Sukses

7 Jenis Makanan Kucing Terbaik dan Terbaru 2020

Liputan6.com, Jakarta Memelihara hewan peliharaan seperti kucing, memang selalu menyenangkan karena kucing yang lucu. Memelihara kucing bisa menghilangkan stres setelah di luar rumah seharian. Namun sayangnya banyak pemelihara yang belum memahami jenis makanan kucing terbaik untuk menunjang kesehatannya. 

Sebenarnya dengan memahami jenis makanan kucing terbaik dan terbaru 2020, kesehatan kucing akan lebih terjaga dan memelihara menjadi lebih mudah dilakukan. Tentu tidak perlu lagi khawatir dengan masalah pencernaan yang bisa dialami oleh kucing peliharaan.

Memahami keinginan kucing juga bukan sesuatu yang salah. Menganggapnya sebagai keluarga memang sudah menjadi kewajiban bukan? Jadi tidak boleh sungkan untuk mengetahui jenis makanan kucing terbaik dan terbaru 2020 ya.

Berikut penjelasan mengenai jenis makanan kucing terbaik dan terbaru 2020 yang sudah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (28/4/2020).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 5 halaman

Jenis Makanan Kucing Terbaik dan Terbaru 2020

1. Pakan Kering

Perlu diketahui bahwa ada 2 jenis makanan dasar kucing, yakni makanan basah dan kering. Namun, makanan kering lebih cocok dijadikan makanan utama kucing. Hal ini disebabkan karena sifatnya yang tahan lama dan harganya yang cukup terjangkau. Selain itu, makanan kering ini juga akan melatih gigi mereka. Dan bisa membantu mencegah plak karena makanan kering tidak akan menyisakan kotoran pada gigi kucing

2. Pakan Basah

Tidak perlu khawatir dengan asupan air kucing. Atau mungkin ada yang memiliki kucing yang telah melemah daya gigitnya (anak kucing maupun kucing tua). Nah, jika dihadapkan dengan permasalahan seperti ini cobalah untuk memberi makanan basah pada kucing.

Selain makanan ini memiliki kadar airnya cukup tinggi, makanan basah juga memiliki lebih banyak varian rasa jika dibandingkan dengan makanan kering. Jadi akan lebih efektif jika diberikan kepada kucing yang sedang bermasalah dengan nafsu makan.

Perlu diketahui juga, kucing juga memiliki rasa bosan dengan makanan. Di sini pentingnya mengombinasikan makanan kering dan basah. Misalnya, jika sudah memberi makanan kering dari salmon, jangan lupa untuk memberi makanan basah juga dari ayam. Dan tetap pilih kandungan utama yang berbeda supaya nutrisinya terpenuhi dengan sempurna.

3 dari 5 halaman

Jenis Makanan Kucing Terbaik dan Terbaru 2020

3. Snack

Jika kucing sedang bermasalah dengan nafsu makan, memberi snack atau makanan pendamping sangatlah dianjurkan. Snack juga bisa disajikan sebagai topping di makanan utama kucing loh. Dan makanan ini juga cocok untuk kucing yang sedang diet karena snack bisa melengkapi kebutuhan nutrisi kucing tanpa makan berat.

Ada banyak sekali jenis snack yang bisa diberikan kepada kucing. Misalnya dengan memberi potongan daging, snack kering, pasta, dan masih banyak lagi.

4. Protein Hewani Tinggi

Sterilisasi dilakukan dengan meniadakan fungsi reproduksi pada kucing dengan menghilangkan alat reproduksinya. Sterilisasi ini dapat dilakukan saat kucing masih berusia 6-10 bulan. Dan yang paling penting, setelah disteril metabolisme kucing akan menurun dan mudah gemuk. Tetapi bukan berarti harus diberi makanan untuk diet ya. Akan sangat dianjurkan untuk tetap memberi makanan bernutrisi selama proses penyembuhan berlangsung.

Misalnya bisa dengan memberikan makanan tinggi protein yang berkualitas. Misalnya biji-bijian tanpa zat aditif. Nah, makanan berkualitas inilah yang membuat kucing menjadi cepat kenyang sehingga dapat mencegah obesitas. Dan mayoritas kucing juga memiliki masalah pada nafsu makan setelah puasa pasca operasi. Jadi, penting untuk memilih makanan bernutrisi meski dalam porsi yang kecil.

4 dari 5 halaman

Jenis Makanan Kucing Terbaik dan Terbaru 2020

5. Taurine dan Asam Amino Esensial

Ternyata penglihatan kucing juga menurun seiring bertambahnya usia seperti manusia. Taurine dan asam amino esensial inilah, yang selama ini dipercaya dapat membantu mencegah dan mengobati gangguan penglihatan pada kucing. Tidak perlu khawatir, karena sekarang jenis makanan kucing yang bernutrisi sudah mengandung taurine dan asam amino esensial dalam formulasi makanannya.

Namun jangan lupa untuk tetap memeriksa label bahan baku makanannya, karena makanan berkualitas rendah juga masih banyak dijual di pasaran. Pilihlah makanan dengan berbahan baku protein hewani seperti tuna, daging ayam, dan ikan bonito (katsuo). Daging-daging ini sangat kaya akan taurine yang dapat mencegah gangguan penglihatan mata seperti glaukoma, katarak, dan degenerasi retina pada kucing.

6. Oral Care Food

Kucing ternyata juga bisa terkena penyakit periodontal seperti karang gigi, bau mulut, luka pada gusi, dan masih banyak lagi. Nah, dengan memberikan oral care food pemelihara bisa menjadikannya sebagai upaya pencegahan. Hal ini disebabkan karena produk tersebut mengandung anti-bakteri dengan formula yang sama dengan pasta gigi. Atau bisa juga dengan memberinya pakan kering dengan butiran besar.

Tetapi sebisa mungkin tetap sikatlah gigi kucing secara rutin. Namun, jangan pernah memaksa kucing yang memberontak saat disikat giginya. Jika tetap dilakukan maka kucing justru akan terluka.

5 dari 5 halaman

Jenis Makanan Kucing Terbaik dan Terbaru 2020

7. Sesuaikan Ras

Menyesuaikan makanan kucing dengan ras ternyata juga sudah banyak dijual di pasaran. Pemelihara tentu bisa memilihnya dengan mudah karena makanan tersebut dibuat khusus berdasarkan karakteristik masing-masing ras. Misalnya saja seperti menyesuaikan bulu atau ciri-ciri tubuhnya.

Beberapa merek juga sudah menyediakan makanan khusus untuk kucing ras Ragdoll, American Shorthair, Maine Coon, Chinchilla, Himalaya, British Shorthair, Persian, dan masih banyak lagi. Jadi, tidak ada salahnya untuk mencoba. Dan salah satu makanan kucing yang bisa kamu berikan untuk kucing kesayangan adalah Muezza.

 

Muezza merupakan makanan kucing halal sehingga bisa membuat pemilik merasa lebih tenang dan nyaman. Selain itu, Muezza memiliki kandungan nutrisi seimbang, bermanfaat untuk memperkuat tulang dan gigi, dibuat dari bahan alami, dan punya 4 varian rasa favorit kucing. Untuk informasi lebih lengkapnya kamu bisa kunjungi Instagram @muezza.feed atau langsung melakukan pemesanan Muezza Cat Food di Shopee dan Muezza Feed di Tokopedia.

Dan penting juga untuk menyesuaikan jenis makanan dengan frekuensi pembelian dan lokasi penyimpanannya. Terutama untuk makanan basah dan cepat kadaluwarsa. Kemudahan membeli, kesibukan pemelihara, dan efisiensi bisa menjadi hal yang harus dipertimbangkan sebelum memutuskan pakan apa yang akan dibeli.

Beli Muezza di Shopee

Beli Muezza di Tokopedia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.