Sukses

Cara Membuat Kopi Hijau di Rumah dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat kopi hijau bisa dilakukan dengan berbagai teknik. Mulai dari teknik pembuatan tradisional hingga menggunakan berbagai mesin. Kamu bebas memilih berbagai cara ini untuk membuat kopi hijau dan mendapatkan manfaatnya. 

Kopi hijau berasal dari ekstrak biji kopi yang belum dipanggang, sementara kopi hitam tradisional dibuat dari biji kopi panggang. Minuman kopi hijau memiliki tampilan yang berwarna hijau seperti teh.

Komponen utama dari kopi hijau tampak seperti kafein dan asam klorogenik, yaitu sejenis antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan. Biji kopi hijau memiliki tingkat asam klorogenat yang lebih tinggi dibandingkan dengan biji kopi biasa.

Cara Membuat Kopi hijau tidak begitu sulit dan bisa dibuat di rumah. Kopi hijau di pasaran dapat ditemukan dalam beberapa jenis, masih berbentuk biji, bubuk, hingga kapsul. Jika tidak ingin repot dalam mengolah, dapat memilih kopi hijau bubuk atau kapsul yang banyak dijual di berbagai supermarket atau minimarket.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (29/4/2020) tentang cara membuat kopi hijau

2 dari 8 halaman

Cara Membuat Kopi Hijau Secara Tradisional

Cara membuat kopi hijau bisa dilakukan secara tradisional dengan manual. Ikuti langkah-langkah berikut:

- Tahap pertama kamu dapat menyiapkan biji kopi hijau yang masih mentah dan kering.

- Kemudian cuci hingga bersih biji kopi hijau, hati-hati saat sedang mencucinya jangan terlalu keras, agar bagian luar kopi tidak terkikis.

- Setelah itu, rebus biji kopi dengan takaran 1:3 atau 1 gelas kopi hijau dengan 3 gelas air.

- Rebus kopi hijau hingga mendidih.

- Jika sudah mendidih, kecilkan api sambil diaduk. Tunggu hingga 12 menit.

- Setelah itu, saring air dari kopi hijau. Kamu dapat menambahkan madu agar rasanya pun semakin nikmat.

- Kopi hijau siap untuk dinikmati.

3 dari 8 halaman

Cara Membuat Kopi Hijau dengan Teknik Arab Method

Cara membuat kopi hijau dengan arab method ini disebut juga dengan teknik turkish coffee. Caranya juga cukup simpel, sebagai berikut:

- Pertama-tama, gilling kopi secara manual dengan menggunakan lesung atau mesin penggiling kopi hingga menjadi bubuk.

- Kemudian, letakkan bubuk kopi di bejana dengan campuran gula dan air.

- Aduk racikan ini dan diamkan hingga 3 kali.

- Kopi hijau pun siap untuk disajikan.

4 dari 8 halaman

Cara Membuat Kopi Hijau dengan Teknik Drip Method

Teknik selanjutnya adalah dengan drip method. Cara membuat kopi hijau ini banyak dilakukan masyarakat karena tergolong mudah dan efisien.

- Pertama, kopi hijau bubuk diletakkan pada kertas saring yang terdapat di atas corong kopi.

- Kemudian tuang air panas di atas kopi.

- Lalu rendam menggunakan air panas dengan memanaskan bejana tersebut.

- Kopi hijau pun siap disajikan.

5 dari 8 halaman

Cara Membuat Kopi Hijau dengan Teknik French Press

Metode French press sering dijumpai di kedai-kedai kopi. French press bisa mengekstrak beraneka cita rasa yang terdapat pada kopi bubuk. Ikuti cara berikut:

- Tuangkan kopi hijau bubuk secukupnya ke dalam French press.

- Masukkan air panas yang sebelumnya sudah ditiriskan selama 1 menit di dalam French press.

- Pastikan kamu memasukan air panas ke dalam French press dengan posisi yang lebih tinggi dari French press. Hal ini dapat menghasilkan gelembung air yang akan menciptakan aroma kopi jadi lebih nikmat.

- Kemudian aduk secara merata, makin lama di aduk akan menciptakan aroma serta rasa kopi yang lebih menyatu.

- Proses terakhir ialah dengan mempres kopi menggunakan tutup French press secara perlahan.

- Masukan campuran kopi ke dalam cangkir, kopi pun siap dihidangkan.

6 dari 8 halaman

Manfaat Kopi Hijau untuk Kesehatan

Menurunkan Berat Badan

Dengan mengetahui cara membuat kopi hijau, kamu bisa mendapatkan berbagai manfaat kesehatannya. Salah satunya adalah untuk diet. Karena tidak melalui proses pemanggangan, biji kopi hijau memiliki kandungan asam klorogenik yang tinggi.

Manfaat kopi hijau yang paling populer adalah penurunan berat badan. Untuk menurunkan berat badan, asam klorogenat dalam kopi hijau dianggap mempengaruhi bagaimana tubuh menangani gula darah dan metabolisme. Kafein dalam kopi hijau juga lebih tinggi. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa kafein dapat meningkatkan metabolisme hingga 3-11%.

Beberapa penelitian pada manusia menunjukkan bahwa asam klorogenat dapat mengurangi penyerapan karbohidrat dari saluran pencernaan, yang menurunkan gula darah dan lonjakan insulin.

Dilansir Liputan6.com dari Healthline, tinjauan penelitian pada manusia memang menunjukkan bahwa ekstrak kopi hijau mungkin memiliki potensi untuk membantu menurunkan berat badan. Tetapi efek yang didokumentasikan pada penurunan berat badan itu kecil, dan penelitian itu tidak bersifat jangka panjang. Jadi, tidak ada cukup bukti untuk mengatakan bahwa kopi hijau efektif atau aman. Dibutuhkan lebih banyak penelitian untuk memastikan khasiat dari kopi hijau ini.

Menurunkan Tekanan Darah

Selain efeknya pada penurunan berat badan, asam klorogenat dalam kopi hijau dapat mengurangi tekanan darah. Dilansir dari Livestrong, sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2006 di Clinical and Experimental Hypertension, memaparkan pasien yang mengonsumsi 140 miligram ekstrak biji kopi hijau per hari menunjukkan penurunan tekanan darah selama penelitian. Tidak ada efek samping yang dilaporkan, yang menunjukkan bahwa kopi hijau adalah cara yang aman untuk membantu mengurangi tekanan darah tinggi.

7 dari 8 halaman

Manfaat Kopi Hijau untuk Kesehatan

Peningkatan Suasana Hati dan Kinerja Kognitif

Kafein yang ditemukan dalam kopi hijau memiliki efek positif pada suasana hati dan aktivitas otak. Menurut ulasan yang diterbitkan pada Februari 2008 di Nutrition Bulletin, beberapa penelitian telah mengonfirmasi bahwa kafein dapat meningkatkan waktu reaksi, kewaspadaan, daya ingat, kewaspadaan, fokus, ketahanan terhadap kelelahan, dan faktor-faktor lain dari kinerja kognitif.

Manfaat Antioksidan

Biji kopi hijau dan produk turunannya mengandung banyak antioksidan, yang merupakan senyawa yang mengurangi efek radikal bebas yang merusak sel. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada Juli 2004 dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry, antioksidan asam klorogenat dalam biji kopi hijau dapat mencegah proliferasi empat jenis sel kanker, menunjukkan kopi hijau mungkin berguna dalam mencegah beberapa jenis kanker.

8 dari 8 halaman

Efek Samping Kopi Hijau

Kopi hijau belum terbukti aman untuk wanita hamil atau menyusui dan tidak boleh dikonsumsi oleh anak-anak. Kopi hijau memang mengandung kafein, yang dapat memiliki banyak efek samping ketika dikonsumsi dalam jumlah besar.

Ini termasuk kecemasan, gelisah, detak jantung yang cepat. Karena sejumlah kecil kafein mungkin hilang selama proses pemanggangan, kopi hijau mungkin mengandung kafein sedikit lebih banyak daripada kopi hitam.

Selain itu, sebuah studi hewan 2 bulan menemukan bahwa tikus yang diberi dosis ekstrak kopi hijau setiap hari mengalami penipisan kalsium yang signifikan dalam jaringan tulang mereka. Hasil ini menunjukkan bahwa asupan jangka panjang suplemen kopi hijau dapat membahayakan kesehatan tulang.