamu harus menyiapkan MPASI yang segar serta memiliki tekstur, warna dan rasa yang beragam agar anak antusias.

Makanan bayi 10 bulan agar cepat gemuk kebanyakan adalah buah-buahan dan sayuran. Berbagai kandungan dalam buah dan sayur memang sangat menyehatkan, tidak hanya untuk orang dewasa namun juga baik untuk bayi 10 bulan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (23/4/2020) tentang makanan bayi 10 bulan agar cepat gemuk

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Brokoli, Pisang, dan Kacang-kacangan

Brokoli

Makanan bayi 10 bulan agar cepat gemuk yang pertama adalah brokoli. Hal ini berkaitan dengan kandungan brokoli yang kaya serat, folat, dan kalsium. Sayuran hijau ini sangat baik untuk dijadikan MPASI dan sayuran pertama yang dicoba bayi.

Cara menyajikannya adalah dengan, potong kecil-kecil dan kukus hingga lembut agar bayi dapat mengonsumsinya dengan mudah.

Pisang

Pisang juga merupakan salah satu makanan bayi 10 bulan agar cepat gemuk. Apalagi pisang juga mudah disajikan dan praktis dibawa ke mana-mana. Kandungan karbohidrat dan seratnya juga baik untuk kesehatan bayi.

Jika ingin memberikan pisang pada bayi sebagai MPASI, pilih pisang yang matang dan sajikan dengan cara dihaluskan. Jika anak sudah bisa mengunyah, potong-potong dalam ukuran kecil agar mudah dikonsumsi.

Kacang-kacangan

Makanan bayi 10 bulan agar cepat gemuk berikutnya adalah kacang-kacangan. Kacang-kacangan kaya akan zat besi dan protein, sehingga bayi yang mengonsumsi makanan ini akan mendapatkan cukup serat, folat, dan kalsium.

Selain itu, kacang-kacangan juga memliki kandungan seng yang bermanfaaat untuk menambah kecerdasan otak anak.

3 dari 6 halaman

Ubi dan Alpukat

Ubi

Makanan bayi 10 bulan agar cepat gemuk berikutnya adalah ubi. Ubi banyak mengandung vitamin C, beta karoten, serat, kalium, zat besi, dan antioksidan.

Apalagi, rasanya yang manis membuat bayi menggemarinya. Ubi dapat disajikan dengan cara dikukus hingga matang lalu ditumbuk, atau diblender menjadi puree (bubur).

Alpukat

Alpukat kaya lemak sehat yang mampu menunjang perkembangan otak, selain juga sebagai sumber kalori. Komposisi lemak dalam alpukat hampir sama dengan komposisi lemak dalam air susu ibu (ASI). Selain itu, alpukat juga mengandung protein dalam jumlah tinggi, yang baik untuk pertumbuhan bayi.

Kedua kandungan inilah yang membuat alpukat menjadi makanan bayi 10 bulan agar cepat gemuk. Kamu dapat menyajikan alpukat matang yang sudah dihaluskan kepada bayi. Namun, jangan berikan alpukat secara berlebihan, karena buah ini cepat mengenyangkan.

4 dari 6 halaman

Wortel dan Jeruk

Wortel

Selain memiliki rasa manis dan warna cerah yang menarik ketika disajikan, wortel juga mengandung beta karoten yang baik untuk perkembangan dan penglihatan bayi.

Hal ini membuat wortel cocok dijadikan makanan bayi 10 bulan agar cepat gemuk. Wortel dapat disajikan dengan cara dikukus hingga matang, kemudian dihaluskan, atau dicampur dengan bubur bayi.

Jeruk

Jeruk yang kaya vitamin C dapat mendukung pertumbuhan tulang, serta pembentukan otot dan jaringan tubuh lain. Vitamin C ini juga membantu penyerapan zat besi dari makanan, serta menjaga kadar cairan tubuh tetap seimbang. Kamu dapat memilih jeruk dengan rasa manis untuk bayi.

5 dari 6 halaman

Daging dan Telur

Daging

Daging juga merupakan makanan bayi 10 bulan agar cepat gemuk. Daging sapi, ikan, atau ayam merupakan sumber protein, zat besi, zinc, dan omega-3. Agar tumbuh kembangnya optimal, bayi perlu memperoleh asupan protein dari daging secara teratur.

Pastikan untuk menghaluskan daging sebelum disajikan pada bayi. Kamu juga bisa mencampur daging dengan sayuran yang telah dihaluskan dan ASI.

Telur

Tidak jauh berbeda dengan daging, kandungan utama telur adalah protein, zinc, folat, dan berbagai jenis vitamin yang penting bagi pertumbuhan bayi. Bahkan, kuning telur mengandung kolin dan omega-3 yang sangat berperan dalam perkembangan otak bayi.

Namun bila bayi memiliki riwayat alergi atau berisiko mengalami alergi, berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter sebelum memberikannya telur.

6 dari 6 halaman

Apel dan Kentang

Apel

Apel merupakan makanan bayi 10 bulan agar cepat gemuk berikutnya. Selain mempunyai rasa yang manis, apel juga baik untuk kecerdasan otak bayi. Hal ini karena apel mempunyai kandungan quercetin yang bisa membantu dalam merangsang aktivitas otak. Selain itu, quercetin juga mampu menjadi antioksidan kuat dan membantu sistem kekebalan tubuhn bayi.

Buah apel sendiri bisa diberikan pada anak sebagai makanan pertama dan hampir di seluruh tahapan makanan sebagai transisi.

Kentang

Selain apel, kentang juga bisa dijadikan sebagai alternatif lain makanan bayi 10 bulan agar cepat gemuk. Hal ini karena kentang kaya akan karbohidrat yang baik untuk meningkatkan berat badan.

Selain itu, kentang juga memiliki kandungan citamin C, vitamin B10, fosfor, dan mangan. Selain itu, teksturnya yang lembut juga cocok untuk dijadikan MPASI.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.