Sukses

Manfaat Vitamin B1, B6, B12 untuk Tubuh dan Sumber Makanannya

Manfaat vitamin B1,B6, B12 bisa didapatkan dari beberapa makanan sehat.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat vitamin B1,B6, B12 sangat penting untuk kesehatan tubuh. Sebagai bagian dari vitamin B kompleks, ketiga vitamin ini memiliki manfaat masing-masing dalam membantu pertumbuhan, perkembangan, serta fungsi tubuh lainnya. 

Vitamin B memang memiliki peranan yang cukup penting bagi tubuh. Mengingat manfaat vitamin B bagi tubuh tersbut, maka kamu harus selalu menyertakan zat ini dalam pola makan harian agar kesehatanmu senantiasa terjaga.

Manfaat vitamin B1,B6, B12 bisa didapatkan dari beberapa makanan sehat. Kamu bisa mengonsumsinya sesuai kebutuhan agar kebutuhan kamu akan ketiga vitamin B ini terpenuhi. Jangan terlalu berlebihan mengonsumsi vitamin B1, B6, B12 ini karena bisa menimbulkan berbagai dampak negatif terhadap tubuh.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (24/4/2020) tentang Manfaat vitamin B1,B6, B12

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Manfaat Vitamin B1 (thiamine)

Manfaat vitamin B1, B6, B12 untuk tubuh tentunya berbeda masing-masingnya. Untuk vitamin B1 sendiri, selain menjaga sistem saraf tetap sehat, vitamin ini diperlukan dalam mengubah makanan yang kamu konsumsi menjadi energi.

Berdasarkan Angka Kecukupan Gizi (AKG) yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan RI, jumlah kebutuhan vitamin B1 harian orang dewasa (usia 16 sampai 49 tahun) berkisar antara 1,1 sampai 1,4 miligram.

Berikut manfaat vitamin B1:

Meningkatkan Fungsi Kognitif pada Penderita Alzheimer

Vitamin B1 dapat membantu memperbaiki fungsi otak, khususnya pada penderita penyakit Alzheimer. Hal ini dibuktikan oleh sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Vietnamese American Medical Research Foundation yang melaporkan bahwa asupan vitamin B1 dapat meningkatkan fungsi kognitif pada pasien Alzheimer.

Mengurangi Stres

Tiamin alias vitamin B1 sering disebut sebagai vitamin antistres. Asupan tiamin dapat membantu mengendalikan suasana hati dan gangguan fisiologis akibat stres. Dengan asupan vitamin B1 yang cukup, orang yang mudah stres akan merasa lebih tenang, berpikir positif, dan lebih sanggup melawan stres yang mengganggu pikirannya.

3 dari 7 halaman

Manfaat Vitamin B1 Lainnya

Mencegah Beri-beri

Manfaat vitamin B1 paling penting untuk mencegah penyakit beri-beri. Penyakit ini terjadi karena tubuh tidak dapat mengubah asupan karbohidrat dari makanan menjadi energi. Akibatnya, hal ini memicu penumpukan asam piruvat dalam aliran darah dan menyebabkan beri-beri.

Gejala penyakit beri-beri meliputi penurunan fungsi otot, sesak napas, detak jantung meningkat, kaki bengkak, mual, hingga sulit berbicara. Penyakit ini sering kali memicu masalah kesehatan lainnya, termasuk gangguan jantung dan sistem pencernaan.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Banyak atlet yang mengandalkan suplemen tiamin untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya. Selain menjaga sistem imun tubuh, manfaat vitamin B1 dalam bentuk suplemen juga dapat membantu meringankan berbagai penyakit, seperti sariawan, diabetes, stres, mabuk, HIV/ AIDS, katarak, glaukoma dan gangguan penglihatan lainnya, kanker serviks, penyakit jantung dan tentunya sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Meski demikian, manfaat vitamin B1 untuk mencegah atau meringankan penyakit-penyakit yang disebutkan di atas masih harus diteliti lebih lanjut oleh para ahli untuk membuktikannya.

Kamu rentan mengalami kekurangan vitamin B1, apabila kamu terkena diabetes atau HIV/AIDS, menggunakan obat diuretik dalam dosis tinggi, kecanduan alkohol, atau berusia lanjut.

Untuk mendapatkan manfaat itu, kamu bisa mengonsumsi makanan kaya vitamin B1 seperti telur, susu, gandum utuh yang diperkaya vitamin B1 seperti sereal, roti, dan pasta, daging sapi, buah-buahan dan sayuran seperti kembang kol, jeruk, dan kentang, kacang-kacangan seperti kacang kedelai dan lentil, dan Nasi.

Itulah penjelasan dari vitamin B1 sebagai salah satu pembahasan dari manfaat vitamin B1, B6, B12 yang perlu kamu ketahui.

4 dari 7 halaman

Manfaat Vitamin B6 (pyridoxine)

Dalam pembahasan mengenai manfaat vitamin B1, B6, B12 berikut ini, kamu bisa mengenali vitamin B6. Vitamin ini membantu membentuk hemoglobin yang mengedarkan oksigen dalam darah ke seluruh tubuh.

Selain itu, vitamin B6 juga berperan dalam mengubah protein dan karbohidrat dari makanan agar menjadi energi. Saluran pencernaan, otot, dan beberapa bagian dari sistem imunitas pun terjaga dengan adanya vitamin ini di tubuh.

Berdasarkan Angka Kecukupan Gizi (AKG) yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan RI, inilah jumlah kebutuhan vitamin B6 yang harus dipenuhi: Bayi dan anak-anak: 0,1 sampai 1,0 mg, Laki-laki dewasa: 1,3 sampai 1,7 mg, Perempuan dewasa: 1,3 sampai 1,5 mg, Ibu hamil: sekitar 1,7 mg, dan Ibu menyusui: sekitar 1,8 mg.

Menambah Energi

Vitamin B6 dapat membantu memecah protein dan meningkatkan metabolisme tubuh. Ketika metabolisme tubuh bekerja lebih cepat, maka energi yang dihasilkan oleh tubuh pun juga akan lebih cepat.

Menguatkan Fungsi Otak

Menurut University of Maryland Medical Center, vitamin B6 diperlukan untuk membuat neurotransmitter, bahan kimia yang membawa sinyal dari satu sel saraf ke sel lainnya. Neurotransmitter tersebut dibutuhkan untuk memproses daya ingat dan meningkatkan fungsi otak.

Hal ini dibuktikan oleh sebuah penelitian yang mengungkapkan adanya keterkaitan antara risiko penyakit Alzheimer terhadap kekurangan vitamin B6.

5 dari 7 halaman

Manfaat Vitamin B6 Lainnya

Mencegah Penyakit Jantung

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa kombinasi vitamin B6 dan vitamin B12 dapat membantu mencegah penyakit jantung. Hal ini dikarenakan vitamin B6 berfungsi untuk menurunkan kadar homosistein dalam tubuh.

Jika tubuh kekurangan vitamin B6, maka homosistein akan terus meningkat dan menyumbat pembuluh darah. Akibatnya, risiko serangan jantung dan stroke tidak dapat dihindari.

Mengatasi Depresi

Otak membutuhkan asupan vitamin B6 untuk menghasilkan serotonin, suatu neurotransmitter yang dapat meningkatkan suasana hati dan pikiran positif. Ini tentu bermanfaat bagi kamu yang mengalami depresi.

Vitamin B6 bisa didapat dari kacang, susu, kentang, ikan, daging ayam, dan pisang. Itulah beberapa manfaat vitamin B6, sebagai salah satu pembahasan manfaat vitamin B1, B6, B12 yang harus kamu kenali.

6 dari 7 halaman

Manfaat Vitamin B12 (cobalamin)

Bagian dari manfaat vitamin B1, B6, B12 lainnya adalah Kobalamin atau Vitamin B12. Vitamin B12 penting dalam produksi sel darah merah, memproses vitamin B9, mengubah makanan menjadi energi serta menjaga sistem saraf tubuh agar tetap sehat.

Untuk orang dewasa pada umumnya, asupan vitamin B12 harian yang disarankan adalah sekitar 2,4 mcg sementara untuk ibu hamil dan menyusui perlu lebih banyak lagi.

Berikut beberapa manfaat vitamin B12 ini untuk kesehatan:

Cegah Anemia

Vitamin B12 berperan penting dalam memproduksi sel darah merah. Kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan pengurangan pembentukan sel darah merah dan mencegahnya berkembang dengan baik. Akibatnya tubuh kekurangan sel darah merah yang kemudian memicu anemia.

Gejala anemia yang paling umum adalah kelelahan, sesak napas, dan detak jantung yang tidak teratur. Ini karena tubuh tidak memiliki cukup sel darah merah untuk mengangkut oksigen ke organ vital.

Sehatkan Tulang

Orang dengan kadar vitamin B12 yang rendah cenderung memiliki kepadatan tulang yang rendah pula. Tulang dengan kepadatan mineral yang menurun dapat menjadi rapuh dan rapuh seiring waktu, yang menyebabkan peningkatan risiko osteoporosis.

Sejumlah penelitian mengungkapkan, kekurangan vitamin B12 dapat meningkatkan risiko osteoporosis khususnya pada wanita.

7 dari 7 halaman

Manfaat Vitamin B12 Lainnya

Sehatkan Otak

Kekurang vitamin B12 dapat memengaruhi kinerja memori dan peningkatan pikun. Vitamin B12 juga dapat meningkatkan suasana hati. Ini karena vitamin ini memainkan peran penting dalam mensintesis dan memetabolisme serotonin yang berperan untuk mengatur suasana hati. Kekurangan vitamin B12 dikaitikan dengan risiko stres dan depresi yang tinggi.

Beri Energi Tubuh

Suplemen vitamin B12 kerap digunakan untuk meningkatkan energi. Hal ini karena vitamin B memainkan peran penting dalam produksi energi tubuh. Salah satu tanda paling umum dari kekurangan vitamin B12 adalah kelelahan atau kekurangan energi. Vitamin B12 terlibat dalam produksi energi dalam tubuh.

Selain itu, manfaat vitamin B12 juga dapat menyehatkan jantung, penglihatan, hingga mencegah risiko cacat lahir pada anak. Kamu bisa mendapatkan vitamin B12 dari salmon, daging, susu, keju, dan telur.  

Itulah beberapa manfaat vitamin B1, B6, B12 bagi kesehatan tubuh kamu. Dengan mengenali manfaat vitamin B1, B6, B12 ini kamu semestinya selalu mempersiapkan makanan sehari-hari dengan kandungan ketiga jenis vitamin B kompleks ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini