Sukses

10 Menu untuk Sahur dan Buka Puasa di Bulan Ramadhan, Sehat dan Bergizi

Liputan6.com, Jakarta Menahan hawa nafsu serta makan dan minum memang menjadi salah satu syarat dalam berpuasa. Namun, tetap menjaga imunitas tubuh juga sangat diperlukan. Salah satu cara untuk tetap menjaga imunitas tubuh ialah dengan menjaga pola menu untuk sahur dan buka puasa. 

Mengonsumsi makanan yang kaya akan gizi saat sahur dan buka puasa perlu dilakukan. Menjaga asupan menu untuk sahur dan buka puasa tak perlu dilakukan secara berlebihan.

Bukan hanya makanan saja yang perlu diperhatikan dalam menu untuk sahur dan buka puasa. Akan tetapi menjaga cairan yang masuk dalam tubuh juga diperlukan. Pasalnya, saat berpuasa tubuh akan mengalami menurunan cairan yang bisa mengakibatkan dehidrasi.

Lantas bagimana tetap menjaga asupan gizi yang baik bagi tubuh selama berpuasa di bulan Ramadan? Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber Jumat (24/4/2020), berikut beberapa menu untuk sahur dan buka puasa yang sehat dan bergizi selama bulan Ramadhan.

2 dari 6 halaman

Menu Sahur tinggi nutrisi

1. Kaya protein dan vitamin

Selama menjalani puasa, memperhatikan asupan karbohidrat, protein dan vitamin perlu dilakukan. Menu untuk sahur dan buka puasa juga sebaiknya konsumsi makanan yang tinggi akan protein, vitamin dan mineral. Bahkan, mengkonsumsi buah- buahan saat sahur juga cukup dianjurkan.

Namun, saat sahur konsumsi karbohidrat perlu dikurangi agar tak berlebih. Banyak mengonsumsi sayur serta buah-buahan demi memenuhi protein, mineral, vitamin serta lemak nabati justru lebih dianjurkan. Namun, diusahakan agar tidak mengonsumsi makanan secara berlebih saat sahur. Hal ini bisa mengakibatkan mengganggu sistem pencernaan.

2. Oat

Selama menjaga asupan dalam menu untuk sahur dan buka puasa konsumsi makanan dari gandum utuh juga baik bagi tubuh. Pasalnya, makanan tersebut mampu memberikan nutri yang dibutuhkan dalam tubuh termasuk energi. Mengonsumsi oat, kacang-kacangan atau biji-bijian saat sahur juga cukup disarankan. Namun tentu saja dengan takaran yang seimbang dan tak berlebih.

3 dari 6 halaman

Sereal dan yogurt

3. Sereal

Mengonsumsi sereal untuk dijadikan sebagai menu sahur juga bisa kamu lakukan. Pasalnya, sereal kaya akan serat serta vitamin dan mineral. Bahkan, jika kamu mengonsumsi sereal yang telah ditambahkan dengan susu tentu saja nutrisi yang kamu dapatkan cukup banyak. Pasalnya, susu mengandung cukup banyak kalsium, vitamin B serta menambah cairan dalam tubuh.

4.Yogurt

Menu untuk sahur dan buka puasa selama bulan Ramadan selanjutnya ialah yogurt. Menu olahan dari susu yang telah difermentasi ini cukup baik bisa dikonsumsi saat sahur. Pasalnya, yogurt mengandung cukup banyak nutrisi. Mulai dari protein, kalsium, vitamin dan tentu saja cairan yang diperlukan oleh tubuh. Bahkan kamu juga bisa mengkreasikan yogurt dengan menu lainnya seperti sereal atau buah-buahan.

4 dari 6 halaman

Roti dan nasi

5. Roti

Makanan olahan dari gandum ini tentu saja sudah sangat familiar. Kamu juga bisa menjadika roti sebagai menu untuk sahur dan buka puasa. Roti sendiri yang memiliki karbohidrat serta serat dan tinggi protein cocok dikonsumsi saat sahur. Memakan roti juga bisa dikombinasikan dengan berbagai selai bahkan buah-buahan yang bisa menambah energi dalam tubuh.

6. Nasi

Sebagai penduduk Indonesia mengonsumsi nasi sepertinya hal yang wajib dilakukan. Maka, tak heran jika nasi juga akan ditemui dalam menu untuk sahur dan buka puasa. Nasi yang tinggi akan karbohidrat dan mengandung glukosa ini baik dikonsumsi untuk menambah energi saat berpuasa. Namun, tentu saja jumlah asupan nasi yang masuk dalam tubuh selama berpuasa harus tetap dijaga dan tidak berlebih.

5 dari 6 halaman

Menu buka puasa untuk kembalikan energi

7. Kurma

Buah kurma menjadi buah yang disunnahkan oleh Nabi Muhammad SAW untuk berbuka puasa. Buah kurma sendiri memang mengandung cukup banyak nutri serta gula alami yang baik untuk mengembalikan energi dalam tubuh. Bahkan, mineral seperti kalium dan tembaga serta serat yang terdapat pada buah kurma juga baik untuk membantu sistem pencernaan selama puasa.

8. Mineral

Saat berbuka puasa, mengonsumsi minuman yang juga cukup dianjurkan untuk mengembalikan cairan dalam tubuh. Tak hanya mengonsumsi air putih saja, akan tetapi kamu juga bisa mengonsumsi hidangan minuman yang cocok untuk berbuka puasa untuk mengembalikan energi dalam tubuh.

6 dari 6 halaman

Smoothies dan Sup

9. Smoothies

Mengonsumsi smoothies ataupun jus setelah berpuasa seharian mampu memberikan nutri pada tubuh. Tak hanya itu saja, susu yang dicampurkan dala smoothies serta buah-buahan telah mengandung gula alami yang bisa mengembalikan energi dan cairan pada tubuh.

10. Sup

Sup juga bisa dijadikan sebagai menu untuk sahur dan buka puasa selama bulan Ramadan. Pasalnya, menu makanan satu ini mengandung cukup banyak mineral dan bisa mengembalikan kebutuhan cairan dalam tubuh setelah berpuasa. Tentu saja, dalam menu sup kamu bisa menambahkan daging, seperti ayam ataupun sapi bahkan ikan sebagai sumber protein. Bahkan, sayur-sayuran yang ada pada sup bisa memenuhi kebutuhan vitamin untuk tubuh.