Sukses

9 Manfaat Jus Apel Hijau bagi Kesehatan

Liputan6.com, Jakarta Manfaat jus apel hijau ternyata cukup banyak dan berguna dalam menjaga kesehatan tubuh kita. Beragamnya manfaat jus apel hijau tersebut tidak terlepas dari kayanya kandungan vitamin serta nutrisi penting yang terkandung didalam apel hijau ini.

Buah apel merupakan jenis buah yang sangat terkenal. Rasa dari buah apel ini juga sangat enak. Apel sendiri terdapat beberapa jenis, seperti, Apel Washington, Apel Fuji, Apel Granny Smith, Apel Royal Gala, Apel Golden Delicious, dan juga Apel Manalagi.

Salah satu jenis apel yang memiliki khasiat cukup banyak adalah buah apel Granny Smith atau yang biasa di sebut apel hijau. Rasanya memang cenderung lebih masam. Dan biasanya, apel ini dikonsumsi dengan dijadikan tambahan pada salad buah atau dimakan langsung.

Namun, Anda juga bisa mengolahnya menjadi jus. Karena manfaat jus apel hijau juga tidak kalah tinggi jika dibandingkan dengan cara dimakan langsung. Bahkan manfaat jus apel hijau tersebut salah satunya dapat lebih cepat di serap oleh tubuh.

Lalu apa saja manfaat jus apel hijau tersebut bagi tubuh? Untuk mengetahui manfaat jus apel hijau lebih dalam, maka dibawah ini Liputan6.com, Kamis (30/4/2020), telah merangkum mengenai berbagai macam manfaat jus apel hijau yang bisa didapatkan tubuh apabila dikonsumsi secara rutin.

2 dari 4 halaman

Manfaat Jus Apel Hijau untuk Menurunkan Berat Badan dan Mencegah Diabetes

1. Meningkatkan metabolisme tubuh

Apel hijau memiliki kandungan zat besi yang akan sangat membantu penyerapan oksigen dan dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Selain itu apel hijau kaya akan vitamin dan dapat melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas.

 

2. Mengontrol Berat Badan

Karena apel hijau memiikki kandungan serat yang sangat tinggi, maka apel hijau ini akan membantu Anda dalam mengontol pola makan. Serat tersebut akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Selain itu, sisa makanan yang belum dikeluarkan bersama feses akan terbantu karena adanya serat ini.

 

3. Pencegah Diabetes

Pada buah apel hijau kandungan gulanya lebih sedikit dibanding dengan jenis apel lainnya. Namun, apel hijau ternyata memiliki serat yang lebih banyak. Selain itu, apel hijau kaya akan kandungan vitamin B1. Kandungan vitamin B1 tersebut dapat mengatasi kadar gula berlebih yang ada di dalam tubuh.

3 dari 4 halaman

Manfaat Jus Apel Hijau yang Kaya Vitamin

4. Perkuat tulang dan gigi

Dengan adanya kandungan vitamin K yang sangat banyak pada buah apel hijau, dapat membantu Anda dalam memperkuat gigi dan tulang. Kulit serta daging dari buah apel hijau juga ternyata memiliki banyak kandungan kalsium. Kalsium tersebut dapat juga salah satu zat yang membantu tulang dan gigi agar lebih kuat. Atau dengan kata lain, Anda akan terhindar dari osteoporosis jika rutin mengonsumsi apel jus hijau.

 

5. Menjaga kesehatan mata

Kandungan vitamin C dan Vitamin A yang ada pada buah apel hijau sangat bermanfaat untuk memelihara kesehatan mata. Selain itu, apel hijau juga memiliki kandungan antioksidan dan fitonutrien yang dapat melawan kerusakan akibat radikal bebas pada retina mata dan juga mampu mempercepat penyembuha luka pada kornea. Dan, kandungan vitamin A tentu akan sangat bermanfaat dalam memperkuat dan meningkatkan ketajaman penglihatan.

 

6. Menyuburkan rambut

Karena adanya kandungan vitamin C dan antioksidan dalam apel hijau, maka dapat membantu dalam memelihara kulit agar sehat. Selain itu, kandungan vitamin yang sangat berlimpah pada apel hijau juga mampu memberi nutrisi yang cukup untuk kulit kepala. Tidak hanya sampai disitu, apel hijau memiliki kandungan protein yang dapat membantu menumbuhkan rambut secara alami.

4 dari 4 halaman

Manfaat Jus Apel Hijau untuk Mencegah Penyakit Berbahaya

7. Membantu detoks pada tubuh

Selain memiliki kandungan serat yang sangat banyak, apel hijau juga mampu membantu sistem pencernaan Anda terbebas dari kandungan racun dan zat yang berbahaya. Serat yang terkandung dalam apel hijau bisa mengatasi masalah sembelit. Sehingga, Anda tidak perlu mengonsumsi berbagai obat untuk mengatasi sembelit. Apel hijau juga dapat mencegah terjadinya penyakit kanker usus besar. Dengan kata lain buah apel hijau adalah agen detoksifikasi alami yang sangat aman untuk dikonsumsi.

 

8. Menjaga kesehatan pernapasan

Buah apel hijau kaya akan kandungan flavonoid. Kandungan ini dapat membantu untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan paru-paru. Selain itu, kandungan flavonoid tersebut juga mampu mencegah katarak serta dapat mencegah terkena serangan jantung.

 

9. Membantu penyembuhan luka

Kandungan vitamin K pada apel hijau, mampu membantu perbaikan dan penyembuhan luka agar lebih cepat. Dengan kemampuan penyembuhan luka yang cepat tersebut, maka Anda akan terhindar dari perdarahan yang membahayakan bagi tubuh untuk kehilangan darah dalam jumlah banyak.

 

Nah, sangat banyak bukan manfaat jus apel hijau tersebut? Karena itu, ada baiknya agar tubuh selalu tercukupi akan kebutuhan vitamin, perbanyak konsumsi buah baik dengan cara di jus atau dimakan langsung.