Sukses

Potret Megah 5 Masjid Tertua di Dunia, Salah Satunya Berada di China

Liputan6.com, Jakarta Masjid merupakan rumah ibadah bagi umat Muslim. Selain untuk menjalankan aktivitas sholat, masjid sedari dulu juga memegang peranan penting dalam aktivitas sosial kemasyarakatan.

Arsitektur masjid yang dibuat dengan menara-menara serta kubah yang besar seolah jadi saksi betapa jayanya Islam pada abad pertengahan. Masjid juga menjadi saksi sejarah penting dalam perkembangan agama Islam.

Salah satu masjid tertua di dunia yakni adalah Masjid Nabawi. Masjid ini merupakan masjid pertama yang di bangun Nabi Muhammad SAW begitu beliau mencapai Madinah. Masjid ini dulunya juga menjadi pusat kegiatan baik politik hingga kemiliteran pada jaman nabi. 

Selain Masjid Nabawi, ulasan berikut akan membahas tentang masjid-masjid tertua di seluruh dunia. Penasaran? Dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Rabu (29/4/2020).

2 dari 6 halaman

1. Masjidil Haram di Makkah, Arab Saudi

Meski tak diketahui secara pasti tahun pembangunannya, namun tentunya sejarah Masjidil Haram sangat lekat dengan pembangunan Ka'bah yang telah ada sejak jaman Nabi Adam.

Ka'bah dan Masjidil Haram memegang peranan penting dalam sejarah islam. Masjid ini juga salah satu dari tiga masjid yang paling suci dan diutamakan dalam agama Islam selain Masjid Al-Nabawi dan Masjid Al-Aqsa.

Diketahui, Masjidil Haram mulai di buka untuk pelaksanaan haji pada masa kekhalifahan Umar Bin Khattab tahun 638 M. Masjid ini juga telah mengalami pemugaran berkali-kali hingga memiliki struktur bangunan seperti sekarang ini.

3 dari 6 halaman

2. Al-Masjid al-Nabawi di Madinah, Arab Saudi.

Masjid Nabawi atau Al-Masjid al-Nabawi dibangun pada masa pemerintahan Rasullulah pada tahun 622 M di Madinah, Arab Saudi. Masjid ini dulunya pernah menjadi pusat pemerintahan, perencanaan kota, hingga pusat kemiliteran di jaman Nabi.

Sejak pertama kali dibangun hingga kini, Masjid Nabawi telah mengalami renovasi hingga 9 kali. Awalnya, masjid ini hanya berukuran 50 M x 50 M, namun kini Masjid Nabawi bisa menampung hingga kurang lebih satu juta jamaah.

4 dari 6 halaman

3. Masjid Quba di Madinah

Masjid Quba dibangun pada 622 M di Madinah, Arab Saudi, oleh Nabi Muhammad setelah kepergiannya dari Makkah. Disebutkan bahwa Masjid Quba merupakan masjid pertama yang dibangun di atas kesalehan dalam kitab suci Al-Quran, surat At-taubah ayat 108.

Sama seperti masjid tertua lainnya, Masjid Quba juga telah mengalami renovasi berkali-kali. Kini, selain disebut sebagai masjid tertua, Masjid Quba juga merupakan salah satu masjid terbesar di Arab Saudi.

5 dari 6 halaman

4. Masjid Qiblatain

Masjid Qiblatain terletak di Madinah, Arab Saudi. Masjid ini dibangun pada tahun 623 M. Masjid ini merupakan masjid yang memiliki sejarah penting dalam perkembangan agama Islam, karena dulunya menjadi tempat dimana Nabi Muhammad diperintahkan oleh Allah untuk mengarahkan kiblat.

Masjid ini dulu dikenal sebagai masjid yang memiliki dua kiblat, satu menghadap Makkah, satunya lagi menghadap ke Yerusalem. Namun, dalam perkembangannya, kini kiblat yang mengarah ke Yerusalem telah di hapus.

6 dari 6 halaman

5. Masjid Huaisheng di Guangzhou, China

Terakhir, yang menempati urutan kelima sebagai masjid tertua di dunia yakni Masjid Huaisheng yang terletak di distrik Yuexiu, Guangzhou, China. Masjid ini telah berdiri sejak tahun 627 M pada Dinasti Tang.

Masjid ini dibangun setelah Nabi Muhammad memiliki hubungan diplomatik dengan Kaisar Dinasti Tang. Masjid ini juga memiliki julukan sebagai 'Masjid Mercusuar' atau disebut Guangta karena arsitekturnya yang memiliki mercusuar setinggi 35 meter.